5 Masker teh hijau yang wajib kamu coba saat jerawatan

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit umum. Jerawat sangat berpengaruh pada kebanyakan orang, terutama orang yang sedang memasuki fase remaja.

Jerawat dapat meradang hingga berwarna merah dan bertekstur lunak. Hal ini disebabkan penyumbatan lubang kecil yang ditujukan untuk folikel rambut yang umumnya dikenal sebagai pori-pori kulit.

Pori-pori ini tersumbat oleh kelenjar minyak yang ada di kulit dan mengakibatkan pembentukan jerawat.

Oleh karena itu, perlu dibutuhkan sebuah solusi untuk permasalahan jerawat ini. Salah satunya, yaitu mengobati dengan bahan alami seperti teh hijau atau green tea.

Apakah jerawat dapat diobati dengan teh hijau?

Teh hijau diketahui memberikan manfaat kesehatan dan perawatan kulit, termasuk perawatan jerawat. Meminum teh hijau membantu mengurangi produksi sebum dan peradangan jerawat.

Teh mengandung senyawa alami yang sangat efektif dalam mengobati jerawat.

Teh hijau merupakan sumber katekin dan zat antimikroba yang membantu menghancurkan bakteri yang menyebabkan jerawat serta dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Sifat ini terbukti sangat efektif dalam mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Minuman teh hijau juga dapat membantu mengobati ketidakseimbangan hormon, yang merupakan penyebab utama jerawat.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau membantu menghilangkan radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

Minuman ini terbukti efektif dalam mencegah penyumbatan pori-pori dan menghaluskannya untuk mencegah penumpukan jerawat yang menyebabkan kotoran dan lemak.

Bagaimana cara membuat teh hijau untuk mengobati jerawat?

Madu dan Teh Hijau

Khasiat anti-bakteri dari madu menjadikannya salah satu unsur alami terbaik untuk perawatan jerawat. Bahan yang dibutuhkan yaitu 1 kantong teh hijau, 1 sdm madu, dan air panas.

Langkah-langkah :

Caranya, masukkan kantong teh hijau ke dalam air mendidih yang panas dan diamkan selama 3 menit. Biarkan kantong teh hingga dingin. Setelah dingin, campurkan teh dengan satu sdm madu lalu campur rata.

Kemudian, oleskan ramuan tersebut pada area jerawat dan biarkan selama 20 menit. Lalu, bilas dengan air dingin.

Sifat antibakteri dari madu bergabung dengan sifat antiinflamasi teh hijau bertujuan untuk mengurangi pertumbuhan jerawat. Ramuan ini juga membantu menjaga kadar air kulit dan membuka pori-pori kulit.

Untuk hasil maksimal, ulangi 3-4 kali dalam seminggu. Usahakan mengoleskannya saat pagi hari.

Cuka Sari Apel dan Teh Hijau

Cuka sari apel dikenal efektif dalam menjaga keseimbangan pH kulit. Cuka apel juga membantu membunuh bakteri, melarutkan kulit mati dan membersihkan kulit dari kotoran dan kotoran berlebih.

Langkah-langkah :

Caranya, siapkan ¼ cangkir cuka sari apel dan ¾ cangkir teh hijau yang sudah diseduh. Lalu, campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan ramuan tersebut pada area berjerawat menggunakan kapas. Kemudian, diamkan hingga kering.

Cuka sari apel bertindak sebagai zat dan membantu mengeringkan jerawat dan membersihkan kulit. Pada saat yang sama sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi teh hijau membantu membunuh bakteri penyebab jerawat untuk memberikan perawatan yang efektif untuk masalah kulit ini.

Minyak Pohon Teh dan Teh Hijau

Minyak pohon teh adalah minyak alami yang sangat kuat yang membantu menjaga kulit terlihat sehat dan bercahaya selain mengobati berbagai masalah kulit.

Langkah-langkah :

Bahan yang disiapkan adalah ½ gelas air, Kantong teh hijau, 5-10 tetes minyak esensial pohon the, dan  botol semprot kecil. Caranya, seduh secangkir teh hijau dan tuangkan ke dalam botol semprot setelah dingin. Lalu, tambahkan 5-10 tetes minyak esensial pohon teh ke dalam botol. Kocok botol dengan baik untuk memastikan bahwa isinya tercampur secara rata.

Oleskan toner ke seluruh wajah dengan bantuan kapas atau hanya dengan penyemprotan. Simpan di kulkas untuk penggunaan di masa mendatang. Sifat antimikroba dan antibakteri dari minyak pohon teh digabung dengan sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan teh hijau untuk memastikan pembersihan kulit secara menyeluruh.

Lidah Buaya dan Teh Hijau

Aloe Vera adalah tanaman serbaguna yang dikenal menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan kulit dengan menghidrasi dan meningkatkan elastisitas kulit selain memberikan sifat anti-septik.

Langkah-langkah :

Bahan yang dipersiapkan adalah dua kantong teh hijau, ½ sendok makan Gel lidah buaya, dan satu gelas air. Caranya, seduh secangkir teh hijau menggunakan kedua kantong teh dan biarkan hingga dingin. Lalu, tambahkan ½ sendok makan gel lidah buaya ke teh dingin dan aduk rata. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering lalu bilas dengan air dingin.

Toner alami ini secara efektif menghilangkan akumulasi sel-sel kulit mati, minyak berlebih dan kotoran lain di dalam pori-pori kulit membuat mereka kurang rentan terhadap peradangan dan infeksi yang menyebabkan jerawat.

Lemon dan Teh Hijau 

Lemon sering digunakan sebagai pembersih kulit alami dan untuk mendapatkan kulit yang adil dan tanpa cacat. Jusnya terbukti efektif mengurangi bintik-bintik hitam, perubahan warna kulit, dan tanda peregangan.

Langkah-langkah :

Bahan yang disiapkan adalah dua kantong teh hijau, ½ sendok teh jus lemon, satu sendok makan gula pasir, dan kapas. Caranya, seduh secangkir teh hijau menggunakan dua kantong teh dan biarkan hingga dingin. Lalu, ambil teh dan tambahkan 1/2 sendok teh jus lemon ke dalamnya.

Tambahkan gula pasir ke larutan dan campur semua bahan dengan baik. Kemudian, oleskan masker pada area wajah khususnya area berjerawat.

Biarkan masker mengering selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Teh hijau bertindak sebagai antioksidan kuat dan pelindung UV alami. Dikemas dengan mineral, itu memelihara kulit dan melawan tanda-tanda penuaan juga.

Jus lemon mengandung banyak vitamin C yang meningkatkan perkembangan kolagen. Ini juga mengandung asam sitrat yang mengencangkan pori-pori kulit dan mencerahkan kulit secara keseluruhan.

Teh hijau terbukti sangat efektif dalam menghilangkan akar penyebab pembentukan jerawat dengan membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi sekresi minyak yang berlebihan.

Teh hijau juga membantu mengurangi efek jerawat bengkak dan radang.

Selain itu, teh hijau terbukti membuat kulit halus dan bercahaya yang bersinar dengan kesehatan. Selain metode yang disebutkan di atas, minum teh hijau secara teratur juga terbukti sangat efektif untuk mencegah jerawat.

Selamat mencoba di rumah, semoga bermanfaat.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi jamu penghilang jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *