1. Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal dan Menguntungkan

Perkembangan internet membuat siapa pun bisa berbisnis. Tidak harus memiliki background pendidikan atau IT, selama bisa mengakses internet apalagi media sosial, maka semuanya dapat dimulai. Makannya tak heran kalau kini ada banyak bisnis online rumahan yang owner-nya tak disangka-sangka, misalnya seperti ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan seorang difable. Luar biasanya lagi, beberapa bisnis itu diawali tanpa modal namun memberikan keuntungan yang mengagumkan.

Kunci utama menjalankan bisnis online rumahan hingga mencapai kesuksesan adalah sabar, rajin, dan terus belajar. Sabar karena keuntungan besar tidak dapat diperoleh dalam waktu singkat. Rajin karena bisnis ini ditekuni sendiri sehingga perlu ketekunan. Serta terus belajar karena dunia internet berkembang dengan pesat. Jika sudah yakin memiliki ketiganya, maka bisa mencoba beberapa jenis bisnis berikut:

1. Bisnis Artikel

Maksud dari bisnis artikel adalah menjadi penulis freelance. Bisnis ini benar-benar dijalankan tanpa modal. Hanya dibutuhkan koneksi internet serta gadget saja, tidak mesti laptop atau komputer karena bisa dilakukan selama memiliki smartphone. Tinggal ikut bergabung dengan penyedia jasa penulis artikel SEO dan terima project artikel. Bayarannya beragam, ada yang dihitung per proyek, ada juga yang per kata.

2. Bisnis Terjemahan Naskah

Sama halnya bisnis artikel, bisnis ini hanya membutuhkan gadget dan koneksi internet. Namun ada hal lain yang menjadi nilai tambah adalah kemampuan bahasa. Buat mereka yang punya kemampuan bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Korea, Cina, atau Jepang, maka bisa memulai bisnis ini. Beberapa bahasa tersebut yang paling banyak dicari, adapun bahasa lainnya adalah Perancis atau Jerman.

3. Bisnis Desain

Bisnis desain justru tak sedikit dijalankan oleh orang-orang difable, khususnya tuli. Mereka memiliki tingkat ketelitian yang bisa dibilang lebih baik dari pada yang lainnya. Untuk memulai bisnis ini bisa dengan membuat akun media sosial sendiri sebagai tempat pameran portofolio. Biasanya media sosial yang digunakan adalah Instagram. Ada juga yang membuat blog sederhana untuk tempat karya-karyanya. Saat ini ada banyak portal freelancer yang memberikan proyek-proyek desain untuk dikerjakan dari jarak jauh.

Ada bisnis online rumahan lainnya yang juga menjanjikan keuntungan menggiurkan. Namun bisnis-bisnis tersebut membutuhkan setidaknya modal meski hanya sedikit. Apapun bisnis yang dipilih, mulai lah dari yang disuka dan dikuasai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *