Jangan Takut Menjadi Seorang Ibu Bagian 2

Maka banyak sekali bayi yang luka bakar, dehidrasi karena panas, atau radang paru-paru karena mengirup asap hasil pembakaran,” papar ibu dari Arshiya Nayara Avanisha Nugroho (3). Karena di sana air bersih sulit, banyak sekali kasus diare dan infeksi yang berhubungan dengan rendahnya kebersihan sanitasi. “Saya harus kreatif dengan fasilitas seadanya. Tidak ada pemeriksaan rontgen atau pemeriksaan tambahan lain. Obat-obatan pun terbatas.

Sedihnya kalau saya tidak bisa membantu pasien yang datang karena sudah terlambat. Biasanya pasien baru datang ke rumah sakit kalau sudah benar-benar parah, sudah ke dukun tapi tak kunjung sembuh. Saat dijelaskan keadaan pasien sudah parah, keluarga malah meminta pulang paksa karena berasumsi anaknya kena gunaguna.” Menghadapi hal-hal seperti itu, Meta kerap memberikan penjelasan tentang hal-hal dasar yang penting diketahui. Misalnya, bagaimana merawat bayi baru lahir atau penanganan yang tepat pada kasus diare.

Komunikasi Via Video Call

Meta sebetulnya ingin mengajak serta keluarganya ke NTT. “Tapi di saat yang sama, suami kebetulan sedang ada pelatihan di Austria. Tadinya saya ingin membawa anak ke NTT, tapi karena di sana daerah endemis malaria, kemudian sulit air bersih, dan lokasinya jauh dari mana-mana, enggak jadi deh. Akhirnya saya titipkan anak saya ke neneknya.” Agar komunikasi tetap terjalin, Meta menggunakan kecanggihan perangkat teknologi seperti video call via Skype, menelepon minimal 3 kali sehari sampai ber-whatsapp-an hampir sepanjang hari dengan suami dan anak.”

Meta mengaku, sebelumnya ia tak pernah meninggalkan anak lebih dari 3 hari. “Ke mana-mana, termasuk dinas luar sebelumnya pun pasti saya ajak. Hanya saja karena kondisi di sini yang kurang memungkinkan terpaksa ia saya tinggal. Anak saya sempat ngambek, menolak menjawab telepon saya, menolak menjawab video-call saya juga. Tapi lama-lama mau. Saya jelaskan dengan bahasa sederhana kalau ibu harus membantu anak-anak yang sakit di tempat yang jauh sekali.”

Peranan orangtua terutama seorang Ibu sangatlah penting, terlebih jika anak akan pergi ke luar negeri meneruskan pedidikan S2 atau S3. Untuk bisa ke luar negeri harus mengkuti tes IELTS. Untuk itulah pelatihan di tempat kursus IELTS terpercaya di Jakarta sangatlah berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *