Cara Membersihkan Rumah dari Debu yang Wajib Dicoba

Cara Membersihkan Rumah dari Debu

Rumah yang bersih dan nyaman adalah rumah yang terbebas dari debu. Cara membersihkan rumah dari debumerupakan faktor utama penentu kebersihan rumah Anda. Jika cara yang Anda gunakan salah debu malah akan semakin menumpuk dan susah dibersihkan.

Lalu, bagaimana cara membersihkan debu yang membandel di rumah Anda? Simak beberapa ulasan berikut ini.

kunjungi juga artikel mengenai jasa bersih rumah tangerang

Rutin Melakukan Kegiatan Membersihkan Rumah

Jika Anda menginginkan rumah yang bersih, maka Anda harus rutin melakukan kegiatan membersihkan rumah. Setidaknya di saat waktu luang atau setiap weekend. Berikut tips membersihkan rumah dari debu yang bisa Anda lakukan:

  • Jangan bersihkan debu menggunakan kemoceng

Membersihkan debu menggunakan kemoceng adalah usaha yang sia-sia. Debu  yang Anda anggap hilang justru akan terbang dan hinggap lagi di bagian lain rumah Anda.

Jadi, hentikan penggunaan kemoceng sekarang juga. Sebaiknya Anda menggunakan lap basah untuk membersihkan debu di bagian rumah Anda. Terutama debu yang menempel di bagian permukaan yang keras seperti lantai dan perabot rumah.

tips membersihkan rumah dari debu
  • Menggunakan soda kue

Soda kue bisa digunakan untuk membersihkan debu yang menempel di karpet rumah Anda. Jadi, sebelum Anda membersihkan debu dengan vacuum cleaner taburkanlah soda kue ke atas karpet dan dibiarkan sekitar 30 – 60 menit.

  • Menggunakan vacuum cleaner

Vacuum cleaner atau penyedot debu sangat efektif untuk membersihkan debu yang menempel di bagian permukaan halus seperti karpet dan sofa. Sebelum digunakan, pastikan kantong vacuum cleaner dalam kondisi bersih atau kosong.

  • Menjemur perabotan berbahan textile atau kain

Perabotan rumah berbahan kain seperti bantal, guling  dan karpet harus dijemur. Minimal sebulan sekali. Lama penjemuran cukup satu jam saja. Saat dijemur, pukullah menggunakan sapu ijuk agar debu yang menempel di perabotan rumah Anda bisa jatuh di luar rumah.

baca juga tulisan saya tentang cleaning service tangerang

  • Rutin mencuci sarung bantal, selimut dan sprei

Anda harus mengganti sarung bantal, selimut dan sprei Anda secara berkala. Minimal dua minggu sekali. Meskipun tidak kelihatan, sarung bantal dan sprei merupakan sarang menempelnya debu di rumah Anda.

  • Membuang barang-barang yang sudah tidak dipakai

Barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi harus disingkirkan dari rumah Anda. Alasannya, selain menyebabkan berantakan di rumah Anda, tumpukan barang tersebut merupakan sarang debu.

Lalu, bagaimana jika Anda tidak mempunyai banyak waktu membersihkan rumah sendiri? Tenang saja, Anda bisa menggunakan tips laindibawah ini.

Menggunakan Jasa Kebersihan

Tips paling efektif saat Anda sibuk dan tidak bisa membersihkan rumah Anda sendiri adalah dengan menggunakan jasa kebersihan. Saat ini banyak sekali aplikasi jasa kebersihan yang bisa membantu membersihkan rumah Anda, terutama dari debu. Anda bisa memesan jasa kebersihan sesuai keinginan dari gadget Anda.

Itulah beberapa cara membersihkan rumah dari debu yang harus Anda coba. Semoga bisa membantu Anda menciptakan rumah yang bersih dan nyaman. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *