Tips Agar Tidak Pinjam Uang Online di Aplikasi Ilegal

Ketika proses pinjam uang online dapat diakses dengan mudah, maka ada saja pihak yang ikut mengambil kesempatan. Mereka yang turut mengambil kesempatan inilah yang disebut sebagai aplikasi ilegal karena memanfaatkan kesusahan nasabah dalam mencari pinjaman dengan niat mengelabui dengan pengembalian dana yang tidak sedikit dan memberatkan. 

Nah, agar kamu tidak tertipu dengan para penyedia aplikasi pinjam online yang ilegal, perhatikan tips berikut ini. 

 

  • Pilih Aplikasi yang Telah Mendapatkan Izin dari OJK

 

Pilih aplikasi pinjam online yang berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK karena di sana data kamu akan dilindungi dan tidak bocor. Hal ini dapat membuat pihak nakal terhambat untuk memanfaatkan data pribadi kamu demi kepentingan pribadinya. Kamu bisa memeriksa secara langsung aplikasi pinjam online yang sudah terdaftar resmi pada OJK dengan cara akses situs resmi OJK. Apabila aplikasi yang kamu inginkan terdaftar maka bisa dipastikan data kamu aman dari berbagai ancaman dan gangguan. 

Aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar sering kali menampilkan pilihan pinjaman dalam jumlah besar dengan bunga yang juga besar sehingga memberatkan para nasabahnya. Mereka hanya ingin menjebak sehingga ketika jatuh tempo nasabah merasa tidak mampu membayar kembali dana yang telah digunakan. Oleh karena itu cukup berhati-hati dengan aplikasi yang tidak terdaftar pada OJK. 

 

  • Pilih Bunga yang Tidak Lebih dari 1% Per Hari

 

Pinjaman online juga memiliki layanan bunga namun tidak terlalu besar sehingga nasabah akan terasa lebih ringan. Biasanya bunga yang ditetapkan tidak lebih dari 1% setiap harinya. Hal ini disebabkan oleh pinjaman online telah diterapkan dengan berbagai biaya pinjaman sehingga ketika bunganya lebih dari 1% per hari maka akan membuat para nasabah merasa berat. Untuk saat ini bahkan ada aplikasi pinjaman online yang memberikan bunga sebesar 0,16% per hari. Hal ini juga dapat meminimalisir resiko pembayaran yang macet. 

Itulah beberapa tips agar terhindar dari aplikasi pinjam uang online ilegal. Semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *