Prosedur Jasa Import Barang di Indonesia

jasa-import

Dalam proses import barang dari luar negeri ke Indonesia, ada beberapa hal yang harus Kamu pahami sebelum memutuskan untuk mengimport barang. Hal itu antara lain:

  1. Perlunya mengetahui apakah barang yang akan Kamu import termasuk barang yang dilarang masuk ke Indonesia atau tidak. Untuk mengetahui barang-barang apa saja yang dilarang atau diperbolehkan bisa dicek di situs insw.go.id.
  2. Perlunya mempersiapkan perijinan atau legalitas yang wajib disiapkan sebagai persyaratan untuk memasukkan barang ke Indonesia.
  3. Perlunya mengetahui Informasi mengenai nomor Harmonized System (HS) barang yang bakal diimport. No HS juga berkaitan dengan pembayaran Pajak dan Bea Masuk.

Setelah hal di atas dipersiapkan, maka prosedur import dapat dilanjutkan dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Mengirimkan barang import dari luar negeri ke Indonesia dengan menggunakan kapal ataupun pesawat.
  2. Meminta kelengkapan dokumen import asli kepada pihak suplier di luar negeri agar segera dikirimkan ke Indonesia.
  3. Melakukan pembayaran Bea Masuk dan Pajak Import sesuai dengan jenis barang yang akan Kamu impor. Pembayaran dapat dilakukan lewat Bank yang sudah bekerjasama dengan pemerintah untuk melakukan proses pembayaran Pajak import.
  4. Melakukan pemberitahuan kepada pihak Bea Cukai dengan menggunakan dokumen Pemberitahuan Import Barang (PIB) beserta dengan dokumen jasa import Setelah itu Bea Cukai akan menetapkan jalur hijau, kuning, merah, atau jalur prioritas terhadap proses impor Kamu.
  5. Bea Cukai bakal menerbitkan SPPB (Surat Persetujuan Pengeluaran Barang) bila importasi Kamu telah disetujui. Jika telah terbit SPPB, tentunya secara hukum barang import tersebut telah diijinkan / legal untuk masuk ke wilayah Indonesia.
  6. Mengangkut barang impor dari kawasan pabean ke tempat Kamu, biasanya menggunakan transportasi darat yakni truk, bus, mobil, dan sebagainya. Sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Itulah prosedur import secara umum di Indonesia. Akan tetapi sekarang untuk Pengurusan import tak perlu repot lagi, karena PJN Express menyediakan  Jasa Import All in One untuk memudahkan urusan import Kamu.  Prosesnya pun sangat mudah, hanya cukup menghubungi kontak kami, dan PJN Express akan menguruskan segala sesuatunya untuk Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *