Jenis Jenis Ayam Hias Paling Terkenal di Dunia

jenis jenis ayam di dunia

Banyak orang yang memelihara ayam di rumahnya sebagai hobi dan malahan di jadikan bisnis usaha ternak ayam. Telah jadi rahasia awam, bahwa mempunyai binatang peliharaan di rumah dapat menghindarkan kita dari stress.

Ayam hias berbeda dengan ayam kampung atau potong yang yang sering kita jadikan konsumsi sehari-hari atau untuk kita makan. Ayam hias mempunyai karakteristik dan bentuk tubuh yang berbeda dengan ayam potong.

Poland

Meskipun namanya mempunyai embel-embel polland, Atau acap kali juga disebut Black Poland, terbukti ayam ini tidak berasal dari polandia, kampung halaman ayam ini yaitu russia.

Ayam jantan punya jengger seperti tanduk atau berbentuk V dan berwarna merah cemerlang, Mereka ini termasuk jenis ayam yang unik sebab wujud mereka yang acap kali menjadi sorotan banyak orang warnanya hitam mulus, kemudian dibelakang jengger ada jambul atau bulu mahkota yang panjang, lebat dan kaku yang berwarna putih.

Jengger ayam betina tak terlihat sebab tertutup bulu mahkota yang berbentuk kribo.

Ayam Cemani

Ayam cemani yaitu jenis ayam yang berkembang di tempat Magelang dan Temanggung, Jawa tengah.

Tapi, ketika ini ayam cemani telah tersebar di beraneka tempat di Indonesia. Sebab warna mereka yang hitam pekat karenanya banyak orang melambangkan ayam setan terhadap ayam ini, namun ayam cemani juga mitosnya diandalkan sebagai ayam yang bisa menyembuhkan beraneka penyakit sehingga ayam ini banyak diburu oleh orang banyak.

Serama

Dahulu kita mengetahui ayam kate sebagai ayam terkecil di dunia, kini sebutan ayam terkecil di dunia itu di ambil oleh ayam serama.

Banyak diketahui dengan sebutan kate serama, Ayam yang berasal dari negeri jiran ini,meski ayam serama berbeda dengan ayam kate, ayam serama yaitu ayam yang mempunyai bentuk lebih kecil dari ayam kate, berat mereka cuma sekitar 8 ons atau 1 kg saja.

Batik ( Sebrict )

Meskipun bernama ayam batik namun ayam ini bukan berasal dari indonesia, habitat orisinil mereka berasal dari Eropa yang diketahui juga dengan nama Sebrict Bantam di Inggris, banyak orang juga menyangka ini ialah ayam yang berasal dari italia namun itu malahan salah kampung halaman ayam ini ialah inggris.

Mempunyai warna dasar cokelat kemerahan atau kekuningan dan disebut Batik Kanada, Warna bulunya berukir-ukir seperti batik dengan motif sisik ikan yang terang dan rapih. serta yang berwarna dasar putih keperakan disebut Batik Italy.

Ayam ini juga sudah mencuri hati banyak orang di dunia sehingga penyebaran ayam ini sudah meluas ke semua dunia jadi bukan cuma di indonesia, Meski ayam serama betina cuma berat kurang dari 5 ons.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *