Cara mencuci dan membersihkan karpet sajadah masjid

Terdapat begitu banyak ragam karpet masjid yang bisa anda pilih tapi bukan itu yang akan kita bahas disini melainkan cara merawatnya agar karpet masjid tidak cepat rusak dan bau, diantaranya ialah bila sebanding sempang kualitas dan bahan bahan yang digunakan. Hal itu terkait pula secara sinambung dengan proses perawatan katifah yang harus dilakukan dengan rutin. Karpet yang indah pasti memiliki serat tilam yang lebih bagus, sehingga perlu perlakuan khusus dalam merawatnya. Berikut ini adalah 7 cara merawat karpet masjid.

Singkirkan Bau, Bentuk perawatan dasar dari karpet masjid adalah menyingkirkan bau apek akibat seringnya dipakai. Sebenarnya hal ini wajar saja karena memang karpet apapun yang digunakan pasti bisa menimbulkan bau apek. Karena itu cara perawatannya adalah dengan menggunakan pewangi yang disemprotkan pada karpet.
Selain pewangi, bisa juga memakai bahan alami yang sudah terbukti menyingkirkan bau, yaitu baking soda. Caranya adalah taburkan baking soda ini pada seluruh permukaan karpet secara merata. Lalu setelah itu diamkan selama sekitar 45 menit agar baking soda tersebut berproses dengan baik. Sesudah itu bersihkan dengan penyedot debu.

Gunakan Penyedot Debu, Hal pertama yang perlu dilakukan dalam merawat karpet masjid adalah dengan menyingkirkan debu-debu yang menempel pada karpet. Ini harus dilakukan dulu di awal, bahkan kalau perlu tidak lama setelah karpet dibeli dan dipasang di masjid. Biasanya debu-debu ini disingkirkan dengan alat penyedot debu.
Tujuannya adalah agar debu-debu tersebut bisa disingkirkan secara maksimal dengan cara yang efektif dan dalam waktu singkat. Saat menggunakan penyedot debu mungkin akan cukup lama, sehingga diperlukan lebih dari satu alat. Apalagi untuk menggunakannya pada satu masjid yang cukup besar, sehingga sebaiknya hal ini dipersiapkan di awal.

Semprot dengan Air, Cara perawatan selanjutnya adalah menyemprot karpet dengan air. Tentu saja gunakan air yang bersih setelah proses menghilangkan debu. Saat menyemprotkan air, hindari menggunakan timba, karena akan sangat melelahkan dan karpet pun tidak menjadi terlalu bersih. Malah hanya sekadar basah dan masih akan ada lebu yang menempel pada katifah. Fasilitas terbaik adalah memakai komplet besar yang bertekanan utama. Bisa menggunakan semprota yang biasa digunakan tatkala menebas motor atau mobil. Komplet ini tidak terlalu susah digunakan dan dapat super efektif membersihkan lebu serta kotoran yang menumpang. Semprotkan dengan baik dalam buat karpet dengan semerbak dalam semua bagian.

Manfaatkan Sabun cukur Khusus, Dalam melenyapkan buangan pada karpet langgar, sewajarnya gunakan sabun spesial utk itu. Jadi tidak mengendarai sembarang sabun yang tdk bisa membersihkan katifah menggunakan baik. Sabun penyuci pribadi ini bisa diperoleh tatkala banyak tempat karena memang penjualannya sudah sangat komersil. Tidak perlu memesan khusus atau bahkan sampai diimpor dari luar negeri. Tujuan penggunaan sabun khusus ini juga untuk melindungi karpet dari kerusakan yang bisa ditimblkan oleh sabun biasa. Karena pada sabun biasa terdapat partikel atau zat yang malah bisa merenggangkann serat kain pada karpet. Untuk menggunakan sabun khusus ini pasti ada biaya yang dikeluarkan. Hal ini bisa diperkirakan dari awal dengan menyesuaikan harga karpet masjid yang dipilih.

Gosok dengan Sikat, Merawat karpet, termasuk karpet masjid memang gampang-gampang susah. Cara selanjutnya adalah dengan menggosok permukaannya dengan sikat. Pilihlah sikat yang lembut tapi tetap bisa memberikan hasil yang baik. Jangan terlalu halus karena malah tidak bisa mengeluarkan kotoran pada karpet. Jangan terlalu kasar juga karena ada kemungkinan untuk rusaknya material pada karpet.

Untuk hasil terbaik, gosok permukaan karpet dalam kurun waktu yang teratur, sepertinya sebulan atau kurang lebih kamar sekali. Untuk amannya, sapu pada abgian taksiran pada tengah karena daerah susur karpet biasanya kian suseptibel untuk rontok. Dan kemudian tan- terlalu sering menyapu permadani karena bukannya kian elok, malah bisa menggelisahkan.

Jemur dengan Baik Apabila terselip waktu lebih, sepatutnya jemur karpet masjid beserta elok. Caranya adalah hindari binar matahari langsung olehkarena itu mau sangat merusak segi permadani. Selain itu, warnanya juga bisa saja memudar bahkan berubah menjadi kurang bagus akibat sinar matahari langsung. Untuk hasil terbaik, jemurlah di tempat yang beratap untuk melindungi dari sinar matahari serta hujann yang kemungkinan tiba-tiba turun. Angin sepoi-sepoi bisa menjadi sangat membantu dalam proses ini.

Gantungkan sehingga Mudah Membersihkan, Saat ingin menyemprot karpet, jangan langsung dibasahi pada lantai karena malah akan merepotkan diri sendiri untuk mengeringkannya. Malahan hal itu bisa membuat karpet menjadi lembap dan berbau apek akibat tidak kering dengan benar. Karena itulah saat membersihkan usahakan dalam posisi digantung. Pilihlah gantungan yang sesuai dengan tinggi dan lebar karpet agar menghindari menyentuh lantai yagn kotor. Selain itu juga tujuannya agar karpet bisa dibentangkan secara utuh agar mengefisiensikan proses pembersihan.

Tak bisa ditampik bahwa keberadaan karpet masjid saat ini turut memegang peranan penting. Selain dari segi kenyamanan, juga dari segi keindahan. Karena itu wajib hukumnya bahwa harga karpet masjid seimbang pula dengan kualitasnya agar mudah dalam proses perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *