Pendanaan di Asakita

Selain menyediakan produk pinjam uang online berupa Asa Lite dan Asa Pro, maka Asakita juga membuka peluang untuk melakukan kerjasama pendanaan di Asakita.

Fintech Asakita

Asakita adalah merupakan salah satu fintech (financial technology) yang didirikan oleh PT. Digitron Solusi Indonesia. Fintech Asakita ini telah mendapat ijin dan terdaftar serta diawasi oleh OJK  (Otoritas Jasa Keuangan) sejak 19 Mei 2019, dengan nomor S-291/NB.213/2019. Asakita juga sudah bergabung dan menjadi anggota dari AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia). Fintech Asakita telah memiliki dua produk pinjaman unggulan, yang telah berjalan, yakni ada Asa Lite dan Asa Pro. Perbedaan diantara keduanya adalah pada jangka waktu durasi tenor pinjamannya dan juga pada besaran nominal pinjamannya serta pada besaran suku bunga pinjamannya.

Cara Melakukan Pendanaan di Asakita

Mendaftar melalui website Asakita

Mengisi Form yang tersedia 

Upload dokumen-dokumen yang diperlukan

Bersedia menjalani proses verifikasi

Komitmen bersedia dan siap untuk melakukan penanaman dana sebesar minimal 1,5 miliar Rupiah

Mentransfer dana tersebut ke escrow account

Produk Pendanaan di Asakita

Perlu diingat bahwa Asakita bukan merupakan bank, namun Asakita akan memberikan informasi terkait dengan profil dan risiko setiap peminjam dan informasi lainnya terkait dengan aktivitas pendanaan tersebut dengan secara transparan. Asakita juga akan melakukan analisa secara penuh dari setiap dana yang ditanamkan.

Dalam kondisi terdapat kredit macet sebesar 0% hingga 5% maka ekspektasi penerimaannya adalah sebesar 6,8% hingga 12%.  Namun jika kredit macet mencapai hingga 10% lebih maka pemberi dana tidak akan mendapatkan keuntungan apapun. Sedangkan dalam kondisi terdapat kredit macet sebesar 5% hingga 8,5% maka ekspektasi penerimaannya adalah sebesar 3,2% hingga 6,8%. Lalu jika terdapat kredit macet sebesar 8,5% hingga 10% maka ekspektasi penerimaannya adalah sebesar 0,1% hingga 3,2%.

Syarat Menjadi Pemberi Dana di Asakita

Adapun syarat untuk menjadi penyandang dana di Asakita adalah antara lain sebagai berikut.

Berbadan hukum legal dan menyampaikan akta pendirian badan hukum yang menunjukkan bahwa telah berdiri minimal 6 bulan sejak tanggal didirikan hingga pada saat waktu melakukan pendanaan.

Rekening koran selama minimal 6 bulan terakhir

Surat Keterangan Bank mengenai kepemilikan rekening

Surat pernyataan bahwa uang pendanaan bukan berasal dari hasil kejahatan atau suatu aktivitas pencucian uang atau money laundry dan juga tidak terkait dengan kegiatan terorisme ataupun tindakan lainnya yang melawan hukum.

Besaran pendanaan untuk pertama kalinya adalah minimal sebesar 100 ribu USD dan untuk selanjutnya penempatan dana minimalnya adalah setiap kelipatan 1,5 miliar Rupiah. Jika telah selesai masa pendanaan maka dapat dilakukan pendanaan ulang secara otomatis.  

Jika dalam jangka waktu selama 2 hari berturut-turut dana tidak disalurkan kepada peminjam, maka dana tersebut akan dikembalikan kepada pihak pemberi dana.

Demikianlah mengenai pendanaan di Asakita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *