Varian JETBUS dari karoseri yang Perlu Anda Ketahui

JETBUS MC : Umumnya kendaraan ini bermesin Isuzu Elf, Hino Dutro, Mitsubishi Canter, & Toyota Dyna. Untuk lampu belakang, mode ini memakai lampu belakang Ford Ranger. Ada 2 tipe, short chassis & LWB (Long Wheel Base).

JETBUS MCT : Saya tidak demikian paham dengan bodi yang satu ini, sebab kan baru tampil di moment IIMS 2012. Medium bis yang satu ini nyatanya telah mengimplementasikan Air Suspension (Suspensi Udara).
JETBUS MD : Ialah bodi bikinan Adiputro untuk fragmen medium bis, umumnya variasi ini berchassis Mitsubishi FE84G BC, Hyundai Mighty Bis, Hino FB dan lain-lain…

SUPER JETBUS MD : Ialah versus penyempurnaan dari tipe bus terbaru. Dengan memberikan tambahan 4 titik sensor parkir pada bumper belakang, 2 buah stop lamp penambahan (bawah stop lamp penting) serta macam 4 buah lubang muffler. Sesudah saya cermat ialah pada bagasi belakang yang sudah dikasih grill seperti premium big bis / bis besar bermesin belakang.

via : https://fajrialhadi.com/sewa-bus/

JETBUS (non HD) : Awal munculnya nama JETBUS, ialah sebab variasi ini. Mode ini launching sesudah mode New Marcopolo. Untuk bikin penampilan yang fresh, karoseri Adiputro membuat mode baru yang dinamakan “Jetbus”

JETBUS HD : Sesudah variasi Jetbus non HD sukses di pasar. Lantas Adiputro membuat variasi baru , yakni Jetbus HD. HD yang berarti High Deck, jadi body bus tambah tinggi daripada non HD. Banyak chassis yang bisa diterapkan pada mode ini, contohnya Mercerdes-benz OH1521, OH1525, OH1526, OH1626 serta Hino RK8

JETBUS HDSE : Pada umumnya tidak ada yang beda di antara Jetbus HD & Jetbus HDSE. Sesudah kuteliti , nyatanya perbedaannya pada penampilan belakangnya. Terdapatnya stop lamp penambahan di bawah stop lamp penting dan mufler knalpot ada 2 lubang

SUPER JETBUS : Variasi ini ialah hasil penyempurnaan & penyegaran penampilan dari Jetbus HDSE. Terdapatnya 5 titik sensor parkir pada bodi belakang bus. Serta lubang mufler makin bertambah jadi 4 buah.

SP JETBUS HD : Armada PO. Gunung Harta yang satu ini mantap dari sisi mesinnya, sebab bus ini sudah memakai mesin Golden Dragon seri paling baru yakni dengan tenaga 330HP. Saya belum tahu tentu mengenai variasi yang satu ini, apa kemungkinan SP itu tujuannya Istimewa???

NEW JETBUS HD : Senjata baru punya PO Kerub Pariwisata sudah usai dikasih bodi oleh Karoseri Adiputro. Dengan memberikan penamaan yang sedikit tidak sama yakni NEW JETBUS HD. Yang paling istimewa dari armada ini ialah dari chassisnya. Bus ini memakai chassis Mercedes-Benz OH1836 Euro3. Pada exterior, bus ini mempunyai sudut-sudut yang cukup tidak sama dengan produk Adiputro biasanya, yaitu pada bumper depan yang dibikin lebih kekinian, stop lamp memakai lampu Travego dan bumper belakang serta 4 buah muffler.

JETBUS + : Ada yang baru dari PO. Zentrum. Di beberapa akhir tahun 2012 Zentrum sudah melahirkan armada barunya, tentunya bikinan Karoseri Adi Putro. Tetapi ada yang beda dari umumnya, kesempatan ini dengan nama JETBUS +. Variasi ini dibuat untuk PO Zentrum dengan 2 warna livery, ada biru serta pink. Tetapi masih dengan motif livery yang sama.

ZE JETBUS MATIC : Tengah bulan April 2013, PO. Zentrum meningkatkan barisan armada pariwisata. Kesempatan ini bis berslogan “Matic Bis”. Bis ini memakai mesin Mercedes Benz OH1526 Euro 3 dengan Transmisi Automatis. Bis ini diperlengkapi dengan Suspensi Udara yang menganakemaskan penumpangnya.
EROBUS FD : Dobrakan baru dari PO. Efisiensi untuk menyiapkan tahun baru 2013. PO. Efisiensi sudah menyiapkan bis yang berpakaian rakitan karoseri adiputro. Tetapi tidak memakai nama “Jetbus HD” . Tetapi “Erobus FD”. Yang istimewa dari armada ini ialah 2 mufler kanan serta kiri dengan tulisan “Efisiensi Erobus FD”.

JETBUS STAR HD : Ada yang baru dari PO. Nusa Bhakti Trans. Dengan menguatkan barisan armadanya, Nusa Bhakti sudah menyiapkan senjata jagoan, yaitu Jetbus Star HD. Bus ini bermesin Mercedes-Benz OH1526. Serta istimewahnya bus ini telah diperlengkapi dengan Air Suspension (Suspensi Udara) yang tentu saja membuat penumpang makin nyaman.
JETBUS HD (OBL Custom Version) : Sesudah Jetbus HD dengan chassis Mercedes-Benz OH1830 usai, selanjutnya OBL (Safari Dharma Raya) meningkatkan armada spesialnya. Yakni Jetbus HD dengan sedikit custom pada bagian bodi belakang persisnya pada stop lamp yang memakai lampu ala Travego. Bus ini diketahui dengan nama “Kinchai Moccacino” sebab bis ini memakai chassis King Long serta engine dari Yuchai. disebutkan Moccacino kemungkinan sebab warnanya coklat.

Selanjutnya saat ini Jetbus sudah merambak sampai Jetbus2 (non HD), JetbusHD2, JetbusHD2+, JetbusSHD2+, JetbusDD2+, sampai JetbusHDD2+ . berikut :

JETBUS 2 (non HD) : yang dipakai oleh P.O Cahaya Jaya Grup yakni Cahaya Jaya serta Starbus. Jetbus2 ini ialah generasi baru dari Jetbus dengan ketidaksamaan lampu depan serta lampu belakang. Jetbus2 ini tidak setinggi JetbusHD sebab ini berbentuk non HD. Jetbus2 ini bermesin HINO New RN285 J yakni mesin paling baru dari HINO.

JETBUS 2 HD : yang dipakai oleh P.O Subur Jaya spesial bis pariwisata p.o asal Jepara. JetbusHD2 ini generasi paling baru dari Jetbus2. perbedaannya yang ini memakai HD (ini tambah tinggi dari Jetbus2) . JetbusHD2 ini memakai mesin HINO RK8 J (yang di gambar memakai stiker RN tp sebetulnya ini RK8 alias tipuan semata :v )

JETBUS HD 2+ : bodi ini bodi yang dipakai oleh P.O Cahaya Jaya Grup. JETBUS HD 2+ ialah generasi baru dari JetbusHD2 ini tidak sama pada selendang pada kaca samping yang kelihatan lebih elegant dari JetbusHD2. Bus ini memakai mesin HINO New RN 285 J yakni mesin paling baru dari HINO. disaksikan juga bodi ini lebih elegant dari Jetbus series lainnya.

JETBUS SHD 2+ : yakni bodi generasi paling baru dari JetbusHD2+ tadi. Perbedaannya JetbusHD2+ dengan Jetbus SHD 2+ ini ialah tinggi deck?bodinya. SHD sendiri ialah singkatan dari Super High Deck. bodi ini langsung dilirik oleh P.O asal Kota Kebumen yakni P.O Efisiensi Putra Mandiri. P.O itu juga langsung mengurus bodi itu. Bodi yang satu ini konon bila memakai chasis HINO karena itu chasis HINO yang pas untuk bodi ini ialah chasis HINO RK8 J. bodi ini juga dipercantik dengan penambahan palang besi ditengah-tengah kaca depan bis. Palang itu biasa disebutkan “topi” nya bis :v . Jadi seperti bis bertopi :v

JETBUS DD 2+ : atau Jetbus Double Decker 2+ yang bermakna tambah tinggi dari HD serta SHD. Double Decker ialah Dua Deck yakni ada lantai atas serta bawah atau orang biasa mengatakan bus tingkat. Nah bus tingkat ini ialah generasi paling baru dari JetbusSHD2+ barusan. P.O bus yang melirik bodi ini diantaranya yakni P.O asal kebumen yakni P.O Efisiensi Putra Mandiri. Efisiensi mengurus bodi ini yakni kemungkinan ia ingin tampil tidak sama serta membuat booming khusunya masyarakat kebumen :v . Jetbus DD 2+ ini cuma bisa memakai chasis yang ber axcel 3 atau triple axcel (roda belakang ada dua :v ) . Yang satu ini memakai chasis MB OC 500 RF 2542.

JETBUS HDD 2+ : atau Jetbus High Deck Doubleglass (setinggi HD tapi memakai dua kaca depan atas serta bawah yang diselingi di tengahnya dengan palang besi (topi) :v . Ini ialah seri paling baru Jetbus yang dikeluarkan karoseri adiputro. Bodi ini dilirik oleh P.O asal Kudus yakni P.O Haryanto yang dipunyai oleh Haji Haryanto. bodi ini memakai chasis dari HINO yakni chasis HINO RN 285 J yakni chasis paling baru dari HINO. Berikut tampang dari HDD tersebut.

Demikian yang bisa saya bahas mengenai dunia perbisan terutamanya JETBUS series by karoseri AdiPutro. Bila ada masukan atau pendapat bisa dicatat di komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *