Mengenal Suara Walet Terbaik Untuk Budidaya

Mengenal Suara Walet Terbaik Untuk Budidaya

Suara walet terbaik itu ada banyak jenisnya. Selain itu suara ini juga memiliki fungsi yang beragam, mulai dari bunyi panggilan atau suara inap. Ada yang suaranya bisa didapat tanpa membayar dan ada juga yang harus membayar dengan harga yang tinggi.

Tentunya menyesuaikan kualitas suara burung walet yang kalian inginkan. Ingat, sebagai pembudidaya walet, tidak ada yang lebih penting dari kualitas burung walet itu sendiri. Jadi tidak heran butuh biaya yang lebih agar walet bisa seperti yang diinginkan.

Ketajaman dan keaslian suara burung walet memberi pengaruh berhasil atau tidaknya komunitas burung walet untuk masuk ke gedung yang telah disiapkan. Tidak sedikit penjual suara walet yang memberi nama khusus untuk suara yang diciptakannya.

Kegunaan Suara Burung Walet

Bagi yang mau membudidayakan burung walet, tentu saja kalian tidak bisa serta merta langsung membawa burung walet ke gedung yang diinginkan. Hal ini justru membuat burung walet stress dan akhirnya meninggalkan gedung yang seharusnya menjadi sarang. Butuh trik khusus agar walet mau bersarang.

Walet sendiri adalah burung yang tidak mau dipaksa. Jadi wajar kalian harus pakai akal untuk membawa burung walet masuk ke gedung yang disiapkan untuk sarangnya. Salah satunya dengan menggunakan suara walet yang bisa didownload atau dibeli di pembudidaya walet yang lebih profesional.

Suara ini biasa diartikan sebagai pancingan supaya walet mau bersarang dan tinggal di gedung yang disediakan. Banyak pilihan suara burung walet yang dijual belikan. Hanya saja pastikan memilih yang paling berkualitas dan jernih agar walet mau bersarang di gedung.

Di artikel ini akan membahas informasi seputar suara walet. Dengan bermodal suara ini, kalian bisa membudidayakan burung walet dengan baik dan akhirnya mendapat pendapatan yang maksimal dari bisnis walet.

Tipe Suara Walet Ori

Ada beberapa tipe suara burung walet yang ada di pasaran. Biasanya tipe suara ini disesuaikan berdasarkan fungsi yang dibutuhkan pembudidaya. Adapun tipe-tipenya sebagai berikut:

  • Suara panggilan burung walet

Suara walet panggilan ini biasanya digunakan untuk menarik segerombolan burung walet yang tengah melintas. Tentu saja suara ini ditempatkan di luar gedung memakai speaker agar didengar oleh burung walet yang melintas tersebut.

Umumnya suara burung walet ini diletakkan di ruang kosong antara lantai bawah dan juga lantai atas. Ruangan ini fungsinya sebagai sirkulasi udara supaya tetap sejuk. Biasanya digunakan juga untuk lubang masuk burung walet. Suara ini dipakai agar burung walet tidak lupa sarang mereka.

  • Suara inap burung walet

Sesuai namanya, suara walet ini digunakan agar burung walet mau menginap di gedung yang sudah disediakan sebelumnya. Suara ini digunakan untuk rangsangan supaya walet merasa betah dan menjadikan gedung tersebut sebagai sarangnya.

Suara inap burung walet biasanya adalah bunyi piyik atau anakan dari burung walet itu sendiri. Jadi burung walet yang melintas merasa jika gedung tersebut sudah ada yang menempati. Akhirnya membuat burung walet merasa ingin bersarang di gedung yang sudah kalian sediakan sebelumnya.

  • Suara burung walet berdasarkan musim

Suara burung walet berikutnya adalah suara yang berdasarkan musim. Di sini kalian bisa menentukan suara burung walet sendiri agar mendapat hasil yang maksimal. Misalnya saat musim penghujan yang dikenal sebagai musimnya burung walet kawin.

Gunakan suara birahi yang bisa merangsang burung walet. Selain itu ada juga suara untuk musim anakan dan juga suara musim bertelor. Ingat, jangan terlalu sering mengganti suara walet karena justru membuatnya tidak betah dan akhirnya malah kabur.

Cara Mudah Mengetahui Suara Walet Raja Berkualitas

Untuk mengetahui suara burung walet, ada metode khusus yang perlu diperhatikan. Kalian tidak boleh asal pilih suara jika tidak mau burung walet kabur dari gedung. Berikut ciri utama suara burung walet yang berkualitas:

  1. Saat menentukan suara burung walet, usahakan tidak hanya fokus pada jernih atau tidaknya suara burung walet. Kalian harus memastikan jika suara tadi benar-benar berkarakter atau berkualitas. Dengan suara walet ini, burung walet akan menghampiri gedung yang sudah disiapkan.
  2. Biasanya suara burung walet yang berkualitas adalah suara yang membuat burung walet langsung masuk ke gedung saat diputar suara tadi. Jadi lihat bagaimana timbal baliknya saja. jika banyak burung yang menyaut suara yang sudah disediakan, itu artinya mengganggu burung walet tadi. Kalian bisa mengganti suara burung walet yang lebih berkualitas.
  3. Untuk mengetahui suara walet liur emas terbaik, kalian juga harus tahu test suara terbaik. biasanya waktu terbaik untuk test panggil walet adalah saat pagi hari. Saat pagi hari, walet biasanya pergi untuk mencari makan. jika suara yang diputar bagus, walet akan putar arah kembali dan terus kembali untuk mencari makan.
  4. Tenang saja karena ini adalah sifat alami burung walet untuk memastikan jika sarangnya tersebut bagus dan aman untuk ditempati nantinya.

Posisi Terbaik Untuk Meletakkan Suara Walet

Ada posisi-posisi khusus yang bisa digunakan untuk meletakkan suara burung walet yang sudah disiapkan. Posisi ini menentukan berhasil atau tidaknya kalian membawa walet ke gedung yang diinginkan. Berikut posisi terbaiknya:

  • Lubang dasar atau jendela

Posisi pertama meletakkan suara walet panggil bersih adalah di lubang dasar atau jendela. Biasanya suara yang diletakkan di jendela digunakan untuk memanggil walet. Semakin bagus suaranya, walet akan mengira jika gedung telah berisi kumpulan walet lain.

  • Di dalam gedung

Letakkan suara walet di dalam gedung juga. Tujuannya agar walet tetap betah dan ingin tinggal di gedung tersebut. Suara tarik yang dipakai ini bertujuan agar menggiring burung walet untuk masuk ke rumah walet yang disediakan. Letakkan speaker suara burung walet di nesting room atau roving room.

  • Di atas atap gedung

Posisi terakhir untuk meletakkan speaker suara burung walet adalah di atas atap gedung. Gunakan speaker yang dipasang di semua penjuru mata angin. Supaya suara tetap awet, kalian bisa memberinya penutup juga. Letakkan suara sekitar 1, 5 meter dari atas atap.

Hal Lain Saat Budidaya Burung Walet

Saat membudidayakan burung walet, ada beberapa hal penting lain yang perlu diperhatikan. Jadi kalian tidak hanya fokus pada suara walet saja. Hal lain yang dimaksud adalah ruangan gedung yang dipilih untuk budidaya.

Berhasil atau tidaknya budidaya memang ditentukan dari gedung ini. pastikan memilih gedung yang jauh dari bisingnya kendaraan. Pasalnya burung walet membutuhkan ketenangan untuk berkembang biak dan menghasilkan sarang burung walet untuk dijual.

Selain itu, pastikan ventilasi udara juga terpenuhi agar burung walet tidak merasa gerah atau kepanasan di gedung yang ditempati. Khusus suara walet sendiri, pastikan suaranya tidak terlalu keras karena hanya membuat walet berputar di atas gedung saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *