Enggak Mau Kalah Sama Teman Bagian 4

Padahal dalam dunia orang dewasa kelak, ia mungkin perlu menunjukkan kemampuannya agar dapat diakui di dunia kerja, misalnya. Oleh karena itu, anak perlu dibantu untuk tidak show off­, tetapi jangan sampai mengganggu mereka dalam meraih prestasi yang lebih. “Sebenarnya anak ingin menunjukkan prestasi, tetapi ia justru takut dianggap pamer,” kata Iwan. Mengalah terus pun tidak baik, karena bisa-bisa anak justru tidak memiliki semangat berkompetisi.

Misalnya, diajarkan bahwa kakak harus mengalah kepada adik, atau laki-laki terhadap perempuan. Mama Papa perlu mengajarkan kepada anak untuk bersikap asertif. Jika tidak, anak berkembang sebagai sosok yang tidak memiliki otonomi diri. Contoh, jika anak punya mainan lalu temannya merebut mainan tersebut. Anak harus diajarkan mengenai hak milik: ini mainanku. Tetapi ia juga harus diajarkan untuk berbagi: temannya boleh meminjam mainannya.

Melalui hal ini anak juga belajar mengenai etika: kalau temannya ingin meminjam, harus mengatakan dengan baik, tidak boleh merebut. Lantas, anak belajar untuk negosiasi: sampai kapan ia memainkan benda tersebut sebelum dipinjamkan kepada temannya, berapa lama temannya boleh memainkan benda tersebut sebelum dikembalikan kepadanya, dan seterusnya.

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, pastikan anak tahu bahwa ia tetap diperhatikan. Salah satu sebab anak tidak mau kalah dan cenderung pamer adalah karena ia tidak mau kehilangan perhatian dari sekitarnya. Orangtua perlu merawat ego anak tetap sehat dengan mengajarkan dan menunjukkan bahwa ia tetap diperhatikan dan disayangi oleh keluarganya. Dengan demikian anak belajar bahwa ia menunjukkan kemampuannya bukan karena mencemaskan kurangnya perhatian dari lingkungan.

Untuk anak yang akan melanjutkan pendidikan ataupun bekerja di luar negeri perlu mengikuti tes IELTS yang saat ini menjadi dasar dari lulus tidaknya bisa keluar negeri. Karena tes IELTS ini meliputi berbagai keterampilan yang digunakan dilingkungan sehari-hari. Sebelum mengikuti tes IELTS sebaiknya perlu mengikuti kursus IELTS agar tidak gugup dan dapat menyelesaikan semua soal IELTS yang diberikan. Salah satu tempat rekomendasi kursus persiapan IELTS terpercaya di Jakarta bisa menjadi referensi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *