Globalisasi – Pengertian, Dampak, Proses dan Contoh

Pada kesempatan ini, majalahpendidikan akan membahas dalam kategori sosialogi yaitu pemahaman tentang globalisasi, dampak globalisasi, proses globalisasi, serta contoh-contoh globalisasi.

Globalisasi adalah proses yang saling berhubungan secara internasional yang terjadi karena pertukaran paradigma, produk, pemikiran, dan aspek budaya dunia lainnya. Kemajuan dalam infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan Internet, merupakan bagian penting dari globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan kegiatan ekonomi dan budaya.

Memahami Globalisasi Menurut Para Ahli

untuk. Bliss Waters
Globalisasi adalah proses sosial yang melibatkan pengurangan batasan geografis kondisi sosial-budaya, yang ada dalam kesadaran masyarakat.

b. Emmanuel Ritcher
Globalisasi adalah jaringan jaringan global yang secara bersamaan menyatukan komunitas yang sebelumnya tersebar dan memisahkan dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

c. Princeton N. Lyman
Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat dari integrasi timbal balik dan hubungan antar negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.

Dampak positif dan negatif dari globalisasi

Dampak positif globalisasi dan modernisasi meliputi:

Perubahan nilai dan sikap, Keberadaan pembaruan dan globalisasi dalam budaya telah menyebabkan pergeseran logis dari nilai dan sikap semua orang yang tidak rasional.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat menjadi lebih mudah bergerak dan mendorong mereka untuk berpikir nanti.
Standar hidup yang lebih baik. Pembukaan industri yang menghasilkan alat komunikasi dan transportasi yang canggih adalah upaya untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan kehidupan masyarakat.

Dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi adalah sebagai berikut:

Gaya hidup yang bisa dikonsumsi. Perkembangan sektor ini sangat cepat membuka persediaan barang yang semakin dibutuhkan oleh penduduk. Karena itu, orang lebih mudah tertarik pada konsumsi barang karena banyaknya pilihan.
Sikap individualistis. Orang-orang kadang-kadang lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial karena mereka didukung oleh teknologi canggih yang membuat mereka merasa bahwa mereka tidak lagi membutuhkan orang lain dalam kegiatan mereka.
Gaya hidup barat. Tidak semua budaya Barat baik dan cocok untuk diterapkan di Indonesia. Misalnya, budaya negatif yang sudah mulai menggeser budaya asli adalah bahwa anak-anak lebih suka mendengarkan lagu untuk orang dewasa, kehidupan bebas untuk remaja dan lainnya.
Kesenjangan sosial. Jika dalam suatu kelompok komunitas hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arahan modernisasi dan globalisasi, kesenjangan antara individu dan individu pasif lain akan semakin dalam. Ini menciptakan ketimpangan sosial.

Proses globalisasi

Globalisasi sebagai proses bukanlah peristiwa baru karena proses globalisasi telah ada selama berabad-abad.
Pada akhir abad ke-19 dan pada awal abad ke-20, arus globalisasi berkembang pesat di berbagai negara ketika teknologi komunikasi, informasi dan transportasi ditemukan.
Lompatan teknologi semakin canggih di pertengahan abad kedua puluh, yaitu Internet dan sekarang memiliki ponsel (seluler) dengan semua layanannya.

Contohnya globalisasi dari berbagai bidang

1. Globalisasi dalam ekonomi:

Jumlah supermarket
Adanya pembelian dan penjualan online yang memungkinkan transaksi dengan orang yang jauh
Penciptaan mesin-mesin canggih untuk mendukung proses produksi
Ekspor dan impor
Masuknya produk asing dengan mudah
Pembukaan pasar saham internasional

2. Globalisasi di bidang sosial:

Bahasa asing datang dengan mudah
Wanita yang bekerja sudah terbiasa
Masyarakat semakin heterogen
Hilangnya gotong royong
Munculnya rasa egoisme di antara orang-orang

3. Globalisasi di bidang budaya:

Masuk dan sebarkan budaya asing
Masuknya busana pakaian asing
Jumlah imigrasi
Pertukaran budaya internasional terjadi
Perlambatan menghilangnya budaya tradisional

Dari semua kesimpulan di atas. Globalisasi adalah fenomena alam yang pasti akan terjadi di setiap bangsa di dunia, baik di masyarakat maju, di masyarakat berkembang, di masyarakat transisi dan di masyarakat yang masih memiliki standar hidup rendah.

Di era global, sebuah masyarakat atau negara tidak mungkin terpisah dari proses globalisasi. Jika suatu masyarakat atau negara memisahkan diri dari globalisasi, mereka dapat dipastikan dihancurkan oleh usia dan jatuh ke era keterbelakangan.

Sumber : gurusekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *