6 Museum Yang Ada Di Area Ueno Park, Tokyo

Ueno Koen atau Ueno Park adalah salah satu area taman publik yang luas di distrik Ueno, Tokyo. Tempat ini memiliki area seluas lebih dari 500 ribu meter persegi dan berada di dekat stasiun Ueno. Pembangunannya dimulai sejak tahun 1873, menjadikan Ueno Park merupakan salah satu taman publik tertua yang ada di negara Jepang.

Taman publik ini merupakan salah satu tempat yang cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat Jepang dan wisatawan asing. Banyak sekali bangunan yang juga ramai dikunjungi di kompleks Ueno Park seperti museum, hall konser, perpustakaan, dan kuil. Diantara bangunan yang ada di kompleks Ueno Park ada beberapa museum yang juga merupakan destinasi wisata menarik yang banyak dikunjungi.

Berikut adalah beberapa museum yang berada di kompleks Ueno Park yang banyak dikunjungi oleh para pengunjung dan wisatawan:

Museum Nasional Tokyo

Sebagai salah satu museum tertua di Jepang, Museum Nasional Tokyo merupakan salah satu tempat menarik di kawasan Ueno Park. Disamping sebagai museum tertua di Jepang, museum ini juga merupakan salah satu museum seni terbesar yang ada di dunia. Koleksi yang ada di museum ini mencapai 110 ribu properti seni dari abad pertengahan Jepang dan Asia.

Museum Nasional Western Art

NMWA atau National Museum of Western Art adalah sebuah museum dan galeri seni yang memiliki koleksi seni dari budaya barat. Beragam koleksinya berfokus kepada berbagai karya seni dari barat yang berasal dari zaman Renaissance hingga awal abad ke 20. Hasil karya seni barat yang dipamerkan mencakup gambar, lukisan, dan karya seni lainnya dari berbagai seniman terkenal dari Eropa.

Museum Sains Nasional

Dibuka pertama kali tahun 1871, Museum Sains Nasional sempat memiliki beberapa nama seperti Museum Kementerian Pendidikan dan Museum Sains Tokyo. Lokasi museum yang bernama Kokuritsu Kagaku Hakubutsukan ini berada di salah satu sudut Ueno Park di sebelah timur laut. Disini terdapat berbagai benda penemuan yang dibuat sebelum tahun 1868 atau era pra-Meiji di Jepang.

Museum Shitamachi

Shitamachi merupakan museum budaya yang berada di area Ueno Park dan lokasinya ada di tepi kolam Shinobazu. Dalam bahasa Jepang, Shitamachi memiliki pengertian masyarakat kelas bawah di Tokyo pada zaman Edo yang menjadi fokus dari museum ini. Pengunjung bisa melihat berbagai budaya masyarakat kelas bawah saat zaman Edo dari peninggalan mereka yang menjadi koleksi museum ini.

Museum Seni Metropolitan Tokyo

Museum seni yang dikenal dengan nama Tokyoto Bijutsukan adalah sebuah museum seni yang didirikan sejak tahun 1975. Beragam koleksinya merupakan karya seni dari berbagai seniman Jepang dan seniman barat termasuk diantaranya Vincent Van Gogh dan Paul Gauguin.

Museum Geidai

Museum Geidai atau Museum Universitas Seni Tokyo adalah sebuah museum yang berada di kawasan Ueno Park milik Universitas Seni Tokyo. Terdapat setidaknya 28 ribu item karya seni yang menjadi koleksi dari Museum Geidai yang dikenal dengan sebutan bunko. Geidai Museum sering menjadi tempat pameran seni dari mahasiswa Geidai dan seniman ternama yang biasanya mengadakan pameran disini.

Enam museum yang ada di area Ueno Park di Tokyo tersebut adalah beberapa tempat di area Ueno Park. Biasanya para wisatawan mancanegara yang suka menjelajah museum akan lebih tertarik untuk ke 6 tempat tersebut. Selain itu, biasanya banyak agen wisata yang menawarkan paket wisata Asia dengan tujuan Jepang yang membuat wisatawan tertarik untuk kesana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *