Bahaya Menggunakan Theme dan Plugin Nulled

bahaya theme nulled

Apakah kamu masih menggunakan theme nulled? Sangat disarankan untuk menjauh dari theme seperti ini. Jika kamu tidak paham dengan apa yang dimaksud dengan theme nulled, ini adalah kata yang digunakan untuk menyebutkan theme atau plugin premium yang sengaja dibajak dan didistribusikan secara masal dan gratis melalui internet.

Memang pertama kali mendengar tentang penjelasan theme nulled pasti kamu tertarik untuk mencoba tapi tahukah kamu tentang bahaya dari penggunaan theme dan plugin nulled? Ada beberapa factor yang menyebabkan theme plug berbahaya.

Kemanan

Dari segi keamanan sudah jelas sekali bahwa theme nulled sangat tidak layak digunakan bagi siapa saja. Sebagian besar dari theme dan plugin nulled sudang dilengkapi dengan malware, sehingga keamanan website kamu sudah dalam keadaan bahaya jika diinstal. Script malware ini sangat berbahaya karena bisa merusak tampilan website dan juga mencuri data penting di hosting kamu. Data-data yang penting semuanya akan terbuka bagi hacker untuk melihat, merusak dan mengambil.

Jadi malware tidak hanya merusak penampilan website saja, malware ini bisa men-download file-file penting di hosting atau server yang kamu gunakan tanpa terkecuali. Semakin canggih malware semakin bahaya juga.

Jadi, jika kamu menggunakan nulled theme kamu membuka pintu bagi para pencuri untuk masuk ke dalam hosting kamu dan melakukan apa pun yang mereka inginkan. Tidak hanya itu, sekali malware masuk ada kemungkinan besar sudah terlambat.

Merusak SEO

Benar sekali, plugin dan theme nulled bisa merusak SEO kamu. Alasannya adalah karena kebanyakan plugin dan theme nulled membawa file malware yang bisa memasang link dan tautan spam ke situs kamu dan juga sebaliknya. Dan sudah kamu ketahui, memasang link-link ke situs terlarang sangat berpengaruh buruk bagi SEO.

Aktivitas ini sulit sekali dipantau sendiri, karena tautan bisa sangat tersembunyi dalam kode theme atau plugin yang digunakan. Menghilangkan malware bisa menyita banyak waktu dan bahkan uang yang banyak pemilik website kecil tidak punya.

Ilegal

Tidak bisa diragukan lagi tema dan plugin nulled adalah barang ilegal. Karena banyak tema dan plugin WordPress bersifat open source dan dijual dengan lisensi. Menggunakan tema dan plugin berbayar tanpa membeli bisa membuat kamu berhadapan dengan hukum.

Jika kamu memang serius untuk mengembangkan website kamu, sangat tidak disarankan untuk memakai cara seperti ini. Kamu dipastikan akan rugi ke depannya, lebih bagus jika kamu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan theme dan plugin secara legal dan tidak perlu bingung dengan masalah hukum dan juga update.

Menggunakan theme dan plugin nulled, kamu tidak akan mendapatkan fitur update ke versi terbaru, support dan dokumentasi penggunaannya. Sehingga ada kemungkinan besar kamu akan menggunakan theme dan plugin yang sudah outdated dan jika ada masalah apa pun kamu harus menanganinya sendiri. Plugin atau theme premium resmi pasti banyak komunitas di belakangnya.

Kesimpulannya jangan pernah membeli theme atau plugin nulled dari mana pun, walaupun penjual mengaku barangnya asli. Sulit sekali mengetahui apakah theme atau plugin yang dijual masih versi asli atau palsu yang sudah dilengkapi dengan script malware. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana bisa men-cek atau mengetahui plugins atau tema yang kamu punya nulled atau tidak, coba deh simak video berikut.

Sebagai pemilik website yang bertanggung jawab kamu harus selalu bijak dalam mengambil keputusan. Gunakan jasa jual template WordPress premium yang terpercaya agar selalu jauh dari masalah dalam bentuk apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *