Ingin Jadi Arsitek? Ketahui 7 Jurusan Arsitektur Universitas Terbaik di Indonesia Ini

jurusan universitas arsitektur terbaik di indonesia

Tertarik menjadi seorang arsitek, namun bingung mencari kampus unggulan yang cocok dan terbaik yang akan menjadi tempat untuk menimba ilmu? Tenang saja sebab di Indonesia terdapat banyak sekali universitas dengan jurusan arsitektur yang sudah berhasil mengantongi Akreditasi A dari BAN-PT dan diakui di dunia Internasional.

Tak hanya universitas negeri bahkan universitas swasta pun tak mau kalah untuk menghasilkan sarjana arsitek yang berintelektual. Menurut konsultas Arsitek yang cukup berpengalaman yang berdomisili di Jakarta yakni Arsitek Online (www.arsitekonline.com) yang penulis berhasil wawancarai, setidaknya ada 7 universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Arsitektur yang terbaik. Lantas mana sajakah kampus tersebut? Inilah 7 universitas jurusan arsitektur terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pertimbanganmu ketika menentukan kampus idaman nanti.

7 Universitas Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB menjadi salah satu universitas jurusan arsitektur terbaik di Indonesia yang kehebatannya sudah diakui oleh dunia internasional. Bahkan pada tahun 2005 silam, jurusan arsitektur di kampus terbaik Indonesia ini berada di bawah naungan SAPPK (Sekolah arsitektur dan Perencanaan).

2. Universitas Brawijaya

Selain ITB, Universitas Brawijaya juga memiliki jurusan arsitektur dengan kualitas lulusan arsitek terbaik sejak tahun 1983. Hal ini terbukti dengan akreditasi A yang didapatkan jurusan arsitektur ini sejak tanggal 20 Februari tahun 2010 silam.

3. Institut Teknologi Sepuluh November

Jurusan unggulan untuk mencetak arsitek handal di Institut Teknologi Sepuluh November ini sudah ada sejak 15 September 1965 silam. Dibawah naungan Fakultas Tekhnik banyak sekali mahasiswa yang melanjutkan studi S2 dan S3 di universitas tersebut.arsitek

4. Universitas Diponegoro

Universitas jurusan arsitektur terbaik selanjutnya adalah Universitas Diponegoro yang telah membuka jurusan unggulan ini sejak tahun 1962. Selain S1 arsitek, kampus ini juga menyediakan studi lanjutan S2 dan S3 jurusan arsitektur.

5.Universitas Gadjah Mada

Institusi pendidikan dengan jurusan arsitektur berkualitas terbaik ini sudah dibuka sejak tahun 1962. Dengan akreditasi A dari BAN-PT kampus ini menyediakan jenjang sarjana arsitek, magister hingga doctoral.

6. Universitas Indonesia

Program arsitektur di kampus berakreditasi A dari BAN-PT ini dibuka pada tahun 1965. Dengan kualitas terbaik menjadikan jurusan arsitektur di UI telah diakui oleh ASEAN. Para arsitek lulusannya pun banyak bertebaran di berbagai konsultan arsitek dalam maupun luar negeri.

7. Universitas Sebelas Maret

Program studi yang dibuka sejak tahun 1979 ini merupakan jurusan unggulan Arsitektur yang mana setiap tahun peminatnya yang ingin menjadi arsitek selalu bertambah.

Itulah 7 universitas jurusan arsitektur terbaik di Indonesia yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam menimba ilmu untuk menjadi seorang arsitek. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *