Kelebihan dan Kekurangan Software CorelDRAW

Salam, buat para pegiat desain grafis dan para pembaca yang budiman. Nah, disini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan software coreldraw.

Pasti setiap orang yang aktif dalam dunia desain grafis tau software ini. CorelDRAW merupakan software desain grafis yang berbasis vektor, yang berfungsi untuk mengedit dan mengolah sebuah ojek atau gambar.

Ok, langsung saja mulai pembahasannya.

1. Kelebihan CorelDRAW

Tersedianya banyak tool, baik selection, editing, dan pemberian efek

Perihal ini pastinya yang memudahkan dalam mengoperasikan serta menciptakan foto yang menarik di coreldraw. Perihal ini pastinya jadi energi tarik tertentu sebab terus menjadi banyak menu serta item yang disediakan dalam sesuatu aplikasi, menunjukkan kalau banyak perihal yang dapat dicoba dengan aplikasi tersebut, serta ini ialah energi tarik tersediri dari aplikasi lain yang sejenis.

Hasil foto berbasis vektor lebih baik

Definisinya, vektor ialah kumpulan dari wujud datar polygon yang dibangun sedemikian rupa dengan perbandingan ratio foto serta dimensi sehingga menciptakan apa yang Kita sebut desain foto.

Vektor ini mempunyai kelebihan dibanding format konvensional Bitmap dimana hasil sketsanya tidak rusak dikala diperbesar, sebab format vektor mempunyai perbandingan ratio, sehingga ukurannya hendak relatif terhadap ratio dasarnya.

Berbeda dengan format Bitmap yang ialah format konventional buat foto di sistem pembedahan Windows, dikala foto bitmap diresize ataupun diperbesar hingga foto hendak rusak.

Perihal itu terjalin sebab format Bitmap tidak mempunyai perbandingan ratio serta memakai satuan titik piksel, sehingga dikala diperbesar, satuan pixel juga turut berganti menjadikan sketsanya jadi blur.

Kemudahan dalam penggunaan

Coreldraw ialah suatu aplikasi yang user- friendly, maksudnya gampang digunakan baik oleh professioanl ataupun oleh pendatang baru sekalipun. Perihal ini mengingat disediskannya fitur help, serta dorongan online yang melimpah.

Dan Menu- menu serta toolbar yang sering di dengar serta gampang dipelajari sehingga mempermudah para pendatang baru buat menguasai khasiat dari tiap item pengoperasian yang terdapat di aplikasi Coreldraw ini.

Sokongan format Import/ Export yang banyak

Sokongan format file buat keperluan export/ import ini jadi berarti guna portabilitas sesuatu aplikasi supaya dapat dibuka ataupun minimun di- view di aplikasi lain dari tipe aplikasi yang sama.

Ada pula buat sokongan tersebut di aplikasi Coreldraw ini, sediakan lumayan banyak format file terkenal buat keperluan export/ import, antara lain merupakan: AI– Adobe Illustrator, DWG– AutoCAD, PDF– Adobe Portable Document Format, PSD– Adobe Photoshop, TIF– TIFF Bitmap serta masih banyak lagi.

2. Kekurangan CorelDRAW

Dikala penggabungan 2 objek vektor serta Photo/ bitmap mutu cetakanya kurang memuaskan

Mutu cetak foto yang kurang memuaskan ini dapat saja terjalin disebabkan terdapatnya perbandingan tipe dari kedua foto yang hendak disatukan. Dimana foto yang satu memakai tata cara penggambaran pixel, serta foto yang satu lagi berbasis polygon 2d.

Membuat mutu cetakan foto yang dihasilkan diantara penggabungan keduanya kadangkala kurang memuaskan. Buat membuat hasil grafik yang baik, butuh dicoba sedikit tuning lewat pengaturan foto, serta pula pada fitur pencetakan.

Perihal ini dimaksudkan buat memperoleh hasil cetak yang maksimal. Yakinkan buat menaruh pengaturan yang telah dirubah supaya dapat memandang hasil pengaturan yang telah terbuat tersebut.

Tidak sesuai buat pengeditan foto

Perihal ini terjalin karen sasaran platform yang berbeda. Dimana Photoshop ialah aplikasi editing gambar bitmap, sebaliknya Coreldraw ialah aplikasi editing Vector.

Perihal ini ialah perbandingan yang lumayan mendasar buat dikatakan kalau aplikasi Coreldraw ini kurang sesuai buat editing gambar. Tetapi demikian, walaupun dikatakan kurang sesuai, kita masih dapat melaksanakan pekerjaan gambar simpel di Coreldraw, walaupun dengan sokongan yang terbatas.

Isu kompatibiltas Buat File tertentu

Isu yang terdapat kalau aplikasi Coreldraw mempunyai sedikit permasalahan kompatibilitas terhadap sebagian tipe file yang lebih lama( older file version). Hendak namun ini tidak kurangi kemampuannya dalam menanggulangi bermacam kebutuhan editing grafis.

Pembuatan tabel agak susah di Coreldraw

Pembuatan tabel di Coreldraw agak sedikit susah sebab Coreldraw sendiri ialah aplikasi berbasis vektor, berbeda dengan aplikasi word processing yang mana buat penyisipan tabel relatif gampang. Pada aplikasi berbasis vektor semacam Coreldraw, memerlukan sebagian klik buat memperoleh hasil ataupun layout tabel yang pas cocok yang di idamkan.

Resource serta dimensi file yang besar

Pada pembahasan ini, rasanya telah bukan jadi rahasia universal lagi kalau bila terus menjadi banyak fitur desain yang disediakan oleh aplikasi design, hingga hendak terus menjadi banyak pula pemakaian resource memory nya. Spesialnya pada aplikasi design Coreldraw ini.

Disamping penggunaanya menuntut spesifikasi Komputer yang dapat dibilang lumayan mumpuni dalam zona memory( RAM) serta pula graphic card, dimensi file mentahan yang dihasilkan oleh Coreldraw, dapat jadi lumayan besar dengan terus menjadi lingkungan wujud serta rangkaian vektor yang terbuat, namun perihal ini sebanding dengan mutu foto yang dihasilkan oleh aplikasi desain yang satu ini.

Ok, sekian pembahasan mengenai kelebihan dan keurangan software CorelDRAW menurut saya. Ini adalah opini yang saya buat, jadi mungkin ada perbedaan dengan para desainer lain.

Nah, saya kasih saran buat kalian yang lagi belajar coreldraw, kalian bisa baca artikel ini 4 Tahap Belajar CorelDRAW untuk Pemula.  Nah, disana kalian bakal diajarin berbagai tips dan trik dalam belajar coreldraw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *