Menyikapi Soal Kapan Terjadi Hari Kiamat

penjelasan-hari-kiamat

Hari kiamat seperti yang banyak digambarkan di dalam hadits tentang kiamat dan juga ayat Al Quran yang menerangkan tentang hari kiamat adalah hari dimana terjadinya huru hara yang akan memporak porandakan seluruh alam dunia ini.

Tidak terkecuali, entah binatang, manusia sholeh, manusia bejat bahkan malaikatpun semuanya akan bianasa, kecuali yang Allah inginkan untuk tetap hidup, seperti dalam keterangan bahwa malaikat peniup sangkakala akan tetap hidup sampai selesai tugasnya, artinya setelah meniup sangkakala yang ke 3 malaikat inipun akan di wafatkan oleh Allah Azza wajalla.

Tidak terbayangkan bagaimana kondisi saat itu, yang di ceritakan bahwa gunung-gunung akan tercabut dan naik keatas, lalu di hantamkan kembali ke bumi, planet-planet saling bertabrakan yang pada akhirnya hancur leburlah semua yang ada di langit dan di bumi.

Kejadian Setelah Hari Kiamat

penjelasan hari kiamat

Pertanyaannya adalah, apakah setelah hari kiamat, semua berakhir dan kita tidak di hidupkan lagi?.

Ternyata kita akan di hidupkan kembali untuk di mintai pertanggung jawaban, dan semua mahluk yang telah meninggal dari zaman Nabi Adam sampai manusia terakhir akan di bangkitkan kembali di padang mahsyar, yang mana dalam keadaan yang begitu mengerikan.

Dicertitakan dalam sebuah hadits bahwa semua manusia di bangkitkan dan di kumpulkan di padang mahsyar tanpa di khitan dan telanjang bulat, semua wanita dan laki-laki.

Bunda Aisyah mendengar kisah tersebut lalu bertanya kepada Nabi Muhammad sallalahu alaihi wassalam, apakah semua wanita dan pria saling melihat satu sama lain? Baginda menjawab iya, tapi tidak seperti apa yang kita pikirkan.

Manusia kala itu tidak akan sempat untuk melihat aurat lawan jenisnya, mereka hanya peduli kepada bagaimana menghadapi hari hisab dan selamat dari adzab neraka.

Kapan Hari Kiamat Terjadi?

Banyak pertanyaan tentang kapan hari kiamat terjadi, dan jawabannya adalah tidak ada yang tahu, kecuali Allah Azza Wa jalla sendiri, begitupun para Nabi termasuk Nabi Muhammad Sallalahu Alaihi Wassalam.

Lalu dari mana para peramal yang mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun sekian dan sekian?.

Semua itu adalah batil dan merusak aqidah sehingga orang yang mengatakan kiamat akan terjadi pada waktu tertentu ia telah kafir, termasuk yang mempercayainya.

Bagaimana Seorang Muslim Menyikapi Tentang Waktu Kiamat?

Jadi waktu terjadinya hari kiamat adalah rahasia Allah semata dan ini mempunyai hikmah bagi kita sebagai orang muslim, apa hikmahnya?

Kita di tuntut untuk mempersiapkan amal untuk menyambut hari kiamat tersebut, walaupun secara kasat mata kiamat terjadi setelah munculnya beberapa tanda, dan tanda tanda tersebut belum semuanya ada.

Tapi kematian adalah pasti, dan nantipun tatkala kita tidak mengalami hari kiamat, tetap akan dibangkitkan oleh Allah dipadang mahsyar, yang mana hari tersebut adalah hari yang dasyat dan hanya amal dan iman sholeh sajalah kita bisa selamat daripadanya.

Diharapkan kepada kita sebagai orang muslim paham dan tahu menjawabnya ketika ada pertanyaan tentang jelaskan pengertian hari kiamat, karena ternyata banyak hadits tentang kiamat yang menjelaskan tentangnya, dan di atas adalah salah satu penjelasan tentang hari kiamat dari segi waktunya.

Demikian semoga bermanfaat dan persiapkanlah modal untuk menghadapi hari kiamat yang maha dahsyat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *