Cara Mencuci Karpet Yang Sederhana

Ada 2 cara untuk mencuci karpet, yaitu secara manual dengan menyemprotkan dan menyikat atau mencuci dengan mesin. Namun sebelum mencuci, Anda harus hati-hati memeriksa kondisi karpet secara keseluruhan. Jika ada bagian karpet yang memiliki konstruksi anyaman serat yang rusak atau rapuh, Anda harus memberi tahu pemiliknya terlebih dahulu.

Karpet adalah salah satu produk tekstil rumah tangga paling kotor karena diinjak-injak setiap hari, tetapi jarang dicuci. Paling sering, menyedot debu dari waktu ke waktu.

Pencucian karpet dapat dilakukan secara manual dengan menyemprot dan menyikat tangan atau mencucinya di mesin cuci. Tergantung pada bentuk, ukuran permukaan karpet dan beratnya. Ingat juga untuk memperhatikan kekuatan konstruksi serat tenunan, terutama pada ujung karpet (biasanya benang serat jurai-jurai). Hati-hati jika karpet rapuh, sebagian, terutama secara keseluruhan. Khusus untuk karpet yang rapuh, Anda tidak boleh mengambil risiko, segera memperingatkan atau kembali ke pemilik, sebelum dicuci.
Metode manual mencuci karpet:

  • Pegang matras di lantai, lalu vakumkan atau bersihkan debu menggunakan penghisap debu. Sebaiknya gunakan penghisap debu basah & kering, sehingga dapat digunakan untuk menyedot debu dan pada saat yang sama menyedot air.
  • Setelah debu dihilangkan, sebarkan karpet dengan menggantungnya di bambu atau jemuran besi dan berikan pad yang cukup kuat untuk membuatnya tetap di tanah.
  • Semprotkan karpet dengan air dingin. Lebih disukai menggunakan penyemprot bertekanan, seperti yang digunakan untuk mencuci mobil atau motor, untuk menghilangkan sebanyak mungkin kotoran dan debu.
  • Kemudian gunakan sabun atau deterjen yang biasanya digunakan untuk mencuci pakaian. Tetapi jika Anda ingin menggunakan sampo karpet, tidak ada salahnya juga.
  • Sikat dengan tangan Anda atau sikat yang dielus lembut pada bagian karpet yang kotor. Jangan menyikat terlalu keras agar bulu tidak jatuh.
  • Setelah dibersihkan, bilas dengan semprotan yang tidak keras (lembut) dan biarkan air membawa semua kotoran dari karpet. Ulangi bilas ini sampai karpet bebas dari sabun dan kotoran.
  • Berikan pelembut dengan melarutkannya dengan air dingin yang cukup, jika perlu.
  • Keringkan karpet dengan menggantungkannya di angin di lokasi yang tidak langsung terkena sinar matahari sehingga tumpukan karpet tidak kasar, tetapi sirkulasi udara cukup baik dan karpet tidak terasa.
  • Setelah karpet kering, taburi dengan baking soda atau baking soda (untuk menghilangkan bau sambil menyerap kelembaban). Biarkan beberapa saat lalu bersihkan soda kue dengan menyedot debu sampai bersih.
  • Hidupkan kembali bulu (jika perlu) dengan menyikatnya dengan sikat tangan plastik lembut.
  • Gulung atau lipat karpet sesuai dengan standar yang ditetapkan, kemudian letakkan di dalam kantong plastik untuk mencegahnya menjadi kotor. Semprotkan parfum (jika perlu) sebelum menutup bungkus plastik.

Cara mencuci karpet dengan mesin cuci khusus:

Pegang matras di lantai, lalu vakumkan atau bersihkan debu menggunakan penghisap debu.
Masukkan karpet ke mesin cuci dan lakukan proses cuci biasa dengan jenis bahan kimia yang sama seperti mencuci pakaian yang berwarna cerah. Jangan lupa untuk memberikan pelembut yang cukup sebelum memerasnya. Mengurangi waktu kompresi akhir (ekstrak akhir).
Lepaskan karpet dari mesin cuci dan gantung di angin di tali jemuran di lokasi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung sehingga rambut karpet tidak kasar, tetapi sirkulasi udara cukup bagus sehingga karpet tidak berbau.
Setelah karpet kering, taburi dengan bathtub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *