Tips Memilih Developer Sebelum Membeli Rumah

tips memilih developer

Memiliki rumah sendiri memang merupakan dambaan bagi setiap orang. Terutama untuk Anda yang sudah berkeluarga ataupun yang baru ingin membina mahligai rumah tangga.

Pasti memiliki rumah sendiri sebagai tempat tinggal bersama orang tersayang merupakan cita-cita Anda. 

Karena di rumah lah semua cerita atau momen tercipta bersama keluarga. Ditambah saat Anda merasa kelelahan karena seharian bekerja atau beraktivitas, pastinya rumah merupakan tempat yang selalu cocok dan nyaman untuk mengurai rasa lelah Anda. 

Tentunya disambut dengan senyuman orang yang Anda sayang. Sudah pasti rasa lelah pun seketika sirna.

Di zaman modern saat ini, memiliki rumah sendiri memang tidak mudah. Belum dengan harga tanah yang setiap tahunnya terus melonjak naik. Ini diakibatkan lahan kosong yang mulai langka. 

Populasi manusia di setiap tahunnya pasti selalu bertambah. Setiap orang pun pasti membutuhkan tempat tinggal untuk ditempati. Maka, tak heran bila lahan kosong tidak mudah dicari.

Bila pun ada, harganya cukup menguras kantong. Belum lagi dengan biaya lain lain termasuk biaya pembangunan rumah, pasti agak sedikit kesulitan untuk Anda yang ingin membangun rumah impian Anda dari awal. 

Lalu, bagaimana caranya untuk memiliki rumah murah Tangerang sendiri? Tenang saja anda tidak perlu khawatir. Pastinya Anda tahu bukan developer properti?

Ya, developer properti merupakan jasa yang menawarkan rumah atau tempat tinggal sebagai tempat hunian Anda.

Anda tinggal booking, melakukan pembayaran, mengurus surat-surat, dan akhirnya Anda bisa menempati tempat tinggal yang ditawarkan oleh developer properti. Praktis dan mudah bukan?

Dengan bantuan jasa developer properti ini, Anda tidak perlu khawatir dan repot lagi harus memikirkan harga tanah serta pembangunan rumah. Karena jasa developer properti sudah menyiapkan segalanya untuk Anda. 

Anda cukup melakukan beberapa hal menyangkut persyaratan dan sebagainya dengan jasa developer. Setelahnya, Anda sudah bisa langsung menempati rumah Anda. Rumah sendiri pula.

Wahh… rumah impian Anda akan lebih mudah terwujud pastinya dengan jasa developer ini ya?                                                          

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum memilih jasa developer properti. Karena tak sedikit juga ada orang yang memanfaatkan hal ini sebagai keuntungannya sendiri.

tips memilih developer

Tentunya Anda tidak ingin kan tertipu dengan jasa developer properti yang tidak jelas? Rumah impian sirna, budget yang sudah dikeluarkan pun melayang. Pastinya mengerikan jika hal itu terjadi.

Untuk itu, jangan lupa memperhatikan jasa developer properti yang ingin Anda gunakan agar tak menyesal di kemudian hari. 

Lalu apa saja tips memilih developer sebelum membeli rumah? Berikut ini ada tips-tipsnya yang dapat membantu Anda dalam memilih developer sebelum membeli rumah.

 Cek dan Periksa Reputasi Developer 

Tips memilih developer sebelum membeli rumah yang pertama ialah cek dan periksalah reputasi developer yang Anda pilih.

Karena reputasi developer sangat penting dalam menentukan keaslian dan legalitas properti yang akan dijual. 

Jangan sampai, rumah belum jadi, tapi Anda sudah bayar lunas, malah tertipu dengan uang yang dibawa kabur.

Tentunya tidak mau, ‘kan, kalau itu sampai terjadi? Cara untuk mengukur reputasi developer bisa dengan melihat kelengkapan surat-surat izin dan legalitas lainnya dari developer properti.

 Pastikan Sertifikat Rumah Anda Jelas 

Tips memilih developer yang kedua ialah jangan lupa untuk memastikan sertifikat rumah anda jelas. Maksudnya, pasti ketika membeli rumah menggunakan jasa developer, maka sertifikat rumah tersebut masih atas nama developer itu sendiri.

Namun, tenang saja karena hal ini memang membutuhkan proses, di mana dibutuhkan beberapa waktu untuk bisa dialihkan status kepemilikannya atas nama Anda.

Jadi, jangan lupa untuk menanyakan sejak awal kapan sertifikat itu akan dialih namakan atas nama Anda. Biasanya hal ini sudah tercantum dalam surat perjanjian jual beli.

Jangan Membayar DP sebelum KPR Disetujui

Tips selanjutnya ialah jangan bayar DP dulu sebelum KPR Anda disetujui oleh pihak bank. Walaupun developer sudah bekerja sama dengan bank tempat Anda mengajukan KPR, tapi bukankah tidak ada jaminan jika KPR tersebut akan disetujui oleh pihak bank ?

Maka dari itu, hindari bayar DP sebelum adanya  persetujuan tersebut. Jangan sampai nantinya Anda yang rugi.

Hindarilah Transaksi Di Bawah Tangan

Tanamkan pada ingatan Anda untuk jangan pernah melakukan transaksi seperti ini. Kenapa? Anda tentu tidak mau nantinya mengalami kerugian, ‘kan?

Karena melakukan transaksi ini sangatlah beresiko menimbulkan kerugian. Jadi, usahakan untuk melakukan transaksi sesuai prosedur saja. 

Segera Urus AJB, SHM, dan IMB Setelah Rumah Selesai

Tips yang terakhir ialah untuk segera mengurus AJB, SHM, dan IMB saat rumah selesai. Jangan sampai untuk menundanya. Karena surat ini penting sebagai penguatan jika rumah tersebut benar-benar milik Anda dan sudah mendapatkan izin dari pemerintah.

Hal ini harus segera dilakukan agar tidak menimbulkan berbagai masalah di kemudian harinya.

Nah, itulah tips memilih developer sebelum membeli rumah. Pastikan developer yang Anda pilih jelas asal usulnya. Jangan sampai nantinya Anda terlanjur terbuai oleh kata-kata manis dari developer, tapi akhirnya Anda jadi rugi sendiri. 

Untuk Anda yang berada di wilayah Bogor tepatnya di Parung Panjang, kini hadir greenparadise.id. 

Greenparadise.id adalah Developer yang sudah terbukti berkualitas dan terpercaya. Sudah lebih dari 400 unit rumah impian yang dibangun.

Dengan harga yang terjangkau serta fasilitas-fasilitas yang ditawarkan untuk Anda, pasti akan membuat Anda tidak khawatir lagi dengan keasliannya. Jadi, tunggu apalagi? Wujudkan rumah impianmu dengan greenparadise.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *