Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun pada Tanaman

Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun pada Tanaman

Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun pada Tanaman – Penyakit tanaman bercak daun merupakan salah satu jenis penyakit yang begitu mudah menular dan menyebar, khususnya pada musim hujan tiba.

Meningkatnya kelembapan dari suhu udara mengakibatkan jamur lebih mudah menyebar. Maka dari itu, bila tidak diatasi dengan benar, penyakit tanaman akan menyebabkan kerugian ekonomis bagi para pemiliknya.

Pada umumnya penyakitbercak daun pada tanaman ini dikarenakan oleh jamur Cercospora capsici. Jamur tersebut menginfeksi tanaman dengan proses menyebar bisa melalui angin, air hujan, hama vektor serta alat pertanian ketika jamur masih menyerupai spora. Lalu, spora tersebut dapat melukai benih atau biji yang bahkan sebelum ditanam.

Hal penting yang perlu anda pahami tentang penyakit bercak daun ini adalah jamur. Maka dari itu, hal yang perlu anda lakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan melenyapkan bagian tanaman yang terkena penyakit agar daun pada tanaman yang lain tidak tersebar dan tetap sehat. Simak beberapa cara mengatasi penyakit bercak daun pada tanaman sebagai berikut :

  1. Anda perlu memperhatikan bahwa tanah yang dipakai sebagai media tanam sudah pada kondisi steril. Hal tersebut dilakukan untuk menangkal terjadinya penularan penyakit melalu tanah.
  2. Selain iu, anda bisa mencoba menggunakan GDM Black Bos untuk tanah setiap sekali dalam sebulan, dengan cara mengocor daerah perakaran pada dosis 5 kg. Melalui cara ini tanaman dapat terhindar dari penyakit tular tanah sebab GDM Black Bos terdapat 4 macam bakteri yang menguntungkan dan dapat mengembalikan kondisi tanah menjadi subur lagi.
  3. Tidak hanya tertular melalui tanah, anda juga perlu memastikan untuk menyemprotkan pupuk organis cair GDM pada setiap seminggu sekali dibawah daun sebanyak 2 gelas per tangki atau 200 hingga 400 ml yang dilarutkan kedalam 1 liter air.
  4. Cara lain yang juga bisa anda lakukan adalah menjaga kelembapan lingkungan pada sekitar tanaman melalui cara mengatur drainase dengan baik, dan mengatur jarak tanam. Yang mana jarak tanam tersebut harus dibuat tidak sempit, supaya kelembapan tidak terlallu tinggi khususnya pada musim hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *