8 Langkah Metode Membuat Sangkar Burung Dari Bambu

Langkah-langkah Membuat Sangkar Burung Dari Bambu

Hobi memelihara burung bukan lagi suatu baru, baik di Indonesia ataupun di segala dunia. Di Indonesia sendiri, memelihara burung identik dengan hobi bapak- bapak yang dicoba di tengah- tengah banyak aktivitas mereka.

Burung yang menawan serta mempunyai kicauan merdu membagikan kelas tertentu untuk pemiliknya. Tidak hanya tipe burung tersebut, sangkar pula tercantum perihal berarti yang bisa menaikkan energi tarik tertentu untuk burung peliharaan.

Kamu juga dapat lihat >> 18+ BEST OUTDOOR BIRD AVIARY IDEAS

Pemakaian sangkar burung yang cocok dengan dimensi burung pula bisa menaikkan kenyamanan burung dalam beraktifitas sehingga burung tidak hendak hadapi tekanan pikiran.

Nah, sebab sangkar burung bukan benda murah, sebagian orang mencari ketahui gimana metode membuat sangkar burung sendiri dengan bahan- bahan yang terdapat. Dalam postingan ini, kita hendak mangulas metode membuat sangkar burung dari bambu.

Mulai dari mempersiapkan perlengkapan serta bahan sangkar burung, ayo, kita ikuti langkahnya satu per satu!

Perlengkapan serta Bahan Metode Membuat Sangkar Burung

Bila kamu mau berupaya metode membuat sangkar burung ini, kamu bisa mengawalinya dari mengumpulkan perlengkapan serta bahan yang diperlukan. Tidak butuh takut, perlengkapan serta bahan metode membuat sangkar burung dari bambu ini lumayan simpel serta gampang didapatkan.

Berikut sebagian perlengkapan yang kamu butuhkan buat membuat sangkar burung:

  1. Bor
  2. Gergaji
  3. Serutan jeruji
  4. Pisau serutan jeruji
  5. Perlengkapan serut kayu
  6. Amplas
  7. Palu
  8. Meteran
  9. Tang
  10. Pensil

Sebaliknya buat bahan- bahan pembuatan sangkar burung, bisa dilihat dalam catatan di dasar ini:

  1. Kayu
  2. Triplek
  3. Bambu
  4. Lem kayu
  5. Paku
  6. Cat
  7. Pernis
  8. Metode Membuat Sangkar Burung Dari Bambu

Sehabis kamu mempersiapkan perlengkapan serta bahan yang hendak digunakan bagaikan sangkar, kamu bisa mengawali langkah metode pembuatan sangkar burung. Walaupun tidak sangat rumit, membuat sangkar burung simpel senantiasa memerlukan kesabaran serta usaha.

Dengan kesabaran serta usaha yang keras, sangkar burung yang hendak kamu hasilkan hendak bermutu serta tidak kalah bila dibanding dengan mutu sangkar burung berlabel di toko- toko.

Ikuti 8 langkah metode membuat sangkar burung dari bambu ini, ya!

Tentukan model sangkar burung

Langkah awal dalam metode membuat sangkar burung dari bambu merupakan dengan memastikan model sangkar yang hendak terbuat. Dapat kamu coba dengan membuat sketsa ataupun foto model sangkar burung yang di idamkan.

Kemudian, jangan kurang ingat tuliskan berapa ukurang rangka, jeruji, serta triplek dasar sangkar burung buat mempermudah kamu mengingat dimensi dikala proses pemotongan bahan nanti.

Buat kerangka sangkar burung

Langkah kedua merupakan pembuatan kerangka sangkar burung. Triknya merupakan potong kayu cocok dengan dimensi yang didetetapkan. Buatlah kerangka sisi atas serta dasar terlebih dulu rekatkan dengan lem kayu serta setelah itu pakulah biar lebih kokoh.

Sehabis kerangka atas serta dasar berakhir, hingga satukanlah dengan kerangka samping sangkar. Berilah lem serta pula paku buat menjaganya lebih kokoh digunakan. Serutlah kayu rangka terlebih dulu buat menghindarkan bagian tajam yang nantinya bisa melukai burung.

Proses pengeboran sangkar burung

Metode membuat sangkar burung dari bambu berikutnya merupakan proses pengeboran. Jalani pengeboran terhadap rangka yang sudah jadi buat nantinya dipasangkan jeruji. Borlah secara hati- hati dengan mata bor yang sangat kecil buat membuat lubang jeruji yang kecil.

Berilah jarak lumayan dekat antara jeruji satu dengan jeruji yang lain buat menjauhi burung meloloskan diri dari sangkar. Pakai dimensi 0, 5- 1 centimeter buat dimensi sangkar kecil. Bila sangkar buat burung besar dapat hingga 2 centimeter.

Potong bambu buat jeruji sangkar burung

Langkah metode membuat sangkar burung dari bambu selanjutnya merupakan pemotongan bambu. Bambu ini nantinya hendak digunakan bagaikan jeruji sangkar burung. Triknya, haluskan bambu dengan pisau serut jeruji hingga betul- betul halus.

Kehalusan tersebut bisa melenyapkan efek burung terluka akibat sisi tajam jeruji sangkar. Sehabis betul- betul halus serta cocok dengan dimensi lubang jeruji, susunlah jeruji ke dalam sangkar bagikan lem seperlunya buat menaikkan energi kokoh jeruji menempel pada sangkar.

Pasang pintu sangkar burung

Metode membuat sangkar burung dari bambu berikutnya merupakan pemasangan pintu. Pasanglah pintu yang telah terbuat cocok dimensi sangkar serta burung. Pasangkan pula pengait sangkar buat nantinya mempermudah sangkar digantungkan. Pakai lem serta paku biar pintu serta pengait sangkar bisa terpasang secara kokoh.

Pasang triplek buat alas kotoran burung

Berikutnya, metode membuat sangkar burung dari bambu bisa dicoba dengan memasang alas sangkar yang bermanfaat bagaikan tempat kotoran burung. Potong triplek cocok dimensi sisi sangkar bagian dasar. Jangan sangat besar ataupun kecil, sebab nanti hendak susah buat dipasang serta bongkar.

Amplas serta cat sarang burung

Langkah selanjutnya merupakan menghaluskan kembali sangkar yang telah tersusun dengan amplas. Perihal ini butuh dicoba buat membenarkan sangkar tidak hendak melukai baik burung ataupun pemiliknya kala memegang sangkar.

Sehabis seluruhnya halus, setelah itu bagikan cat sangkar dengan cat kayu cocok dengan corak kemauan kamu. Yang apik serta menyeluruh biar sangkar terlihat menawan. Sehabis berakhir tunggulah cat hingga mengering.

Jemurlah sangkar di dasar cahaya matahari biar lebih kilat mengering. Sehabis kering, oleskan pernis buat menaikkan kesan mengkilap pada corak sangkar Kamu. Oleskan secara menyeluruh pada segala bagian buat memperoleh keindahannya.

Jemur sangkar burung hingga bau cat hilang

Terakhir, sehabis seluruh proses membuat sangkar burung dari bambu tersebut dicoba, jemurlah sangkar kembali buat melenyapkan bau cat serta pernis yang melekat pada sangkar.

Buat membuat sangkar burung yang bagus, cobalah buat memilah bahan yang bagus pula. Carilah kayu yang mempunyai mutu baik, semacam kayu jati buat membuat sangkar buatan kamu lebih awet serta tahan lama.

Tidak hanya itu, kerapian kamu dalam memotong kayu serta jeruji bambu pasti menaikkan kelas tertentu untuk sangkar buatan kamu. Terus menjadi apik, hingga terus menjadi besar pula kemampuan penjualan sangkar burung kamu apabila kamu mau menjualnya.

Kamu juga dapat lihat >> 16+ BEST OUTDOOR MACAW AVIARY IDEAS

Walaupun ini ialah metode membuat sangkar burung simpel, apabila kamu mau membuat sangkar dengan sedikit style pasti kamu dapat menaikkan ukiran- ukiran pada kerangka sangkar serta pengait sangkarnya.

Selamat berupaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *