Program Andalan Kadin bangun SDM Indonesia Demi Hadapi 4.0

Saat ini Indonesia sedang bersiap untuk menghadapi era baru yakni era 4.0. Revolusi terus terjadi sehingga sudah saatnya dunia menghadapi revolusi dibidang teknologi dan internet. Semua bidang sudah harus bersiap, termasuk perdagangan. Kadin Indonesia bersiap untuk menghadapi Era 4.0 dengan berbagai cara terutama pada pembangunan SDM.

Perubahan teknologi ini tidak akan terasa bermanfaat jika sumber daya manusia masih belum sanggup mengimbanginya. Maka dari itu pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk mempersiapkan SDM Unggul dan membuat Indonesia produktif. Diharapkan dengan membentuk SDM yang berkualitas mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik.

Revolusi industri 4.0 ini menjadi pembicaraan banyak kalangan baik dari pemerintahan maupun profesional. Berikut ini adalah berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menciptakan SDM unggul.

Pembangunan Infrastruktur Teknologi Informasi

Seperti diketahui, era 4.0 berfokus kepada penggunaan teknologi dan informasi dalam setiap lini kehidupan. Jika Indonesia ingin menghadapi era 4.0 dengan baik, maka perlu dilakukan pembangunan infrastruktur TIK. Dengan pembangunan yang lengkap, maka SDM mampu bersaing pada tingkat global.

Pembangunan Infrastruktur ini memiliki nilai dan manfaat yang penting bagi instansi pendidikan. Hal ini diimplementasikan dengan kegiatan e learning dimana kegiatan belajar bisa dilakukan dengan bantuan internet. Cara ini mampu membuat materi pendidikan dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun.

Perubahan Kurikulum

Membangun SDM berarti pemerintah harus fokus pada hal yang sangat mendasar, yakni pendidikan. Murid murid harus dipersiapkan untuk menghadapi globalisasi yang semakin meluas. Terlebih, anak anak ini yang akan memimpin Indonesia dimasa depan, penting bagi Indonesia membuat mereka menjadi bibit unggul.

Kadin memperhatikan setiap perubahan kebutuhan dalam dunia Industri. Kurikulum pun harus menyesuaikan dan melakukan adaptasi sesuai dengan kebutuhan industri. Jika industri sudah menggunakan teknologi sebagai alat utamanya, tentu kurikulum harus mengikutinya. Dengan cara ini, mereka bisa menghadapi dunia industri dengan lebih siap.

Kompetensi

Tidak hanya berfokus pada pendidikan, namun untuk menciptakan SDM unggul diperlukan kompetensi yang memadai. Kadin Indonesia memberikan informasi mengenai kompetensi apa saja yang dibutuhkan oleh dunia industri. Pemerintah harus serius melakukan kompetensi  sehingga SDM di Indonesia bisa lebih fokus dan unggul.

Setiap mahasiswa yang sudah lulus tidak hanya diberikan ijazah, namun juga dibekali dengan kompetensi penting. Dengan ini, maka Indonesia memiliki banyak SDM unggul dan siap untuk langsung terjun di dunia Industri.

Kerjasama di Industri

Pemerintah melakukan kerjasama dengan berbagai industri untuk membuat mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung. Salah satunya melalui program magang bersertifikat di berbagai perusahaan BUMN. Dengan cara ini, mahasiswa semester akhir akan diberikan kesempatan untuk bekerja di perusahaan BUMN dan mendapatkan ilmu langsung.

Kadin Indonesia menyadari bahwa kerjasama Industri dengan pendidikan adalah hal yang wajib dilakukan. Melalui kerjasama ini, pelajar bisa langsung menerapkan teori yang selama ini mereka dapatkan ke praktek langsung. Setelah terbiasa menerapkan apa yang mereka pelajari, Indonesia akan memiliki bibit unggul yang siap bersaing di dunia industri.

Meningkatkan Semangat Kewirausahaan

Setiap mahasiswa dituntut untuk menjadi lebih kreatif dan produktif, salah satunya dengan melakukan wirausaha. Dengan melakukan wirausaha ini, diharapkan penduduk Indonesia tidak hanya berfokus pada pencarian kerja. Lebih dari itu, mereka bisa menyediakan lapangan pekerjaan dan menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia.

Pemerintah telah mendirikan Kadin Indonesia sebagai rumah bagi wirausaha dan pengusaha di Indonesia. Diharapkan, dengan kemajuan teknologi Indonesia bisa memiliki SDM yang unggul dan kreatif. Dengan cara ini, jumlah usaha akan semakin meningkat dan membuat banyak lapangan pekerjaan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *