Download Lagu Pengantar Tidur

download lagu

Apakah Anda sering sulit tidur? Download lagu dan mendengarkan musik pengantar tidur di malam hari dapat sangat membantu Anda untuk cepat terlelap.

Saat sulit tidur, sebagian orang memilih main HP daripada mencoba aktivitas lain. Padahal bermain ponsel bisa membuat otak tetap bekerja dan membuat sulit tidur.

Di antara banyak aktivitas, mendengarkan lagu pengantar tidur adalah hal sederhana dan tidak terlalu mudah yang akan membantu Anda tertidur dengan cepat. Buka saja aplikasi streaming musik atau Youtube, cek daftar lagu dan mainkan.

Tak hanya untuk insomnia, mendengarkan lagu pengantar tidur juga bisa dijadikan terapi untuk membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Beberapa ahli juga sering mengemukakan manfaat mendengarkan musik sebelum tidur. Tapi ingat, dengarkan dan jangan membaca lirik lagu pengantar tidur.

Apa manfaat lagu pengantar tidur?

Ulasan berikut akan memberi Anda jawabannya. Bacalah sampai akhir karena ada juga jenis musik dan rekomendasi lagu pengantar tidur Barat dan Indonesia untuk kamu dengarkan. Selama Anda mendengarkan lagu pengantar tidur seperti yang direkomendasikan, Anda dapat download lagu yang bermanfaat berikut secara gratis.

Daripada memikirkannya setiap malam, dengarkan lagu pengantar tidur akustik sebagai gantinya. Atau saat Anda bersama pasangan, Anda juga bisa mendengarkan lagu pengantar tidur romantis.

Jadi apa gunanya mendengarkan lagu pengantar tidur?

Inilah jawaban singkatnya.

  1. Membantu mengatasi insomnia dan tidur lebih cepat
    Dibandingkan meminum obat tidur, mendengarkan musik bisa menjadi cara mengatasi insomnia secara alami. Tapi tidak semua musik bisa dijadikan lagu pengantar tidur untuk Anda! Musiknya harus pelan.
  2. Menenangkan pikiran
    Mendengarkan lagu pengantar tidur bisa membuat Anda lebih rileks. Endorfin berkurang dan membuat Anda lebih mudah tertidur. Untuk mendapatkan manfaatnya, dengarkan lagu pengantar tidur rutin setiap malam sebelum tidur
  3. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur
    Selain menyenangkan untuk didengarkan, musik dapat memengaruhi sistem saraf parasimpatis, yang memungkinkan Anda untuk rileks dan bersiap untuk tidur.

Dalam sebuah penelitian, beberapa orang percaya bahwa musik bisa menghilangkan faktor-faktor yang mengganggu tidur. Karena itulah, diyakini bahwa lagu pengantar tidur perlahan-lahan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Ada juga penelitian lain yang menyebutkan bahwa lansia yang mendengarkan musik 45 menit sebelum tidur akan lebih cepat tertidur, membutuhkan waktu lebih lama, dan kurang bangun di malam hari.

Anda akan merasa jauh lebih tenang saat tidur karena Anda mendengar musik sebelum tidur.

Namun ternyata tidak semua genre musik bisa dijadikan lagu pengantar tidur yang efektif
Mengutip situs Sehatq, para ahli menyarankan untuk memilih lagu yang “menenangkan”, yakni lagu dengan tempo 60 hingga 80 ketukan per menit. Berikut beberapa genre musik yang direkomendasikan untuk didengarkan saat Anda tidur.

  1. Musik klasik
    Ternyata tidak semua musik klasik bagus untuk didengarkan, karena beberapa musik ada yang cepat dan cukup keras. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat memilih musik klasik. Lebih baik pilih lagu dengan tempo lambat yaitu 60 sampai 80 BDM. Jika ingin bermain aman, dengarkan saja lagu-lagu yang didominasi oleh piano karena biasanya dengan tempo yang cukup lambat.
  2. Musik akustik
    Bunyi gitar yang unik untuk musik akustik tersebut membebaskan Anda dari pemikiran terlalu banyak dan bisa langsung tidur nyenyak. Meski tidak ada nyanyian, namun musik ini akan membuat Anda cepat terlelap.
  3. Musik yang menenangkan
    Ada berbagai musik santai yang bisa Anda dengarkan untuk membantu menenangkan tidur Anda, seperti jazz, folk, blues, pop, dan lainnya. Karena musik dan tempo yang bagus, musik yang menenangkan ini juga sering digunakan sebagai pengantar tidur untuk tidur siang. Bahkan ketika sedang rileks, musik tetap pada tempo yang disarankan agar pikiran lebih rileks.
  4. Musik meditasi dan suara alam
    Mendengarkan suara alam atau meditasi jelas merupakan pilihan terbaik Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Melodi meditasi dirancang khusus untuk menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh. Karena itu, musik meditasi dan alam secara alami dapat membebaskan Anda dari insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Meskipun memiliki banyak manfaat, mendengarkan lagu pengantar tidur juga dapat menimbulkan efek negatif. Apalagi jika Anda terus memainkan musik dan mendengarkannya hingga Anda tidur.

Gelombang suara yang dipancarkan pemutar musik diterima oleh telinga dan disalurkan ke otak.

Akibatnya otak menjadi sulit untuk beristirahat dan tidur menjadi gelisah.

Otak yang terus bekerja akan berangsur-angsur memburuk. Anda mungkin merasa sulit mendapatkan informasi dan berkonsentrasi.

Mendengarkan lagu pengantar tidur dengan headphone juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran di telinga Anda. Akibat sirkulasi udara tertutup yang terlalu lama, kotoran mengendap dan membuat kotoran telinga lebih sering muncul di sekitar gendang telinga.

Hal ini tentunya membuat Anda kesulitan untuk membersihkan kotoran nantinya. Padahal kotoran yang menumpuk bisa memengaruhi pendengaran.

Mendengarkan lagu pengantar tidur baik-baik saja. Anda bahkan dapat memainkan lagu pengantar tidur untuk anak-anak untuk si kecil. Syaratnya, pastikan volume tidak terlalu keras, tempo musik wajar, dan atur waktu agar musik berhenti diputar saat Anda tidur dan memengaruhi kinerja otak.

Hindari mendengarkan musik dengan headphone untuk meminimalkan hal-hal buruk yang terjadi. Apalagi bila headphone disambungkan ke ponsel yang sudah diisi dayanya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Jangan lupa simak juga artikel menarik kami lainnya:

Cara Download Lagu Berformat MP3 dari YouTube di Android Tanpa Perlu Ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *