Enggak Mau Kalah Sama Teman Bagian 3

Kepatutan Sosial

Lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Menurut budaya timur, tidak mau kalah dan memamerkan sesuatu adalah hal yang tidak lazim dilakukan, bahkan cenderung dianggap kurang baik. Jadi, meskipun dalam tahap perkembangan anak hal ini merupakan sesuatu yang wajar, orangtua perlu mengarahkan anaknya untuk mengenali bagaimana perilaku ini diharapkan dalam masyarakat. “Menunjukkan sesuatu kelebihan sebenarnya adalah perilaku manusiawi. Tapi di tempat tertentu dianggap takabur.

Dalam budaya kita dikonstruksikan bahwa pamer itu tidak patut,” jelas Iwan. Dalam budaya lain, sikap tidak mau kalah mungkin tidak dianggap sebagai masalah yang berarti oleh masyarakatnya. Oleh karenanya anak perlu diajarkan menempatkan diri dan kalaupun harus menunjukkan sesuatu dapat menyampaikannya dengan cara yang tepat. Tidak mau kalah juga bagian dari perkembangan keterampilan sosial anak. Menurut Iwan, kalau terjadi anak tidak mau mengalah, berarti ada sesuatu yang perlu diperbaiki dalam keterampilan anak berhubungan sosial.

Untuk itu, pada usia prasekolah biasanya permainan sudah diarahkan dari permainan individu menjadi lebih sosial. “Supaya anak lebih tahu bagaimana berhubungan dengan orang lain secara sosial,” urai Iwan. Secara tidak langsung, permainan pada masa prasekolah membantu anak ke arah perkembangan sosial yang lebih diharapkan oleh masyarakat.

Bersikap Asertif

Sebelumnya, Mama Papa perlu mengetahui, perilaku tidak mau kalah dan pamer bukan sesuatu yang buruk jika disampaikan dalam konteks yang tepat. Pada saat dewasa nanti anak perlu memiliki keterampilan ini, yaitu menunjukkan kemampuannya tanpa terlihat sombong. Maka, saat mengajarkan, harus tepat. Artinya, jangan sampai timbul, orangtua menekan anak agar mau mengalah dan tidak pamer, karena bisa-bisa anak justru tidak berani melakukan apaapa.

Memiliki keterampilan berbahasa asing penting untuk anak yang ingin ke luar negeri. Dengan tujuan melanjutkan pendidikan ataupun untuk bekerja. Salah satu negara tujuan yang saat ini sedang banyak diminati adalah Jerman. Selain pendidikan yang berkualitas, disana juga membutuhkan banyak tenaga kerja sosial. Untuk dapat bekerja di Jerman perlu mengikuti program FSJ Jerman agar mendapatkan jenis pekerjaan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *