Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Terserang Stroke

Bisa dibilang salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia ini adalah stroke, karena stroke sendiri merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat serius yang diakibatkan oleh tekanan darah yang tinggi.

Merokok, diabetes, obesitas, kolesterol yang tingg, penyakit jantung hingga pola makan yang buruk juga menjadi beberapa penyebab stroke.

Namun pada dasarnya stroke akan dapat terjadi pada saat darah yang membawa oksigen tidak bisa mencapai bagian otak, sehingga menyebabkan beberapa sel sel di dalam otak menjadi rusak atau mati apabila dibiarkan tanpa oksigen selama beberapa menit saja.

Maka dari itu stroke membutuhkan perawatan medis sesegera mungkin dikarenakan resikonya yang cukup mematikan. Selain itu stroke juga dapat mempengaruhi beberapa bagian tubuh. Seperti otan dan saraf.

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi pada bagian tubuh pada saat terserang stroke.

  1. Sistem pernapasan

Stroke yang terjadi pada batang otak yang menggerakkan fungsi vital tubuh juga dapat menyebabkan masalah bagi pernapasan, stroke yang satu ini juga akan menyebabkan koma bahkan kematian.

  1. Sistem saraf

Sistem saraf yang terdiri dari jaringan saraf, otak, dan juga sumsum jaringan belakang yang ada di seluruh tubuh. Sistem ini akan mengirimkan sinyal bolak balik dari tubuh ke otak, sehingga pada saat otak rusak maka otak tidak akan dapat menerima pesan pesan yang diberikan secara benar.

  1. Sistem sirkulasi

Stroke sering dikaitkan dengan sistem peredaran darah yang menumpuk karena tekanan darah tinggi dan kolesterol yang mengakibatkan gumpalan dan aliran darah menjadi tersumbat pada saat terkena stroke.

  1. Sistem otot

Sistem otot juga dapat dipengaruhi oleh stroke yang membuat sisi kiri otak mengontrol sisi kanan tubuh dan sisi kanan otak mengontrol sisi kiri tubuh, sehingga jika banyak mengalami kerusakan pada sisi kiri otak maka akan mengalami kelumpuhan pada sisi kanan tubuh.

 

Itu lah beberapa hal yang dapat terjadi pada bagian bagian tubuh ketika terkena stroke, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua ya, sampai jumpa pada pembahasan yang berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *