Perkembangan E-Commerce di Indonesia 2020

jasa pembuatan website

Perkembangan E-Commerce di Indonesia Perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang kian pesat beberapa tahun belakangan ini mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih dinamis.

Karena di era digital saat ini semua terasa menjadi lebih mudah.

Masyarakat dimudahkan dalam berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Semua dapat dijangkau dari smartphone dengan cepat selama memiliki koneksi internet. Hal ini sangat berbeda jauh dari sepuluh sampai dua puluh tahun yang lalu. 

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat pola konsumsi masyarakat berubah termasuk cara berjualan dan berbelanja masyarakat. 

Dulu setiap orang membayar tagihan listrik PLN, membayar PDAM, membeli barang-barang rumah tangga dan lain lain harus mendatangi loket resmi atau toko secara langsung.

Namun saat ini hampir semua transaksi yang berhubungan dengan kebutuhan rumah tangga dapat diakses dari rumah.

jasa pembuatan website

Di era ini, masyarakat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membeli dan/atau menjual barang dan/atau jasa melalui internet. Fenomena ini dikenal dengan e-commerce.

Fenomena e-commerce menyediakan pilihan cara berbelanja bagi masyarakat dengan tidak perlu datang langsung ke toko.

Masyarakat dapat berbelanja secara online dengan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia seperti tokopedia, shopee, lazada, bukalapak dll.

E-commerce menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi para pengusaha. 

Menurut Kominfo, pemerintah saat ini menaruh perhatian yang sangat besar pada industri e-commerce, Menurutnya jika e-commerce berkembang dan dijalankan sesuai dengan roadmap, maka Indonesia bisa menjadi negara dengan digital ekonomi terbesar.

Kominfo mengatakan jika di tahun 2020 ini proyeksi nilai transaksi e-commerce di Indonesia bisa mencapai Rp 130 miliar.

Pertumbuhan e-commerce yang pesat ini tentu juga menghasilkan persaingan yang sangat ketat. Karenanya para pelaku bisnis online memerlukan sebuah wadah atau toko online yang dijadikan tempat untuk menjual produk produk serta melakukan promosi seperti website.

jasa pembuatan website

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Kita sebenarnya sudah sering berinteraksi dengan website namun mungkin banyak dari kita yang belum tahu bahwa Google, Facebook, Twitter, Bukalapak, Tokopedia adalah website.

Sebagai pebisnis online memiliki sebuah website adalah hal wajib. Namun website haruslah berkualitas baik dari segi nama (domain) konten, tampilan, kecepatan dan lain lain.

Di Indonesia sendiri sudah banyak website developer yang menyediakan jasa pembuatan website. Website bisa disebut juga sebagai identitas bagi pebisnis online. Dengan website anda dapat menjual produk produk lebih mudah dan lebih cepat. 

Karena dengan website anda akan mendapatkan trust atau kepercayaan calon customer kepada anda selaku penjual.

Anda dapat mempromosikan produk produk anda di website dengan iklan berbayar ataupun yang tidak berbayar. Anda pun jangan sampai salah dalam memilih website developer atau jasa pembuatan website

Pilihlah jasa website yang sudah memiliki pengalaman dengan melihat portfolio portfolio nya, pelayanan yang baik dan cepat serta web developer yang memiliki gedung / kantor agar anda dapat berkonsultasi secara langsung tentang kebutuhan anda.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *