10 Kuliner Khas Jogja Yang Enak Dan Lezat

Yogyakarta atau Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebuah provinsi dengan otonomi khusus yang terletak di sebelah selatan pulau Jawa. Provinsi yang berbatasan dengan Jawa Tengah ini memiliki luas 3185,80 kilometer persegi dan penduduk sebanyak 3,8 juta jiwa. Daerah Istimewa Yogyakarta yang kadang disebut Jogja juga merupakan salah satu daerah tujuan wisata terkenal di mancanegara.

Jogja menjadi salah satu daerah tujuan wisata karena terkenal dengan beberapa budaya tradisionalnya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Beberapa budaya tradisional Jogja yang masih dilestarikan adalah kesenian batik dan tentu saja budaya kuliner khas Jogja yang terkenal lezat. Kuliner khas Jogja sendiri merupakan salah satu daya tarik bagi banyak wisatawan yang akan atau ketika berada disana.

Berikut adalah 10 kuliner Jogja yang nikmat dan wajib untuk dicoba ketika berkunjung kesana:

Gudeg

Gudeg adalah jenis makanan khas Jogja yang terbuat dari olahan tewel (nangka muda) dan santan. Makanan ini disajikan bersama nasi dan lauk pelengkap seperti telur, tempe dan tahu bacem, ayam kampung, serta sambel goreng krecek.

Bakmi Jogja

Bakmi Jogja dikenal juga dengan nama bakmi jawa adalah olahan mie yang direbus dengan bumbu khas Jawa. Proses memasaknya menggunakan tungku dan arang serta ketika matang akan disajikan bersama dengan suwiran ayam dan irisan telur.

Krecek

Krecek merupakan olahan kulit sapi yang biasanya dimasak menjadi sambal goreng atau dijadikan kerupuk kulit. Olahan krecek di Jogja biasanya dimasak dengan berbagai bumbu dan santan dan dibuat menjadi jenis sambel goreng krecek.

Oseng Mercon

Oseng Mercon dikenal sebagai salah satu kuliner pedas khas dari Jogja yang menggunakan daging dan otot sapi. Makanan ini memiliki cita rasa pedas dan manis karena menggunakan campuran rempah, gula jawa, serta cabai rawit pedas.

Brongkos

Brongkos memiliki kemiripan dengan rawon yaitu memiliki kuah berwarna kehitaman namun memiliki kuah lebih kental. Jenis makanan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu mirip rawon namun ditambahkan santan, tahu, dan kacang tolo.

Sate Klathak

Sate Klathak adalah jenis sate kambing yang dibakar menggunakan tusukan yang terbuat dari bahan besi. Bahan utama masakan ini tentu saja adalah daging kambing yang ditusuk dengan besi dan diberi bumbu berupa lada dan garam.

Soto Lenthok

Soto Lenthok merupakan jenis kuliner khas Jogja yang merupakan soto bening yang ditambahkan lauk lenthok. Lenthok sendiri adalah sejenis perkedel yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan digoreng lalu disajikan bersama dengan soto bening.

Mie Lethek

Mie Lethek adalah jenis mie khas dari Jogja yang menggunakan bahan dasar tepung tapioka dan singkong. Bentuk dari mie lethek sekilas mirip dengan soun namun lebih kusam dan biasanya dihidangkan dengan cara digoreng.

Mangut Lele

Mangut Lele merupakan jenis hidangan khas dari Jogja yang menggunakan ikan lele sebagai bahan utamanya. Ikan lele tersebut diolah dengan menggunakan bumbu mangut yaitu jenis gulai pedas dengan menggunakan rempah-rempah khas masakan Jawa.

Sego Ingkung

Sego Ingkung adalah olahan nasi campur yang terdiri dari nasi dengan lauk berupa ayam ingkung. Ayam ingkung sendiri merupakan olahan ayam utuh yang dimasak dengan bumbu santan beserta rempah-rempah lainnya.

Berbagai ragam kuliner khas Jogja tersebut cukup mudah ditemui di berbagai tempat di wilayah Jogja. Biasanya beberapa pedagang masih membuatnya secara tradisional namun ada juga yang menggunakan peralatan memasak modern untuk memasak dalam jumlah besar. Berbagai peralatan memasak tersebut biasanya didapatkan oleh para pedagang di berbagai toko mesin yang mudah dijumpai bahkan secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *