Aspek-aspek SEO yang perlu dikuasai desainer web

Jika Anda seorang perancang web profesional (atau jika Anda membuat situs sendiri dari awal), penting untuk mengetahui beberapa dasar-dasar SEO – sedikit pengetahuan bisa digunakan untuk membangun situs yang menjangkau audiens yang dituju. Memahami aspek-aspek SEO ini akan membantu Anda merancang situs yang berfungsi dengan baik, selain terlihat hebat.

1. Struktur situs

Setiap situs harus dirancang dengan struktur logis yang jelas. Situs web harus menyatakan tujuan gambaran besar situs – alasan keberadaannya – dan perinciannya harus dipecah menjadi subhalaman.

Misalnya, jika Anda merancang situs web untuk resep, laman beranda dapat mengarah ke laman kategori terpisah untuk makan malam, sup, dan makanan penutup. Masing-masing subhalaman tersebut kemudian dapat mengarah ke subhalaman resep masing-masing.

search engine optimization

2. struktur URL

URL memengaruhi SEO situs, jadi penting untuk memilih yang baik sejak awal. Berikut adalah beberapa praktik terbaik yang harus diikuti untuk URL:

  • Lebih pendek lebih baik, karena URL yang lebih pendek lebih mudah diingat daripada yang lebih panjang
  • Sebuah URL harus menggambarkan konten halaman sejelas mungkin.
  • Untuk subhalaman, gunakan tanda hubung untuk memecah kata agar mudah dibaca. Misalnya, gunakan https://example.com/build-a-birdhouse alih-alih https://example.com/buildabirdhouse.
  • Sertakan kata kunci dalam URL kapan pun tampaknya wajar (tetapi hindari isian kata kunci).

3. Navigasi situs

Selain terstruktur dengan baik, situs Anda harus mudah dijelajahi oleh pengunjung (dan Google). Menu situs harus ditempatkan dengan jelas di bagian atas halaman atau di sepanjang sidebar. Setiap halaman di situs harus dapat ditemukan. Hindari membuat ‘halaman yatim piatu ‘yang tidak ditautkan dari halaman lain di situs ini. Jika pengunjung tidak dapat menemukan halaman dengan mengikuti tautan, mesin pencari tidak akan tahu halaman itu ada.

4. Desain yang ramah mobile

5. Kecepatan situs

Seiring dengan keramahan seluler, kecepatan situs adalah pertimbangan UX lain yang memengaruhi SEO. Google menghukum situs yang lambat dalam peringkat mereka, dan pengunjung cenderung bertahan jika sebuah halaman membutuhkan beberapa detik untuk dimuat. Alat PageSpeed ​​Insights Google dapat memberi tahu Anda seberapa cepat situs Anda dan apa yang dapat Anda sesuaikan untuk membuatnya lebih cepat.

6. Judul, tajuk dan deskripsi meta

Judul, tajuk, dan deskripsi meta adalah aspek penting dari on-page SEO. Setiap halaman di situs harus memiliki konten unik dalam tag <title> – dengan kata lain, jangan menyalin dan menempelkan judul yang sama di seluruh situs Anda. Judul setiap halaman harus menyertakan setidaknya satu kata kunci yang relevan dengan konten pada halaman. Demikian juga, sertakan kata kunci dalam tag tajuk di setiap halaman, terutama tag <h1>.

Deskripsi meta – uraian singkat yang muncul di bawah tautan di SERP – sedikit berbeda. Mereka tidak secara langsung mempengaruhi SEO, tetapi mereka berdampak pada berapa banyak orang mengklik situs Anda di SERPs. Mereka pada dasarnya ruang iklan gratis, jadi pertimbangkanlah, dan sertakan kata kunci utama Anda untuk menarik perhatian para pencari.

7. Optimalisasi gambar

Mesin pencari tidak dapat ‘membaca’ dan memahami gambar (belum), tetapi Anda dapat memberi tahu mereka apa gambar Anda dan apa yang mereka rujuk. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan gambar Anda untuk SEO:

Beri nama gambar Anda secara akurat. Misalnya, lebih baik memanggil gambar dengan sesuatu seperti png daripada img238.png

Gunakan alt tag dengan gambar Anda. Ini adalah ide yang bagus untuk tujuan aksesibilitas, tetapi juga memberi tahu mesin pencari apa yang digambarkan oleh gambar Anda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *