Sumber Daya Internet

Sumber Daya Internet

Ada begitu banyak sumber daya intenet atau web resource yang dapat anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Seiring berjalannya waktu, sumber daya yang ditawarkan oleh internet semakin berkembang dengan pesat. Adapun sejumlah web resource atau sumber daya yang sering kita jumpai, antara beda World Wide Web,Email, Mailing, List, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), dan VoIP.

World Wide Web

World Wide Web (WWW) atau yang biasa anda kenal dengan sebutan web/website ialah fasilitas internet yang bisa menampilkan kelompok informasi, gambar, suara, bahkan video. Melalui website, saya dan anda bisa memperoleh sekian banyak  macam informasi, hiburan, pengetahuan, dan masih banyak lagi.

Website bisa diumpamakan sebagai sebuah kitab yang berisi sejumlah halaman yang dinamakan dengan web pages. Web pages adalah sebuah bagian eksklusif dari situs tertentu. Dalam urusan ini, kita pun mengenal istilah homepage, yakni halaman muka dari website web, atau ibarat sampul halaman suatu buku. Homepage seringkali berisi susunan isi atau menu dari suatu situs web sehingga mempermudah pengunjung mencari apa isi di dalam web tersebut.

Untuk bisa mengakses suatu website, kita memerlukan suatu program software yang dinamakan web browser. Adapun sejumlah web browser yang lumayan populer, antara beda Internet Explore, Google Chrome, dan Mozilla Firefox. Saat hendak mengunjungi situs tertentu, kita cukup mengetikkan URL (Uniform Resource Locator) website itu pada web browser. URL adalah alamat dimana suatu web diletakkan.

Electronic Mail (Email)

Email atau surat elektronik adalah salah satu kemudahan internet yang paling banyak digunakan. Dengan kemudahan ini, saya dan anda bisa mengirim surat dari dan ke pemakai internet di semua dunia. Kita pun dapat menyertakan dokumen maupun gambar dalam surat elektronik yang anda kirimkan. Jika dibandingkan dengan pengirim surat melewati pos, pengirim email ini jauh lebih cepat. Dengan memakai email, surat yang anda kirimkan bisa tiba di lokasi tujuan sesaat sesudah kita mengirimkannya.

Mailing List

Mailing list atau yang dapat disingkat milis merupakan kemudahan email secara berkelompok. Saat anda bergabung dalam anggota milis, saya dan anda bisa bertukar informasi melewati email yang beredar dalam kumpulan tersebut. Pada ketika kita mengantarkan sebuah email ke alamat milis, maka seluruh anggota milis itu akan menemukan email yang anda kirimkan. Adanya milis ini sangat mempermudah komunikasi kumpulan sehingga informasi bisa tersebar dengan cepat dan merata.

Internet Relay Chat

Internet Relay Chat merupakan software internet yang memungkinkan kita berdialog dengan lawan bicara melewati internet. Percakapan melewati internet ini dikenal dengan sebutan chatting. Untuk mengerjakan chatting, kita lumayan mengetikkan ucapan-ucapan yang hendak kita dibacakan pada lawan bicara lantas mengirimkannya. Saat ini, software internet memungkinkan kita mengerjakan chatting sekaligus menyisipkan gambar dan suara. Bahkan dengan adanya kemudahan webcam, saya dan anda bisa melakukan chatting sambil menyaksikan lawan bicara melewati layar monitor.

File Transfer Protocol (FTP)

FTP adalahsuatu software yang dapat dipakai untuk mengirim data dari komputer yang satu ke komputer yang lain. Dengan adanya FTP, proses ekspedisi data menjadi lebih mudah dan cepat. Proses ekspedisi data dari komputer anda ke komputer beda disebut uploud, sedangkan pemungutan data dari komputer beda ke komputer anda disebut download. FTP pun sering dipakai untuk pemungutan data dari sebuah website. Data ini bisa berupa lagu, dokumen, foto, dan sebagainya, yang memang diperbolehkan untuk dipungut oleh pihak-pihak yang membutuhkan.

VoIP

VoIP (Voice Over Internet Protocol) ialah suatu teknologi yang memungkinkan pembicaraan suara melewati internet. Dengan memakai teknologi ini, seseorang dapat memakai telepon tanpa harus membayar ongkos sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) andai ia bersangkutan dengan orang lain yang berada pada kota atau negara lain. Konsepnya seperti berikut: pada sumber suara, suara yang berupa isyarat analog diolah mejadi isyarat digital. Data suara ini dikirim melewati internet dalam format paket-paket. Pada unsur penerima, paket-paket dirakit pulang dan data diolah menjadi isyarat analog. Selain memakai Internet Protocol (IP), VoIP pun memanfaatkan RTP (Real Time Protocol) untuk meyakinkan supaya paket-paket hingga pada penerima secara tepat waktu.

Keuntungan pemakai VoIP ialah membuat ongkos komunikasi suara jarak jauh (interlokal) menjadi lebih murah, dengan kualitas suara yang baik.

Telnet

Telnet (Telecommunication network) ialah sebuah protokol jaringan yang dipakai pada Internet atau Local Area Network guna menyediakan kemudahan komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang memakai koneksi virtual terminal, User data di-band diselingi dengan informasi kontrol Telnet dalam koneksi data 8-bit byte berorientasi sekitar Transmission Control Protocol (TCP).TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, di antara standar Internet kesatu.TELNET memiliki sejumlah keterbatasan yang dirasakan sebagai risiko keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *