Frozen Food Sebagai Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang sudah ada sejak dahulu. Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang mempunyai perputaran usaha yang cepat dan selalu laris. Hal ini karena kuliner merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa dipisahkan dan kebutuhan yang paling mendasar.

Salah satu kendala yang awalnya cukup berdampak besar bagi bisnis kuliner adalah bagaimana menyimpan makanan tersebut. Penyimpanan makanan menjadi salah satu faktor penting karena tidak selalu makanan tersebut habis terjual secara keseluruhan sehingga perlu menyimpan bahan makanan yang belum terjual agar tidak membusuk dan terbuang. Oleh karenanya penyimpanan makanan harus seefektif mungkin.

Sekarang ini, metode penyimpanan dan pengolahan makanan sudah sangat berkembang dan jauh lebih canggih. Imbasnya, saat ini makanan banyak yang menjadi jauh lebih awet dan bisa disimpan untuk waktu yang cukup lama tanpa menyebabkan perubahan rasa maupun kualitas makanan tersebut. Salah satu diantara inovasi pengolahan makanan yang menghasilkan jenis makanan yang tahan lama adalah frozen food.

Frozen food merupakan jenis makanan yang dibekukan dengan tujuan agar makanan tersebut awet dan tahan untuk waktu yang cukup lama hingga siap dimakan. Frozen food sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak 3000 tahun yang lalu di China dan di Romawi. Saat itu masyarakat mulai memanfaatkan es untuk menyimpan persediaan makanan selama musim dingin. Para petani maupun pemburu dan juga para nelayan mengawetkan makanan yang mereka kumpulkan di dalam suatu bangunan yang tidak mereka hangatkan di musim dingin. Dengan menggunakan metode tersebut, makanan jadi tidak mudah mengalami dekomposisi dikarenakan suhu yang sangat dingin baik diluar maupun di dalam ruangan. Hal tersebut menyebabkan kadar air yang tersisa pada makanan menjadi es yang juga menghambat pertumbuhan sebagian besar bakteri yang bisa membusukkan makanan.

Frozen food menjadi sangat digemari karena penyajiannya yang mudah. Untuk menyajikannya sangat praktis yaitu hanya perlu dihangatkan atau bisa juga diolah sesuai keinginan. Dengan metode penyajian yang cukup gampang, maka frozen food menjadi salah satu jenis makanan yang banyak diminati oleh masyarakat selain karena harganya juga cukup terjangkau.

Ada berbagai jenis frozen food yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat, beberapa diantaranya adalah:

1. Sosis

Sosis merupakan olahan daging yang berbentuk bulat panjang dan biasanya disajikan dengan cara digoreng, dipanggang, ataupun dicampurkan ke olahan sayur.

2. Nugget

Nugget adalah olahan daging yang digiling kemudian dicampur tepung dan bumbu lainnya. Selanjutnya dikukus, kemudian di beri tepung roti lalu digoreng kemudian dibekukan. Nugget disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu.

3. Tempura

Tempura adalah jenis makanan khas dari Jepang yang cukup populer di Indonesia. Bahan nya bisa berupa udang, fillet ikan, maupun sayuran.

4. Bakso

Bakso merupakan salah satu kuliner yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Saat ini bakso juga telah tersedia dalam bentuk beku sehingga bisa langsung disajikan dengan cara direbus bersama kuahnya dan bisa juga sebagai campuran makanan lainnya baik tumisan sayur maupun topping mie goreng.

5. Siomay

Selain bakso, siomay juga sudah dijadikan frozen food. Makanan olahan dari ikan yang digiling ini disajikan dengan cara dikukus terlebih dahulu.

Penyimpanan frozen food sendiri juga cukup gampang, hanya perlu disimpan di mesin pendingin seperti kulkas dan sebagainya. Umumnya frozen food bisa mempunyai ketahanan antara 6 bulan hingga lebih dari satu tahun jika disimpan di kulkas dengan suhu minimal -180 Celcius. Untuk skala besar, tentunya dibutuhkan lemari pendingin yang jauh lebih besar juga ukurannya. Saat ini terdapat tempat jual mesin pendingin yang mempunyai ukuran yang sangat besar ataupun ruangan pendingin yang mampu menyimpan jauh lebih banyak daripada mesin pendingin biasa serta mempunyai suhu yang jauh lebih dingin dan lebih stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *