Apa Keistimewaan Sholat 5 Waktu Bagi Orang Islam?

Sholat, adalah ciri dan identitas paling utama yang dimiliki oleh orang Islam. Sebab ia dikerjakan setiap hari, bukan cuma satu, tetapi 5 kali. Hal ini berbeda dengan zakat yang hanya setahun sekali/mencapai Nishob dalam pelaksanaannya. Berbeda juga dengan puasa Ramadhan dan Haji, yang kesemuanya adalah setahun sekali.

Namun sholat, ia dikerjakan 5 kali dalam sehari semalam. Sholat sendiri memiliki kedudukan yang istimewa, banyak hadits dan riwayat yag menyebutkan keistimewaan sholat ini. Misalnya tentang riwayat bahwa besok di akhirat ketika amal dihitung, maka yang pertama dilihat adalah sholatnya.

Jika sholatnya baik maka amal-amal yang lain juga dianggap baik. Ada lagi riwayat yang mengatakan, bahwa sholat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. Untuk riwayat yang kedua ini, ada saja pembangkang yang menyanggah, “Sudah sholat, tapi perbuatan keji dan munkar masih berlanjut”.

Jawabannya, sholatnya sudah bener apa belum? Kalo sholatnya sendiri belum bisa bener, belum bisa ikhlas, dan menjalankan ala kadarnya masih merasa sebagai beban tanggung jawab. Maka jangan salahkan jika perbuatan keji dan munkar masih tetap berlanjut. Baca Sholat sebagai kebutuhan.

Lalu apa keistimewaan sholat yang lainnya?

Dalam hadits riwayat yang lain, dikatakan bahwa sholat dapat menghapus dosa dari satu waktu ke waktu sholat berikutnya. Pada suatu kesempatan, Nabi berkata kepada para sahabat, kurang lebihnya begini, “Seandainya, rumahmu dikelilingi oleh sungai. Kemudian sehari 5 kali kamu mandi di sungai itu, kira-kira masih adakah kotoran di tubuhnmu?

Para sahabat kompak menjawab “Tidak”.

Lalu Nabi berkata, seperti itulah perumpamaan orang yang sholat sehari 5 kali. Ia bersih dari dosa.”

(Kira-kira seperti itu haditsnya, untuk validnya silahkan buka sendiri ya Kitabnya, Mimin sudah lama ngaji gak menghafalkan redaksinya, cuma mencerna intinya saja).

Keistimewaan sholat yang lain adalah, Sholat menjadi sesuatu yang paling menenangkan dan menyenangkan hati Nabi. Hal ini juga diikuti oleh para sahabatnya. Banyak para sahabat ketika melakukan sholat tidak ingat semua urusan dunia.

Rasanya berbanding terbalik dengan sekarang ya, baru takbiratul Ihram, langsung keinget semua urusan dunianya, hehe.

Agar sholat bisa lebih khusyuk, maka angan-angan juga maknanya, arti yang terkandung di dalam bacaan sholat, resapi dan hayati. Pelajari tuntunan sholat lengkap beserta artinya di link tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *