Tak Perlu Repot, Ini 5 Cara Mengembangkan Karyawan

pengembangan karyawan

Layaknya sebuah pohon yang jika terus dirawat maka nanti akan semakin menguat dan mendatangkan manfaat, itulah perumpamaan seorang karyawan.Karyawan akan mendatangkan manfaat yang sangat besar apabila Anda sebagai pemilik pohon tersebut terus berusaha untuk mengembangkannya.

Langkah yang digunakan untuk mengembangkan karyawan tidaklah sulit, sama halnya dengan mengembangkan sebuah pohon Anda hanya perlu beberapa cara simple dengan berlandaskan tekad dan kesabaran.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara mengembangkan karyawan dengan simple dan  tidak repot.

Ini 5 Cara Mengembangkan Karyawan Simple, Tanpa Repot

  • Lihat Kembali Tujuan Perusahaan

tujuan bisnis

Saya berikan perumpamaan, seperti Anda ingin sebuah pohon yang bisa Anda gunakan nantinya untuk berteduh, oleh karena itu pastinya Anda harus menanam pohon yang memiliki daun yang rindang.

Sama halnya seperti perumpamaan diatas, sebelum Anda benar-benar ingin mengembangkan karyawan, Anda harus melihat lagi tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan Anda.

Apa tujuan perusahaan Anda, dengan itu Anda bisa lebih teliti lagi pengembangan seperti apa yang akan diterapkan bagi karyawan Anda yang nantinya bisa mencapai tujuan dari perusahan Anda.

  • Ketahui Potensi Setiap Karyawan

potensi karyawan

Langkah selanjutnya, kenali potensi karyawan-karyawan Anda.Setiap karyawan pasti memiliki potensi yang berbeda walaupun bisa saja ada yang memiliki potensi yang sama.

Dengan mengetahui hal tersebut Anda bisa melihat dengan lebih jelas lagi, Anda bisa menyesuaikan pelatihan-pelatihan macam apa yang sesuai untuk mengembangkan karyawan Anda.

Ibaratnya adalah Anda harus menentukan terlebih dahulu pohon apa itu sebelum menentukan jenis pupuknya yang sesuai.Jadi seperti itulah sekiranya yang harus Anda lakukan.

  • Bicarakan dengan Karyawan dan Berikan Motivasi

berbicara dengan karyawan

Sebelumnya Anda juga perlu untuk berbicara dengan karyawan Anda mengenai rencana yang akan Anda lakukan tersebut, berikan pemahaman kepada karyawan Anda kenapa mereka harus dikembangkan dan juga berikan mereka motivasi yang kuat.

Pemberian motivasi akan membuat karyawan Anda bisa lebih percaya dan mantap untuk ikut mengembangkan diri mereka menjadi yang lebih baik.Terlebih jika dukungan tersebut diberikan oleh atasan langsung sepertiAnda, mereka akan merasa terhormat karena mendapatka dukungan langsung oleh orang yang berperan besar di perusahaan tempat mereka kerja.

  • Berikan Pelatihan yang Sesuai

latihan karyawan

Ibaratkan sebuah tanaman yang memerlukan pupuk, tentunya bukan sembarangan pupuk yang akan diberikan, perlu berkonsultasi dengan ahli agar tidak salah dalam memberikan pupuk dan malah membuat tanaman semakin memburuk.

Begitupun sama dalam memberikan sebuah pelatihan kepada karyawan,  berikan pelatihan yang tepat kepada karyawan Anda sesuai dengan bidang yang akan dikembangkan.

Pilih konsultan yang Anda percaya dapat memberikan pelatihan yang baik untuk karyawan Anda.Dikarenakan saat ini ada begitu banyak program training karyawan, maka Anda bisa menentukan mana yang sesuai untuk karyawan Anda.

  • Ikut Andil dan Berikan Apresiasi

apresiasi karyawan

Turut andil dalam pelatihan karyawan Anda akan menjadi perkembangan yang baik untuk program pelatihan karyawan Anda.Anda bisa turut andil dengan cara ikut memberikan nasihat dan juga motivasi sama halnya dengan yang Anda lakukan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Selain itu Anda juga harus memberikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh karyawan Anda.Jangan sungkan untuk mengucapkan terimakasih atau pujian kecil.Setidaknya hal tersebut akan membuat mereka menjadi lebih semangat lagi dan merasa dihargai.

Beberapa langkah dapat Anda terapkan untuk mengembangkan karyawan Anda.Tentu saja tindakan tersebut akan mendatangkan banyak manfaat bagi perusahaan ataupun karyawan.

Karyawan Anda bisa lebih semangat dan sebisa mungkin untuk lebih produktif dalam bekerja.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *