Lima Rukun Islam yang Wajib Diketahui

jenis zakat

Ini adalah fondasi kehidupan Muslim dan umat Islam dituntut untuk mengamatinya dengan penuh pengabdian. Sama seperti bangunan yang tidak memiliki stabilitas tanpa pilar yang kuat, hubungan orang percaya dengan Tuhan tidak memiliki fokus tanpa mematuhi lima pilar. Pilar-pilar ini membentuk fondasi dan titik awal untuk semua perbuatan baik lainnya dan tindakan penyembahan kepada Tuhan.

Lima Rukun Islam

1. Iman atau kepercayaan pada Keesaan Tuhan (Allah) dan Nabi terakhir Muhammad saw

2. Shalat 5 waktu

3. Zakat

4. Pemurnian diri melalui puasa di bulan Ramadhan.

5. Ziarah ke Mekah bagi mereka yang mampu.

Iman

“Tidak ada yang layak disembah kecuali Tuhan (Allah) dan Muhammad (saw) adalah utusan Tuhan.” Pernyataan iman ini disebut Shahadah, formula sederhana yang diucapkan semua umat beriman. Pentingnya deklarasi ini adalah keyakinan bahwa satu-satunya tujuan hidup adalah untuk melayani dan menaati Tuhan, dan ini dicapai melalui ajaran dan praktik Nabi Terakhir, Muhammad (saw).

Shalat

Doa adalah nama untuk shalat wajib yang dilakukan lima kali sehari, dan merupakan penghubung langsung antara penyembah dan Tuhan. Tidak ada otoritas hierarkis dalam Islam dan tidak ada imam. Doa dipimpin oleh orang terpelajar yang tahu Quran dan umumnya dipilih oleh jamaah.

Doa disampaikan pada waktu fajar, tengah hari, sore, matahari terbenam dan malam hari, dan dengan demikian menentukan ritme sepanjang hari. Lima doa yang ditentukan ini mengandung ayat-ayat dari Al-Qur’an, dan dikatakan dalam bahasa Arab, bahasa Wahyu. Namun, permohonan pribadi dapat ditawarkan dalam bahasa sendiri dan kapan saja.

Meskipun lebih disukai untuk beribadah bersama di masjid, seorang Muslim dapat berdoa hampir di mana saja, seperti di ladang, kantor, pabrik dan universitas. Seringkali pengunjung ke dunia Muslim dikejutkan oleh pentingnya doa dalam kehidupan sehari-hari.

Zakat

Prinsip penting Islam adalah bahwa segala sesuatu adalah milik Tuhan, dan karena itu kekayaan dipegang oleh manusia dalam kepercayaan. Kata zakat berarti “pemurnian” dan “pertumbuhan.” Harta milik kita dimurnikan dengan menyisihkan sebagian untuk mereka yang membutuhkan dan untuk masyarakat pada umumnya. Seperti pemangkasan tanaman, ini mengurangi keseimbangan dan mendorong pertumbuhan baru.

Setiap Muslim menghitung amal wajib sendiri secara individual dengan bermacam-macam zakat. Ini melibatkan pembayaran tahunan sebesar 2,5% dari modal seseorang, tidak termasuk barang-barang seperti tempat tinggal utama, mobil dan alat profesional.

Seseorang juga dapat memberikan sebanyak yang dia suka sebagai amal sukarela, dan melakukannya secara rahasia. Amal seperti itu tidak terbatas pada pemberian finansial saja.

Di Indonesia ada lembaga dan badan hukum yang siap menerima zakat dari kamu. BAZNAS dan juga Zakat.or.id bisa menampung zakatmu.

Nabi berkata, “Bahkan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang ceria adalah tindakan amal.” Nabi juga berkata: “Amal adalah kebutuhan bagi setiap Muslim.” Dia ditanya: “Bagaimana jika seseorang tidak memiliki apa-apa?” Nabi menjawab: “Dia harus bekerja dengan tangannya sendiri untuk keuntungannya dan kemudian memberikan sesuatu dari hasil amal tersebut.” Para Sahabat Nabi bertanya: “Bagaimana jika dia tidak dapat bekerja?” Nabi berkata: “Dia harus membantu yang miskin dan yang membutuhkan.” Selanjutnya para sahabat bertanya: “Bagaimana jika dia tidak dapat melakukan hal itu?” Nabi berkata: “Dia harus mendesak orang lain untuk berbuat baik.” Sahabat berkata: “Bagaimana jika dia kekurangan itu juga?” Nabi berkata: “Dia harus memeriksa dirinya sendiri dari melakukan kejahatan. Itu juga merupakan tindakan amal. “

Puasa

Setiap tahun di bulan Ramada-n, semua Muslim berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam – tidak makan, minum, dan berhubungan seksual dengan pasangan mereka.

Mereka yang sakit, lanjut usia, atau dalam perjalanan, dan wanita yang sedang menstruasi, hamil atau menyusui, diizinkan untuk berbuka puasa dan membuat jumlah yang sama beberapa hari kemudian di tahun itu jika mereka sehat dan mampu. Anak-anak mulai berpuasa (dan mengamati doa) sejak pubertas, meskipun banyak yang mulai lebih awal.

Meskipun berpuasa bermanfaat bagi kesehatan, puasa terutama merupakan metode pemurnian diri dan pengendalian diri. Dengan memotong diri dari kenyamanan duniawi, bahkan untuk waktu yang singkat, orang yang berpuasa berfokus pada tujuannya dalam hidup dengan terus-menerus menyadari kehadiran Allah. Tuhan menyatakan dalam Al Qur’an: “Hai kamu, yang beriman! Puasa diresepkan untuk Anda seperti yang ditentukan untuk orang-orang sebelum Anda sehingga Anda dapat belajar menahan diri. ” (Al-Quran 2: 183)

Haji

Ziarah ke Mekah (Haji) adalah kewajiban hanya bagi mereka yang secara fisik dan finansial dapat melakukannya. Namun demikian, lebih dari dua juta orang pergi ke Mekah setiap tahun dari setiap sudut dunia yang menyediakan kesempatan unik bagi orang-orang dari berbagai negara untuk bertemu satu sama lain.

Haji tahunan dimulai pada bulan kedua belas tahun lunar Islam. Peziarah mengenakan pakaian khusus: pakaian sederhana yang menghilangkan perbedaan kelas dan budaya, sehingga semuanya berdiri sejajar di hadapan Tuhan.

Ritual haji, yang berasal dari Abrahamic, termasuk berkeliling Kabah tujuh kali, dan pergi tujuh kali antara bukit Safa dan Marwa seperti halnya Hagar (Hajira, istri Abraham) selama pencarian air. Para peziarah kemudian berdiri bersama di dataran luas Arafat (bentangan luas gurun di luar Mekah) dan bergabung dalam doa untuk pengampunan Tuhan, dalam apa yang sering dianggap sebagai pratinjau Hari Penghakiman.

Penutupan Haji ditandai oleh sebuah festival, Idul Adha, yang dirayakan dengan doa dan pertukaran hadiah di komunitas Muslim di mana-mana. Ini dan Idul Fitri, hari raya yang merayakan akhir Ramadhan, adalah dua hari libur dalam kalender Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *