5 Roti Terenak Dari Asia Menurut CNN Travel

Pada Oktober lalu, CNN Travel merilis 50 roti paling enak di dunia. Perilisan ini bersamaan dengan Hari Roti Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober. Semua roti yang masuk ke dalam 50 roti terbaik versi CNN tersebut dikurasi oleh chef pastry yang juga seorang penulis travel dan kuliner, Jen Rose Smith.

Sekilas mengenai roti, makanan ini merupakan salah satu jenis makanan yang sudah ada bersamaan dengan umur peradaban manusia. Setidaknya roti telah ditemukan sejak 20.000 tahun yang lalu. Menurut catatan sejarah, roti mulai dikembangkan dan dikonsumsi di wilayah Mesopotamia dan Mesir Kuno. Awalnya roti dibuat secara sederhana yaitu dengan mencampurkan tepung dan air yang kemudian dipanggang hingga mengembang.

Seiring berkembangnya zaman, roti juga ikut mengalami perubahan dan perkembangan. Perkembangan roti tersebut membuat roti memiliki bentuk, teknik, dan rasa yang berbeda-beda di setiap wilayah. Hal tersebut membuat jenis roti di setiap wilayah berbeda dan menambah keanekaragaman roti yang ada di seluruh dunia.

Dalam daftar 50 roti terbaik versi CNN Travel, ada beberapa roti dari wilayah Asia. Dan diantaranya ada yang berasal dari Indonesia. Penilaian roti tersebut dikurasi oleh Jen chef Rose Smith berdasarkan berbagai macam kategori. Beberapa diantaranya adalah citarasa roti yang tak terlupakan, penggunaan bahan pembuatan roti yang unik, dan status roti tersebut.

Berikut ini adalah 10 dari beberapa roti Asia yang masuk dalam dafatr top 50 roti terenak menurut CNN Travel:

1. Roti Gambang (Indonesia)

Perpaduan rasa manis dan aroma yang ringan dari gula aren serta kayu manis merupakan kekhasan roti ini. Roti Gambang merupakan makanan yang terinspirasi dari beberapa jenis roti dari Belanda dengan penyesuaian bahan lokal. Penamaan roti gambang dikarenakan bentuknya yang mirip dengan alat musik tradisional Betawi dengan nama yang sama.

2. Paratha (India)

Partha merupakan makanan yang berasal dari anak benua India. Roti ini umum dijumpai di hampir seluruh daratan India. Nama Paratha sendiri merupakan gabungan dari kata parat dan atta yang mempunyai arti lapisan adonan yang dimasak. Umumnya paratha disantap bersama dengan kari baik kari ayam maupun domba.

3. Roti Kari (Jepang)

Jenis roti yang satu ini merupakan sebuah inovasi unik dari negeri sakura, Jepang. Kare Pan merupakan makanan yang mengkombinasikan roti dengan kare, dimana kare Jepang yang bercita rasa pedas gurih dibalut dengan adonan roti. Adonan tersebut dilapisi dengan remah roti yang kemudian digoreng hingga terasa garing.

4. Non / Naan (Uzbekistan)

Roti non atau naan merupakan salah satu makanan populer di wilayah Asia Tengah. Di negara Uzbekistan, roti non merupakan salah satu roti yang memiliki variasi yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Dari roti non bertekstur kenyal di Tashkent, hingga roti nan yang bertabur biji nigelia hitam di Samarkand.

5. Simit

Salah satu roti yang merupakan khas dari Negara Turki adalah Simit. Roti Simit umumnya berbentuk bundar dan pada permukaan roti bertabur wijen, biji bunga poppy, rami, bahkan biji bunga matahari. Roti yang sejenis dengan roti bagel ini sering dijadikan menu sarapan pagi dengan ditemani teh hangat serta irisan tomat, mentimun, buah zaitun, bahkan keju.

Saat ini roti telah berkembang terus berkembang dari cara pembuatannya menjadi lebih canggih. Bahkan sekarang pembuatan roti sudah bisa dilakukan dengan cepat dengan menggunakan mesin pembuat roti. Hal tersebut juga didukung dengan cukup banyaknya tempat jual mesin pembuat roti yang menawarkan harga yang terjangkau dengan berbagai kemudahan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *