Cara Memilih SakeTerbaik saat Mengunjungi Jepang

Di Jepang, Anda dapat membeli berbagai jenis alkohol di supermarket dan toko swalayan. Sudah jelas bahwa Anda dapat membeli sake Jepang, shōchū, dan wiski Jepang. Jadi ketika berlibur di Jepang, baik itu mengikuti paket wisata ke luar negeri atau melakukan solo traveling, mengapa tidak mencoba menemukan minuman yang paling Anda sukai?

Mencocokkan jenis alkohol dengan selera Anda

1. Memilih berdasarkan bahan baku

Junmaishu (純 米酒) adalah alkohol yang dibuat hanya dari beras. Ciri khas beras dan rasanya sangat menonjol pada jenis sake ini. Dibandingkan dengan jenis sake lainnya, konon, karena Junmaishu hanya mengandung beras, Anda tidak akan mabuk atau mual karena meminumnya.

Honjōzō (本 醸 造) adalah sake yang telah ditambahkan alkohol. Salah satu kelebihannya adalah, dibandingkan dengan Junmaishu, harganya relatif lebih terjangkau. Bagi penggemar sake Jepang, jenis ini sebanding dengan wine rumahan harian yang enak.

2. Memilih berdasarkan rasa

Karakuchi (辛 口) adalah memiliki rasa yang hambar, bukan minuman manis. Minuman Karakuchi tidak memengaruhi rasa makanan, tetapi membuatnya menjadi minuman yang sangat baik untuk dipasangkan dengan makanan apa saja. Jika Anda sedang makan sashimi, makanan pembuka, atau hidangan Jepang dengan rasa lembut lainnya, silakan pilih sake karakuchi.

Nakakuchi (中 口) sedikit lebih manis dari karakuchi, tapi tidak terlalu manis sama sekali.

Amakuchi (甘 口) memiliki rasa yang manis. Jenis sake ini tidak akan kehilangan rasanya jika dibandingkan dengan hidangan dengan rasa yang kuat, seperti steak dan daging pada umumnya. Mereka juga sangat cocok dipadukan dengan lobster dan hidangan utama berbahan dasar kerang lainnya.

3. Memilih berdasarkan cara pembuatannya

Ginjōshu mengacu pada sake yang terbuat dari beras yang telah digiling tidak kurang dari empat puluh persen. Karena beras telah menjadi sangat halus melalui proses ini, tidak ada rasa pahit pada produk akhirnya, sehingga menghasilkan rasa yang murni dan menyegarkan.

Daiginjō mengacu pada sake yang terbuat dari beras yang telah digiling hingga tidak kurang dari 50 persen. Akibat proses pembuatan yang lama ini, jenis sake ini mungkin jauh lebih mahal daripada jenis lainnya. Itu juga membuatnya menjadi salah satu jenis sake bermutu tinggi dan beraroma enak.

Itulah beberapa cara memilih sake terbaik saat Anda mengunjungi Jepang. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan jenis sake yang cocok dengan selera Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *