Alasan Kenapa Gigi Berlubang Harus Tambal Gigi Jogja

Tambal Gigi Jogja Terbaik

Ketika gigi berlubang maka ada 2 solusi yang bisa Anda pilih yaitu cabut atau tambal gigi. Banyak orang yang lebih memilih tambal gigi karena dianggap lebih simpel dan prosesnya pun lebih cepat. Penambalan gigi dilakukan menggunakan bahan khusus supaya lubang pada gigi dapat tertutup rapat sehingga bakteri dan plak tidak bisa tumbuh.

Lalu, kondisi gigi seperti apa yang harus ditambal ?

Berikut ini beberapa kondisi dimana gigi harus langsung ditambal dan jangan ditunda-tunda :

Gigi berlubang

Gigi patah

Jaringan keras pada gigi mengalami kerusakan

Sedang melakukan perawatan akar gigi

Tindakan tambal gigi tidak bisa langsung dilakukan begitu saja, kondisi gigi harus diperiksa terlebih dahulu. Jika lubangnya sudah sangat besar maka dokter akan menutup ceruk gigi pada bagian gigi geraham.

Inilah Alasan Tambal Gigi yang Berlubang Harus Dilakukan

Lubang gigi memiliki sifat yang tidak bisa kembali ke bentuk asal atau irreversible sehingga jika sudah berlubang dan tidak ditambal maka kerusakannya akan semakin parah bahkan bisa bertambah dalam mengenai akar atau saraf gigi.

Nah, jika lubang sudah mengenai saraf gigi maka si penderita akan merasakan sakit yang luar biasa. Jika sudah begitu maka cara tambal gigi sudah tidak bisa dilakukan lagi. Anda harus menunggu sampai saraf gigi tidak terasa sakit melalui perawatan saluran akar.

Biasanya, si pasien akan diberikan obat atau resep khusus untuk melemaskan atau mematikan saraf sampai hilang rasa sakitnya. Umumnya, proses perawatan akar gigi ini dilakukan kurang lebih 3 kali kunjungan.

Berikut ini beberapa hal yang wajib Anda hindari ketika sudah tambal gigi :

Jangan menggigit makanan atau benda yang keras dan juga lengket selama 2 hari setelah gigi Anda ditambal.

Jangan mencungkil tambalan gigi dengan menggunakan benda seperti tusuk gigi, sendok dan sebagainya.

Sedangkan untuk jenis tambalan GIC sebaiknya jangan berkumur dan juga makan minimal 1 jam setelah gigi ditambal. Tidak perlu khawatir, biasanya dokter gigi akan memperingatinya terlebih dahulu sebelum ditambal. Kemudian, dokter akan melakukan pemolesan pada gigi yang sudah ditambal keesokan harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *