18 Fan Ilmu Agma Islam

https://almuawanah.com/

Dalam sejarahnya, Islam menorehkan banyak sekali pristiwa- pristiwa yang luar biasa di atas lembaran kehidupan manusia. sehingga kehadiranya di muka bumi ini sangat dinantikan oleh segala mahluk.

ini bukan berarti agama Islam cuma dibawa oleh Nabi Muhammad saw saja, hendak namun Islam dibawa oleh segala nabi- nabi serta para rasul- Nya ke muka bumi ini  ataupun keseimbangan dalam kehidupan.

Sebab misi dari segala nabi- nabi serta para rasul tidak lain merupakan menegakkan kalimah laa ilaaha illallaah, tiada Tuhan tidak hanya Allah, Dzat yang menghasilkan segala langit, bumi serta seisinya. Tidak terdapat tempat tergantung tidak hanya dari pada kepada Allah swt.

https://almuawanah.com/
https://almuawanah.com/

Seluruh cerita yang terjalin dari Nabi Adam as sampai Nabi Muhammad Saw terdapat dalam Al- Qur’ an; ialah kitabnya Nabi Muhammad saw. Serta tidak terdapat keraguan lagi tentang kebenaran cerita serta cerita para nabi serta para rasul di dalamnya.

Al- Qur’ an merupakan kumpulan wahyu- wahyu Allah yang di informasikan lewat malaikat Jibril buat Nabi Muhammad saw. Tiap orang yang membacanya hendak bernilai ibadah( asalkan niatnya benar), serta tiap ayat( meski ayat pendek ataupun panjang) bisa melemahkan musuh serta meluluhkan hatinya.

Sangat agung yang Allah bagikan kepada Nabi Muhammad saw dengan wahyu- wahyu yang diterimanya lewat Malaikat Jibril as.

Dalam Al- Qur’ an lah terlahir bermacam berbagai ilmu pengetahuan; sosial, budaya, sejarah, nahwu, sharaf, mantiq serta balaghoh, tauhid serta ratusan( bisa jadi telah ribuan) lagi macamnya.

kamu bisa jadi tidak yakin kalau segala ilmu yang dipelajari dalam Islam merupakan bersumber dari salah satu referensi ialah Al- Qur’ anul Karim, seperti itu realitasnya. serta hingga dikala ini, masih banyak keilmuan yang dibesarkan serta digali oleh para ulama yang bersumber dari Al- Qur’ anul Karim.

Dari sekian banyaknya ilmu tersebut, hendak disaring manakah yang layak buat dipelajari bagaikan dasar pendidikan ilmu pengetahuan agama Islam. Pastinya opsi ini dicoba oleh para ulama yang mengarahkan ilmu agama kepada murid- muridnya secara bertahap cocok dengan kapasitas muridnya tiap- tiap.

Baiklah langsung saja, hendak aku sebutkan sebagian macamnya Ilmu yang bersumber dari Al- Quran yang kami pelajari dari pesantren:

1. Ilmu Khot

( ilmu yang menekuni metode tulis- menulis serta seninya)

2. Ilmu Tajwid

( ilmu yang menekuni metode membaca al- quran)

3. Ilmu Kalam/ Tauhid

( ilmu yang menekuni tentang keimanan kepada Allah serta rasulnya)

4. Ilmu Gramatika Arab

( ilmu yang menekuni tentang pergantian yang terjalin pada ahir kalimat) dalam perihal ini biasa diucap ilmu nahwu.

5. Ilmu Shorof

( merupakan ilmu yang menekuni pergantian kalimat dari satu wujud ke wujud kalimat yang lain dengan arti yang berbeda)

6. Ilmu Sirah

( ilmu yang menekuni tentang sejarah Islam)

7. Ilmu Tafsir

( ilmu yang menekuni tentang mentafsirkan Al- Qur’ an)

8. Ilmu Hadits

( ilmu yang menekuni tentang hadits nabi)

9. Ilmu Fiqih

( ilmu yang menekuni metode beribadah dengan aturanya serta muamalah/ sosial)

10. Ilmu Akhlaq

( ilmu yang menekuni tentang tatakrama ataupun sopan santun yang merujuk pada Al- Qur’ an serta hadits nabi)

11. Ilmu Balaghoh

( ilmu metode berdialog dengan orang lain)

12. Ilmu‘ Arudl

( ilmu yang menekuni tentang pembagian waris)

13. Ilmu Ushul Fiqih

( ilmu inti/ rangkuman dari ilmu fiqih dengan bermacam- macam permasalahanya)

14. Ilmu Qiro’ ah

( ilmu yang menekuni tentang bermacam berbagai seni membaca Al- Qur’ an)

15. Ilmu Qiro’ ah Sab’ ah

( ilmu yang menekuni tentang 7 tipe teks Al- Qur’ an)

16. Ilmu Hikmah

( ilmu yang menekuni tentang kedigjayaan)

17. Ilmu Tasawuf

( ilmu yang menekuni metode mendekatkan diri kepada Allah)

18. Ilmu Falaq

( ilmu yang menekuni metode mencari arah kiblat, memastikan waktu sholat serta dini bulan) di dalamnya dipelajari pula ilmu berhitung serta ilmu tentang alam

Serta masih banyak lagi ilmu- ilmu lainya yang dipelajari.

Ilmu- ilmu pengetahuan yang disebutkan diatas merupakan secara global. tiap fan/ macamnya ilmu diatas mempunyai banyak sekali cabang- cabangnya serta bermacam- macam komentar dalam sesuatu ulasan ilmu.

Maksudnya, dari satu berbagai ilmu saja dapat bercabang sampai puluhan novel/ kitab yang dijadikan pedoman dalam menekuni ilmu tersebut. Hingga bukanlah salah bila penulis berkata banyak sekali ilmu yang bersumber dari Al- Qur’ an( pastinya hadits juga tidak ketinggalan).

Serta hendak aku kupas seluruhnya lewat tulisan- tulisan aku selanjutnya secara pendek tetapi padat isinya. Mudah- mudahan aku diberi kesehatan sehingga dapat aku tularkan ilmu pengetahuan yang aku dpatkan di pesantren serta dapat kamu pelajari di mari. Pula bagaikan motifasi kamu biar ingin belajar pada orang yang lebih‘ alim lagi saleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *