Wajib Tahu! Inilah larangan saat jerawat muncul 

Perawatan kulit yang baik merupakan bagian penting dari rutinitas perawatan jerawat. Pastinya diri sendiri sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk merawat kulit, tetapi apakah Anda tahu apa yang seharusnya tidak Anda lakukan? Inilah larangan yang tidak boleh dilakukan saat jerawat muncul yang bisa membuat jerawat Anda lebih parah.

Jangan Memencet Jerawat

Ketika jerawat dipencet, dinding folikel berada di bawah tekanan. Jika dinding pecah, bahan yang terinfeksi tumpah dari pori-pori ke dalam dermis.

Bahkan jika Anda mengeluarkan nanah dari jerawat, lebih banyak kerusakan yang terjadi pada kulit. Itu sebabnya jerawat sering berakhir tampak lebih buruk, lebih merah dan meradang setelah Anda memencetnya.

Lebih buruk lagi, Anda juga menghadapi risiko jaringan parut atau bopeng. Jadi, jangan memencet dan memeras jerawat Anda.

Jangan Menggosok Jerawat

Sepertinya kita semua tergoda untuk menggosok pada jerawat. Tetapi bekas jerawat tidak bisa dihapus. Menggosok tidak mencegah jerawat terbentuk.

Bahkan, terlalu banyak menggosok wajah dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan peradangan. Singkatnya, menggosok dapat membuat jerawat Anda terlihat dan terasa jauh lebih buruk.

Ingat, kulit Anda adalah organ yang sensitif dan harus diperlakukan dengan lembut. Ini berarti tidak ada scrub yang sangat berpasir, bantalan pembersih abrasif, atau gosok kulit Anda dengan waslap.

Sebagai gantinya, cuci kulit Anda dengan sabun atau pembersih ringan hanya dengan menggunakan jari atau kain lembut. Sikat pembersih wajah elektrik boleh digunakan, asalkan bulunya lembut dan tidak mengiritasi kulit Anda.

Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Produk Perawatan

Meskipun menggoda, mengolesi obat topikal beberapa kali setiap hari tidak akan menghilangkan jerawat lebih cepat. Tetapi itu akan membuat kulit Anda sangat kering dan teriritasi.

Gunakan beberapa perawatan jerawat sekaligus (misalnya, lotion asam salisilat, di atas krim benzoil peroksida, di atas gel Retin A) dan Anda juga akan berisiko memiliki wajah kering dan mengiritasi kulit Anda.

Jangan melapisi produk di kulit Anda. Alih-alih, aplikasi ruang sepanjang hari – seperti menggunakan pembersih asam salisilat di pagi hari, benzoil lotion peroksida di malam hari. Jika Anda melihat ada iritasi, kurangi penggunaannya kembali setiap hari atau tidak menggunakan kedua produk sekaligus.

Jika Anda menggunakan obat jerawat yang diresepkan, jangan pernah menggunakan produk jerawat tambahan tanpa terlebih dahulu mendapatkan izin dokter Anda. Obat jerawat tertentu tidak boleh digunakan bersama. Sebagai contoh, benzoil peroksida akan menonaktifkan Retin-A (tretinoin) ketika diaplikasikan bersama. Dan jika Anda menggunakannya di atas Aczone (dapson) itu dapat mengubah kulit Anda menjadi oranye (meskipun sementara).

Jangan Abaikan Jerawat – Jerawat Dapat Diobati!

Jerawat dapat dibersihkan, dan ada opsi perawatan yang dapat membantu.

Jika jerawat ringan, Anda hanya memiliki beberapa jerawat dan komedo acak, Anda dapat terlebih dahulu mencoba perawatan yang dijual bebas.

Tetapi jika Anda mencoba perawatan jerawat OTC selama beberapa minggu dan Anda tidak melihat hasilnya, buatlah janji dengan dokter Anda. Dokter kulit Anda memiliki banyak obat resep hanya untuk menghilangkan jerawat.

Jadi jangan menunggu untuk melihat apakah jerawat akan hilang dengan sendirinya. Anda mungkin terkejut dengan pilihan perawatan yang tersedia. Jadi, alangkah baiknya hubungi dokter kulit Anda.

Semakin cepat Anda memulai perawatan, semakin cepat jerawat Anda akan hilang. 

Baca juga jamu penghilang jerawat untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *