Jenis e Signature Services yang Diatur Oleh Ketentuan Hukum

E signature services sudah dikenal dari dulu. Seperti yang anda ketahui bahwa tanda tangan merupakan suatu bukti identitas yang digunakan untuk membuktikan keabsahan suatu dokumen. Tanda tangan biasanya dilakukan secara langsung dan tidak boleh diwakilkan. Sesuai perkembangan teknologi saat ini sudah tersedia tanda tangan secara elektronik. Menggunakan media ini membuat kemudahan yang dahulu tidak dapat diperoleh secara konvensional. Namun ada beberapa ketentuan tersendiri dalam menggunakan tanda tangan tersebut.

Jenis e signature services

Penggunaan tanda tangan elektronik pastinya ada hukumnya. Di Indonesia sendiri informasi dan transaksi elektronik saja diatur apalagi tanda tangan. Ada dua macam tanda tangan elektronik yaitu tanda tangan tersertifikasi dan tanda tangan tidak tersertifikasi. Ada 3 kategori tanda tangan elektronik yaitu:

  1. Basic Electronic Signatures

Tanda tangan dalam kategori ini adalah bentuk tanda tangan yang paling mudah. Tanda tangan ini tidak dilindungi enkripsi matematis dan tidak membutuhkan identitas penanda tangan. Akhirnya tanda tangan seperti ini tidak mempunyai kekuatan legal. Contohnya tanda tangan basah yang digandakan melalui perangkat lunak komputer. Penyedia jasa tanda tangan elektronik yang akan memberikan izin untuk melakukan pendaftaran melalui email atau media sosial yang termasuk dalam kategori ini.

  1. Advanced Electronic Signatures (AdES)

Tanda tangan ini terhubung dengan penggunanya sehingga dapat mengidentivikasi pemiliktanda tangan tersebut. Tanda tangan ini diciptakan dengan kuasa penggunanya sehingga mampu mendeteksi semua perubahan yang ada pada dokumen. Segala perubahan yang ada dapat diketahui akan tetapi kategori ini belum dapat terlengkapi sertifikat yang diakui.

  1. Qualified Electronic Signatures (QES)

Tanda tangan kategori ini memiliki seluruh fitur yang tersedia akan tetapi tingkat keamanannya lebih tinggi. Hal ini juga memiliki mkekuatan hukum yamg hampir sama dengan tanda tangan basah.

E signature services akan memudahkan anda dalam hal tanda tangan. Meski ada beberapa ketentuan yang berlaku namun hal ini emang sudah ditetapkan dalam ketentuan hukum yang berlaku. Oleh sebab itu sebelum anda menggunakan tanda tangan elektronik anda harus mengetahui lebih dahulu dasar yang bersangkutan dengan hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *