Cara Melakukan Instalasi Windows 10 dengan Flashdisk

Di halaman ini kamu akan belajar bagaimana cara melakukan instalasi windows 10 dengan cepat dan praktis. Windows 10 adalah versi terbaru keluaran dari perusahaan ternama Microsoft.

Cara untuk menginstal windows 10 sendiri sebenarnya ada banyak. Selain menggunakan CD/DVD. Bisa juga menggunakan flashdisk untuk instalasi.

Nah, kali ini kita akan melakukan proses instalasi menggunakan flashdisk. Namun sebelumnya, tidak ada salahnya juga jika kamu mempelajari dulu cara aktivasi windows 10.

Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk

Untuk melakukan instalasi dengan menggunakan flashdisk, ikuti langkah-langkah berikut ini:

– Install Rufus

Cara install windows 10
Sumber: Nesabamedia.com

Pertama-tama anda harus menginstall Rufus terlebih dahulu. Filenya bisa anda download di sini.

– Masukkan Flashdisk ke Laptop

Masukkan flashdis ke komputer / laptop, kemudian buka program Rufus. Flashdisk anda akan otomatis terdeteksi. Setelah itu, klik tombol DVD drive seperti yang telah saya beri panah.

– Cari lokasi file ISO windows 10

Install Windows 10 dengan Flashdisk
Sumber: Nesabamedia.com

Cari lokasi file ISO windows 10, lalu pilih Open. Pastikan filenya berformat ISO

– Bootable Flashdisk

Install Windows 10 dengan Flashdisk
Sumber: Nesabamedia.com

Anda juga bisa mengubah nama flashdisknya jika perlu pada New volume label. Untuk pengaturan lainnya tidak perlu diubah, biarkan default. Lalu pilih Star untuk memulai proses pemindahan file ISO kedalam flashdisk.

Setelah itu, anda akan mendapat notifikasi yang berisi bahwa semua data yang terdapat pada flashdisk akan dihapus. Untuk itu pastikan lebih dulu jika ada data penting pada flashdisk sudah dipindah. Jika sudah, lalu pilih OK.

Install Windows 10 dengan Flashdisk

– Proses pemindahan File

Install Windows 10 dengan Flashdisk
Sumber: Nesabamedia.com

Proses pemindahan file berlangsung. Proses ini memakan waktu beberapa menit saja. Jika progress bar yang warnanya hijau sudah penuh, maka flashdisk sudah siap digunakan untuk instalasi windows 10. Media instalasi sudah siap.

Install Windows 10 dengan Flashdisk
Sumber: Nesabamedia.com

– Setting BIOS

Install Windows 10 dengan Flashdisk
Sumber: Nesabamedia.com

Pastikan anda tidak mencabut flashdisknya. Setelah itu, restart laptop atau PC anda. Tekan tombol DEL (Delete) untuk masuk BIOS. Tombol paling umum yang bisa digunakan untuk dapat masuk pada BIOS adalah DEL, F1, F2, F10 atau Fn+F2, tergantung jenis laptop dan motherboard anda.

Anda akan melihat tampilan BIOS seperti gambar dibawah ini. Setelah itu, arahkan pada tab Boot menggunakan tombol ? ?

Seperti yang dilihat pada menu Boot, bahwa yang berada diurutan pertama adalah Hard Drive. Dengan kata lain, komputer atau laptop anda akan melakukan booting pertama kali dari harddisk.

Agar komputer anda booting pertama kali dari flashdisk, maka anda perlu menempatkan Removable Devices diurutan pertama. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara pilih Removable Devices lalu menggesernya menggunakan tombol +/- sampai urutannya di posisi teratas.

Catatan:

Biasanya BIOS akan langsung mendeteksi flashdisk anda sesuai merk flashdisknya misal USB Kingston atau Thosiba bukan dengan nama Removable Devices.

– Simpan Perubahan Setingan

Untuk menyimpan setting yang telah anda lakukan, pindah ke tab Exit, pilih Exit Saving Changes kemudian pilih Yes. Atau anda bisa langsung menekan tombol F10, kemudian pilih Yes.

Install Windows 10 dengan Flashdisk

– Proses Akhir

Setelah selesai melakukan setting di BIOS, langkah berikutnya adalah sama dengan cara melakukan install windows 10 dengan DVD seperti pada keterangan di atas.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *