Sofa Jarang Dibersihkan? Bahaya Kutu Debu Ini Bakal Mengintai Anda!

bahaya kutu debu

Tak hanya pada tempat tidur, bahaya kutu debu bisa Anda rasakan juga dari pemakaian sofa. Tungau yang merupakan hewan microspider hidup di lingkungan kotor dan mampu bereproduksi secara cepat. Tungau pun kerap meninggalkan serpihan tubuh mereka di permukaan kasur, sofa, maupun lipatan sprei.

baca juga: cuci sofa tangerang

Serpihan kulit manusia termasuk jenis makanan yang disantap tungau. Jika dibiarkan, kutu debu akan menyebabkan gangguan-gangguan berikut ini:

Memicu gatal-gatal hingga alergi

Salah satu bahaya kutu debu yang paling sering dialami banyak orang adalah timbulnya alergi dan gatal-gatal. Pada awalnya, Anda mungkin hanya merasakan gatal dan mengobatinya dengan salep atau bedak biasa. Namun, kalau sofa dibiarkan kotor dalam waktu lama, Anda akan merasakan gejala lebih parah seperti ruam merah. Reaksi ini pun bukan datang dari keberadaan tungau di sofa, melainkan kotoran yang mereka tinggalkan.

Menyebabkan penyakit kulit

Selain dua gangguan di atas, kutu debu atau tungau merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit kulit seperti kudis atau scabies. Orang-orang yang terjangkit kudis mulanya akan merasakan gatal-gatal disertai bentol di permukaan kulit. Jangan sepelekan efek dari bahaya kutu debu tersebut, karena kudis termasuk penyakit yang mudah menular. Bukan tak mungkin orang lain yang duduk di sofa rumah Anda berisiko menderita kudis di kemudian hari.

Sering bersin meski sedang tak sakit

Reaksi lain yang ditimbulkan tungau yang menetap di sofa rumah Anda adalah bersin-bersin. Hal ini disebabkan kotoran kutu debu yang bercampur debu, lalu terhirup saat Anda bernapas. Kemudian, saat campuran kotoran tungau dan debu menempel di dinding dalam hidung, Anda akan refleks bersin untuk mengeluarkannya. Jika Anda sering mengalami reaksi ini saat duduk di sofa, segera cuci perabot tersebut.

baca juga artikel tentang jasa cuci sofa tangerang

Mengganggu sistem pernapasan

Selanjutnya, selain bersin-bersin, bahaya kutu debu juga akan berdampak pada pernapasan Anda. Campuran kotoran tungau dan debu yang masih berada dalam dinding hidung akan memicu produksi lendir. Akibatnya, Anda akan terjangkit pilek hingga sulit bernapas. Dampak negatif ini juga dirasakan saat sprei kasur jarang diganti. Maka dari itu, Anda jangan menyepelekan gangguan sekecil apa pun yang ditimbulkan sofa kotor.

Ancaman besar bagi penderita asma

Apa Anda menderita asma? Keberadaan tungau di sofa akan menjadi ancaman besar, karena tumpukan debu yang terkontaminasi debu bakal memperparah gangguan sistem pernapasan yang Anda alami. Hal ini pula yang membuat kebersihan perabot maupun ruangan sangat diperhatikan bagi penderita asma untuk mencegah penyakitnya kambuh. Apalagi kalau bahaya kutu debu pernah menyerang mereka sebelumnya.

Jika Anda membutuhkan deep cleaning, pakai saja jasa pembersihan sofa untuk membasmi tungau sekaligus mengangkat kotoran lain yang menumpuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *