Cara Membersihkan Mesin Penggiling Daging Agar Awet

cara membersihkan mesin penggiling daging agar awet

Mesin penggiling daging merupakan alat yang sering dipakai dalam proses pembuatan makanan berbahan dasar daging halus, seperti seperti bakso dan masih banyak lainnya. Mesin penggiling daging ini mampu menggiling daging menjadi halus dengan sangat cepat, sehingga dengan adanya mesin ini dapat membuat pekerjaan Anda lebih cepat dan efisien.

Namun yang akan kita bahas saat ini adalah cara perawatan mesin penggiling daging agar terhindar dari kotoran dan kerusakan. Ada beberapa komponen pada mesin penggiling daging yang harus Anda bersihkan, yaitu bagian pendorong, plat penggiling, pisau, dan juga bagian body mesin penggiling itu sendiri. Untuk mempermudah proses pembersihan ini Anda dapat melihat manual book yang diberikan ketika Anda membeli mesin tersebut.

Berikut ini Cara Membersihkannya

cara membersihkan mesin penggiling daging agar awet
  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan seluruh bagian mesin dengan sabun, beberapa bagian mungkin membutuhkan pembongkaran untuk dapat dibersihkan. Berhati-hatilah jangan sampai air sabun mengenai komponen elektronik yang ada di dalam mesin karena hal ini dapat menyebabkan Anda kesetrum.
  2. Siapkan air panas dalam wadah dan tambahkan cairan pemutih secukupnya, lalu rendam beberapa komponen mesin yang dapat dilepas. Rendam selama kurang lebih 15 menit.
  3. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih, dan lap dengan kain bersih hingga kering. Hal ini bertujuan agar bagian body mesin tidak mudah berkarat.
  4. Selanjutnya, Anda dapat membungkus kembali mesin penggiling Anda ke dalam kotak kardus. Sehingga mesin penggiling daging tidak berdebu jika tidak digunakan selama beberapa hari ke depan.

Melakukan pembersihan secara rutin setelah selesai digunakan sangatlah penting untuk beberapa mesin pengolah makanan, salah satunya seperti mesin penggiling daging ini. Cara ini termasuk dalam kategori mudah karena dapat Anda lakukan sendiri di rumah, akan tetapi Anda juga dapat meminta bantuan toko mesin merek tersebut untuk melakukan pembersihan yang lebih tepat, sehingga persentase terjadinya kerusakan sangatlah kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *