Merapihkan Gigi yang Tidak Beraturan dengan Behel di Dokter Gigi Jogja

Dokter Gigi Jogja

Behel gigi merupakan sebuah alat yang digunakan oleh dokter gigi untuk memperbaiki struktur gigi yang tumbuh tidak beraturan seperti gingsul ataupun gigi yang terlalu condong ke depan dan condong ke belakang.

Bentuk kawat atau behel gigi ini mirip dengan stainless steel yang dipasang pada permukaan dan kemudian dikencangkan agar gigi tersusun dengan rapih. 

Sekarang ini kawat gigi tersedia dalam berbagai varian warna sehingga si pengguna behel tetap bisa terlihat tampil keren sambil merapihkan giginya. Model behel gigi Jogja ini ada dua macam yaitu yang bisa dilepas dan ada juga yang dipasang secara permanen sampai batas waktu yang ditentukan.

Gigi Menjadi Rapih dengan Behel Dokter Gigi Jogja

Metode pemasangannya dengan merekatkan setiap bagian gigi menggunakan behel, namun ada yang menggunakan kawatnya saja dan ada juga yang memakai bracket atau semacam balok penahan besi behel.

Pertanyaannya, berapa lama sih kawat gigi itu harus digunakan atau dipasang ?

Lama waktu pemakaian kawat atau behel gigi ini tergantung dari seberapa parah gigi yang rusak atau tidak beraturan dan juga ruang yang ada di rahang. Selain itu, apakah si pasien benar-benar mengikuti arahan atau petunjuk dari dokter gigi.

Umumnya, kawat gigi digunakan atau dipasang kurang lebih 1-3 tahun untuk merapihkan gigi di dokter gigi Jogja. Selain itu, ketika kawat gigi dilepas maka pasien harus memakai retainer selama 6 bulan. Setelah melewati 6 bulan, maka retainer boleh digunakan hanya ketika tidur saja.

Sedangkan untuk perawatan bisa dilakukan sebulan sekali ke dokter gigi yang memasang behel tersebut. Selain perawatan, juga dilakukan pengamatan apakah tekanan behel pada gigi sudah tepat atau belum, jika belum kencang maka dokter akan mengencangkan lagi kawatnya.

Sebenarnya proses behel gigi sampai benar-benar rapih pada gigi anak-anak dan orang dewasa tidak ada bedanya. Kalaupun ada yang beda, paling lama waktu pemakaiannya saja. Remaja atau orang dewasa lebih lama memakai kawat gigi karena tulang rahangnya sudah berhenti tumbuh, berbeda dengan anak-anak yang masih tumbuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *