Menyusuri Sejarah Benteng San Cristobal

Benteng San Cristobal

Jika tidak ingin capek berkeliling ke tempat wisata, pemerintah setempat menyediakan trem secara gratis. Kebetulan, hotel tempat saya menginap dekat dengan tempat pemberhentian trem. Tujuan pertama yang paling dekat dengan hotel yaitu benteng San Cristobal. Ini benteng terbesar yang dibuat oleh bangsa Spanyol di kawasan Karibia. Benteng ini berfungsi melindungi Kota San Juan dari serangan musuh dari daratan. San Cristobal terletak di tepi Samudera Atlantik di atas sebuah bukit sehingga saya bisa melihat panorama kota bersejarah San Juan dengan jangkauan yang lebih luas.

Untuk menikmati sisi dalam benteng, saya harus merogoh kocek sebesar USD 3 dan jika membayar USD 5 jika ingin sekalian menikmati benteng San Felipe Del Morro. Kedua benteng tersebut merupakan warisan budaya yang diakui dan terdaftar oleh UNESCO, sebagai tempat peninggalan bersejarah dunia. Benteng San Felipe Del Morro terletak di paling ujung Kota San Juan juga di tepi Samudera Atlantik. Benteng ini dikelilingi lapangan rumput yang sangat luas. Sore itu saya melihat banyak wisatawan beristirahat di lapangan sambil menikmati matahari terbenam. Sementara anak-anak, banyak yang bermain layanglayang. Benteng San Felipe Del Morro ini pada zamannya berfungsi untuk melindungi Kota San Juan dari serangan musuh dan bajak laut. Pada era kolonial Spanyol Laut Karibia sangat terkenal dengan gerombolan bajak lautnya seperti digambarkan dalam film Pirates of Caribbean.

Ada satu hal yang saya penasaran sekali sehingga saya putuskan untuk berani menanyakan hal ini pada pemandu tur. Saya melihat ada sebuah ruangan kosong yang digunakan untuk menyimpan genset yanmar berukuran sangat besar, saya perkirakan genset tersebut berkapasitas 60 kva. Pemandu wisata menjelaskan bahwa salah satu ruangan di benteng ini masih sering dipergunakan untuk beragam macam acara termasuk pesta pernikahan. Genset sendiri gunanya sebagai listrik cadangan. Sehingga jika listrik yang dikelola pemerintah sedang bermasalah, ruangan tersebut masih dapat digunakan karena listrik tersedia.

Kenapa menggunakan genset yang mereknya Yanmar dan bukan yang lain ? Pemerintah sengaja memilih yanmar lantaran harga genset yanmar terbaru 60 kva lebih terjangkau daripada merek lainya. Selain itu Yanmar dinamo yang lebih canggih sehingga listrik yang di hasilkan teganganya selalu stabil. Itulah kenapa di benteng ini ada sebuah genset dan dan yang dipilih merek Yanmar.

Sebagian besar wisatawan yang datang ke Puerto Rico ingin melihat bangunan bersejarah peninggalan bangsa Spanyol. Untuk yang berdompet tebal, bisa ber-shopping ria. Banyak toko menjual barang bermerek dengan harga relatif murah. Selain benteng terdapat pula bangunan lain seperti museum San Juan, gereja katedral San Juan Bautista (gereja Katholik Roma tertua kedua di Amerika) dan ada bangunan yang terkenal dengan sebutan museum Casa Blanca, dulunya tempat tinggal Juan Ponce De Leon yaitu penjelajah dari Spanyol yang pernah menjabat sebagai gubernur pertama di Puerto Rico.

Selain itu ada tempat pemakaman unik yang diberi nama Santa Maria Magdalena de Pazzi yang merupakan tempat pemakaman orang-orang terkenal di San Juan. Ada lagi bangunan klasik La Fortaleza yang menjadi tempat kediaman resmi Gubernur Puerto Rico. Sejak berdiri sampai sekarang, sudah lebih dari 170 gubernur pernah mendiaminya. Bangunan ini diperuntukkan juga sebagai tempat menjamu penjabat tinggi negara, di antaranya mantan presiden John F. Kenedy dan presiden Amerika Serikat Barack Obama. Bangunan ini terdaftar juga di UNESCO sebagai warisan sejarah dunia yang perlu dilestarikan.

Yang paling membuat saya kagum, bisa melihat langsung patung Christopher Columbus. Patung ini berdiri gagah dan menjulang tinggi di Plaza de Colon. Plaza ini pada era kolonial Spanyol merupakan gerbang utama ke San Juan dan terletak di antara jalan Fortaleza dan jalan San Fransisco. Kota ini mendirikan patung itu, sebab selain menemukan benua Amerika, Christopher Columbus juga diklaim sebagai penemu Puerto Rico pada pelayaran keduanya sekitar tahun 1493. Pada mulanya negara Puerto Rico yang berbentuk kepulauan itu dikenal dengan nama San Juan Bautista. Tapi kemudian nama San Juan hanya dipakai untuk menyebutkan Ibu kota Negara Puerto Rico saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *