Menjaga Tumbuh Kembang Anak Agar Selalu Sehat Setiap Tahapnya

Menjaga Tumbuh Kembang Anak Agar Selalu Sehat Setiap Tahapnya

Semua orang tua pasti ingin yang terbaik untuk buah hatinya. Tidak heran, saat ini sudah semakin banyak orang tua yang paham akan pentingnya tumbuh kembang anak. Terutama di usia dini. Potensi anak juga sudah mulai bisa dikenali. Sudah menjadi tugas kita untuk mendukung serta membantu mengembangkan kemampuannya dengan optimal.

Tapi, bagaimana cara mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan mengenali potensinya sejak dini?

Nutrisi Pendukung Tumbuh Kembang Anak

Idealnya anak mengalami pertambahan berat dan tinggi pada tiap bulannya. Namun, tidak semua anak memenuhi target tumbuh kembang standa ini. Ada yang tidak menambah berat, dan tinggi badannya tiap bulan.

Nah, kalau pertumbuhan stagnan terus atau bahkan mengalami penurunan, si kecil dapat mengalami kondisi yang bernama altered growth. Kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan secara jangka panjang.

Kemudian bagaimana cara agar anak dapat berkembang secara optimal sehingga anak tidak mengalami altered growth? Sebelumnya, kita harus memahami dulu kalau tumbuh kembang anak itu dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu nutrisi, stimulasi, dan genetik.

Berbicara mengenai genetik, mungkin kita tidak dapat melakukan banyak hal untuk mengubahnya. Namun kita sebagai orang tua dapat berperan aktif untuk memberi nutrisi dan stimulasi terbaik agar tumbuh kembang anak bisa optimal.

Namun juga perlu diingat, nutrisi saja masih belum cukup untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Kita juga perlu memberikan stimulasi keterampilan sejak dini untuk mengoptimalkan potensi si kecil.

Pola Asuh Positive Parenting

Jika nutrisi dan stimulasi sudah diberikan ke si kecil, ada satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan, yaitu penerapan pola asuh yang tepat. Banyak orang tua percaya di zaman modern ini pola asuh Positive Parenting merupakan cara yang paling tepat dan efektif dalam mendisiplinkan anak.

Positive parenting menekankan pada kasih sayang dan ketegasan. Kedua hal tersebut berjalan secara beriringan sehingga menghasilkan interaksi yang menyenangkan untuk anak dan orang tua. Untuk mengaplikasikan pola asuh ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Kita harus menjadi role model yang baik dengan si kecil
  • Kenali perkembangan anak
  • Meluangkan waktu berkualitas secara rutin
  • Memberi dukungan, penghargaan, dan fokuslah pada perilaku positif dari si kecil
  • Saat anak melakukan kesalahan, berikanlah konsekuensi logis.
  • Tanamkan nilai-nilai dan beri kasih sayang tanpa syarat ke si kecil
  • Lakukan diskusi, negosiasi dan ciptakan komunikasi efektif dua arah dengan si kecil.
  • Bersikap tegas, disiplin, dan konsisten.

Komunikasi efektif dapat tercipta saat kita mampu menyampaikan pesan dengan jelas agar anak mengerti. Kita juga harus mendengarkan apa yang anak katakan dengan hati.

Misalnya, saat anak menumpahkan makanan, minta ia untuk membereskan makanan tersebut sebagai konsekuensinya. Jangan berikan konsekuensi yang tidak nyambung, seperti tidak boleh nonton TV atau makan cemilan.

Nah, dengan memberikan nutrisi, stimulasi, serta menerapkan pola asuh yang positif, kita pasti mampu untuk mengaktivasi potensi kecerdasan si kecil.

Klinik tumbuh kembang anak Jakarta dapat memberi konsultasi kepada para orang tua untuk mengoptimalkan pertumbuhan sang buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *