Bagaimana Cara Service AC Mobil Sendiri Di Rumah?

Cara Service AC Mobil

Mobil pribadi pada umumnya telah menggunakan air conditioner (AC) untuk dapat menyejukkan udara di dalam kabin mobil. Pada musim peralihan seperti sekarang ini, fungsi dari AC sangat penting untuk dapat menjaga suhu kabin mobil agar tetap stabil dan juga nyaman digunakan. Namun, karena sering digunakan terus menerus, maka AC tak jarang mengalami kerusakan. Lalu bagaimana cara service AC mobil sendiri di rumah? Berikut ulasannya untuk anda.

baca juga service ac pekanbaru

Cara Service AC Mobil Sendiri Di Rumah yang Mudah

Bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk membawa ke bengkel service AC mobil, anda tidak perlu khawatir karena anda juga dapat melakukan cara servis AC mobil sendiri di rumah.

Satu hal yang sangat penting sebelum melakukan sebuah service adalah kenali dan juga pahami masalah yang muncul.

Setelah itu, periksa satu per satu komponen AC yang terkait dengan masalah tersebut. Berikut merupakan tips melakukan servis AC mobil sendiri secara menyeluruh terhadap semua komponen AC.

Periksa Kondisi Kompresor AC Mobil

Bagian kompresor AC harus selalu diperiksa secara fisik cara kerjanya. Untuk kondisi fisik, anda perlu memeriksa apakah kompresor AC kotor tertutup oli atau tidak.

Sementara itu, anda juga dapat memeriksanya dengan menggunakan manometer gauge AC mobil sehingga akan terlihat apakah kompresor masih berfungsi dengan baik atau tidak.

baca juga web riau home cleaning

Periksa Selang Fleksibel

Kerusakan pada AC mobil umumnya terjadi karena terdapatnya suatu kebocoran atau gesekan. Baik selang fleksibel ataupun pipa aluminium dengan komponen yang lainnya.

Tanda pipa mengalami kebocoran adalah terlihat adanya sebuah bagian pipa yang basah dan juga sambungannya tertutup oleh oli. Maka dari itu, anda perlu memeriksa terlebih dahulu bagian selang fleksibel dan juga bagian aluminium.

Periksa Kondisi Freon AC

Cara service AC mobil sendiri selanjutnya dapat anda lakukan dengan melihat pada bagian sight glass pada receiver drier. Umumnya pada bagian ini akan terlihat gelembung yang berwarna putih ketika mesin mobil ada pada posisi idle dan kemudian saat digas akan berubah menjadi bening. Kondisi ini mengartikan bahwa freon AC mobil masih dalam kondisi baik sehingga tidak perlu ditambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *