Uniknya  Candi Sambisari Sebuah Candi Kecil Di Jogja

Paket Tour Jogja

Jogja memiliki banyak sekali candi yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Kuno. Candi-candi tersebut banyak tersebar di kawasan Kalasan dan juga Prambanan. Candi-candi yang ada pun memiliki berbagai macam ukuran dari yang kecil seperti Candi Kalasan atau Candi Banyunibo hingga yang besar seperti Candi Prambanan atau Candi Sewu. Salah satu candi unik yang ada di Jogja adalah Candi Sambisari.

Candi ini berada di sebuah lembah yang lebih rendah dari pada tanah disekitarnya. Pemandangan dari atas inilah yang membuat candi ini tampak berbeda dari candi-candi lainnya. Hal tersebutlah yang membuatnya unik karena wisatawan harus menuruni tangga sekitat 5 meter untuk masuk ke komplek candi ini. Wisatawan dapat melihat sebuah bangunan candi yang dikelilingi pagar yang juga terbuat dari batu dan dikelilingi oleh dinding tanah yang ditanami rerumputan hijau.

Di temukan pada tahun 1966 oleh seorang petani yang sedang mencangkul di ladang, Candi Sambisari akhirnya selesai dipugar pada tahun 1986. Candi in imerupakan candi Hindu yang diperkirakan usianya sama dengan Candi Prambanan yaitu pada abad ke 9 Masehi. Candi ini  tertanam dalam tanah setinggi 5-6 meter. Saat ini Candi Sambisari menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi oleh warga Jogja dan sekitarnya. Saat sore hari bakal banyak wisatawan yang datang ke candi ini.

Lokasi Candi Sambisari:

Candi Sambisari berada di Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di sebuah desa yang mana cukup menyulitkan jika memakai kendaraan umum. Bagi wisatawan yang ingin datang ke tempat ini bisa memakai kendaraan pribadi atau sewa mobil untuk tiba ke tempat ini. Bagi wisatawan yang menyukai wisata candi bisa menjadikannya sebagai referensi paket tour Jogja dan mengunjungi objek wisata ini dengan rental bus wisata di Jogja jika datang dalam jumlah besar.

Tiket dan Jam Buka Candi Sambisari:

Candi Sambisari buka setiap hari dan dibuka mulai pukul 06:00 – 17:00 WIB. Tiket masuk candi ini Rp. 5.000,- per orang yang mana sangat murah.

Tips Wisata Candi Sambisari:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman dan sopanuntuk kegiatan di tempat terbuka.
  2. Pakailah alas kaki yang enak berjalan untuk berkeliling candi.
  3. Jangan lupa memotret setiap momen spesial di tempat ini.
  4. Jangan merusak batu di candi.
  5. Jagalah kebersihan kawasan candi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *