Perkembangan Teknik Deep Frying Dalam Memasak

Deep frying merupakan salah satu teknik memasak yang menjadikan makanan yang digoreng menjadi renyah diluar namun lembut di dalam. Teknik memasak tersebut biasanya menggunakan adonan tepung untuk melapisi bahan makanan yang akan digoreng. Dari adonan tepung itu nantinya akan didapatkan tekstur krispi pada makanan yang digoreng dengan teknik deep frying.

Sejarah tentang deep frying bisa ditelusuri sejak zaman Yunani Kuno di abad ke 5 Sebelum Masehi. Ketika itu, orang Yunani menggunakn olive oil untuk menggoreng. Kemudian bangsa Romawi dalam buku memasak berjudul Apicius mencatat bahwa mereka menggunakan teknik deep frying paling awal untuk membuat Pullum Frontonianum, sebuah hidangan Romawi dengan ayam sebagai bahan utamanya.

Pada sekitar abad pertengahan, teknik deep frying tersebar luas di Eropa hingga Timur Tengah. Di belahan utara Eropa pada abad ke 13 dikenal funnel cake yang merupakan salah satu jenis makanan deep frying. Di saat yang bersamaan, di wilayah semenanjung Iberia, juga ditemukan resep deep frying dengan bahan utama ikan. Sekitar abad ke 14, di wilayah Timur Tengah tersebar Falafel dari Mesir yang merupakan salah satu jenis makanan deep frying lainnya.

Kentang goreng yang paling banyak dibuat dengan teknik deep frying, mulai ditemukan pada abad ke 15. Catatan paling awal mengenai kentang goreng tersebut berasal dari Amerika Latin yang merupakan tempat dimana kentang berasal. Salah satu dokumen yang menyebut tentang kentang goreng adalah Cautiverio feliz yang ditulis oleh orang Chile bernama Francisco Nunez tahun 1673. Saat ini di wilayah Amerika Latin, kentang goreng merupakan makanan yang umum disajikan sebagai pelengkap makanan utama.

Dari Amerika Latin, kentang dibawa ke Eropa oleh para penjelajah dan menjadi begitu disukai. Masyarakat di Eropa Barat mulai mengembangkan masakan dari kentang, salah satunya yang paling terkenal adalah French fries. French fries yang merupakan kentang goreng dengan potongan memanjang, mulai dikembangkan pada abad ke 18. Makanan ini menjadi salah satu makanan yang disukai di wilayah Eropa Barat sejak awal abad ke 19 hingga sekarang.

Teknik deep fried dan kentang goreng tersebut dimanfaatkan oleh seorang bernama Joseph Marlin untuk menciptakan Fish and Chip yang menjadi sangat identik dengan Inggris. Fish and Chip merupakan makanan yang menggabungkan ikan yang digoreng menggunakan teknik deep frying dan Chip yang merupakan penyebutan orang Inggris untuk French fries. Joseph Marlin dengan resepnya membuka toko Fish and Chip pertama di London pada tahun 1860.

Teknik deep frying modern mulai dikembangkan di Amerika Serikat pada abad ke 19. Berkembangnya teknik deep frying modern ini muncul bersamaan dengan pengembangan besi cor. Penemuan besi cor ini berpengaruh pada pembuatan alat-alat memasak yang lebih cepat panas dan merata panasnya. Dengan menggunakan alat-alat tersebut maka teknik memasak deep frying lebih berkembang dengan pesat. Alat-alat yang lebih canggih tersebut kemudian membantu dalam mengembangkan menu lain yang dibuat dengan teknik deep frying, seperti donat yang ditemukan pada pertengahan abad ke 19, selanjutnya adalah berbagai macam makanan seperti onion ring hingga corn dog semuanya dikembangkan dengan teknik deep frying.

Dalam perkembangannya di abad ke 20 hingga sekarang, teknik memasak deep frying lebih modern lagi karena sudah menggunakan mesin yang lebih canggih. Penggunaan mesin deep frying mulai banyak digunakan untuk mengefisienkan waktu pembuatan terutama pada gerai makanan siap saji. Selain itu untuk mendapatkan mesin deep frying juga semakin mudah dengan banyaknya tempat jual mesin deep frying baik yang menggunakan gas maupun menggunakan listrik.

Walaupun teknik deep frying menghasilkan jenis makanan yang renyah dan lembut, para pakar kesehatan tidak menganjurkannya. Hal tersebut karena minyak yang digunakan biasanya mengandung minyak tak jenuh yang berbahaya jika terlalu sering di konsumsi. Para pakar kesehatan menganjurkan agar tidak terlalu sering untuk mengkonsumsi makanan yang diolah dengan teknik deep frying.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *