Beasiswa Dalam Negeri Untuk Melanjutkan Pendidikan Diploma Atau Sarjana

Beasiswa Dalam Negeri Untuk Melanjutkan Pendidikan Diploma Atau Sarjana

Melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan memang tidaklah mudah, terlebih menyangkut masalah pembiayaan. Banyak masyarakat yang putus pendidikannya karena persoalan ini, sangat sulit nyatanya untuk menemukan tempat  kuliah murah namun tetap berkualitas. Namun saat ini ada banyak program beasiswa yang bisa diambil oleh masyarakat yang ingin mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi lagi, seperti beberapa jenis beasiswa dalam negeri berikut ini:

Beasiswa PPA

PPA atuh beasiswa peningkatan prestasi akademik merupakan beasiswa rutin yang ditawarkan oleh pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, untuk mahasiswa yang sedang berkuliah di PTN atau PTS. Bukan hanya mahasiswa strata 1 saja yang bisa mendapatkan beasiswa ini, mahasiswa yang sedang berkuliah di jenjang Diploma juga bisa mendapatkan beasiswa PPA.

Bantuan dana yang diberikan oleh beasiswa ini sebesar Rp350.000,- per bulannya, diberikan berdasarkan periode tahun anggaran yang berjalan untuk masing-masing penerima beasiswa. Informasi lebih lengkap seputar beasiswa PPA ini, mahasiswa bisa bertanya ke bagian kemahasiswaan yang ada di universitas masing-masing.

Beastudi Etos

Bagi yang ingin melanjutkan kuliah S1 Manajemen, Beasiswa Etos menjadi salah satu yang tepat untuk melanjutkan pendidikan strata 1. Beasiswa yang pengelolaannya berada di tangan Dompet Dhuafa ini diberikan untuk mahasiswa baru perguruan tinggi nasional di Indonesia, jangka pemberian beasiswa sendiri dihitung selama 8 semester dengan rincian pembiayaan mulai dari biaya pendidikan, pembinaan capacity building selama 4 tahun, asrama mahasiswa selama 2 tahun, uang saku, dan program magang.

Fasilitas yang diberikan oleh beasiswa ini terbilang sangat menarik, seperti bantuan support prestasi (dalam maupun luar negeri yang disertai dengan pembuatan paspor). Pendaftaran beasiswa ini biasanya dibuka mulai antara bulan Juni sampai Juli setiap tahunnya.

Beasiswa Tanoto Foundation

Bagi yang ingin melanjutkan kuliah S1 dan S2 namun terhalang masalah biaya, beasiswa yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk pembiayaan selama kuliah. Beasiswa Tanoto Foundation merupakan beasiswa yang ditawarkan dalam skema National Champion Scholarship, ditujukan untuk mahasiswa ingin melanjutkan program S1 dan S2 (kategori berprestasi dan tidak mampu secara ekonomi) dengan pembiayaan sampai 8 semester.

Ambient dimaksud meliputi biaya kuliah selama 8 semester, tunjangan bulanan, berbagai program kepemimpinan, dan berbagai hal lain yang berkaitan.

Beasiswa Bidikmisi

jenis beasiswa yang satu ini tentunya sudah dikenal banyak oleh setiap pelajar yang ada di Indonesia,ditawarkan oleh pemerintah Indonesia untuk pelajar Indonesia. Kuota untuk penerima beasiswa ini sendiri sangat besar, selain itu cakupan beras yang diberikan bukan hanya untuk pembiayaan kuliah namun juga untuk biaya hidup sehingga kebutuhan studi lainnya. Jika mendapatkan beasiswa yang satu ini, bukan hanya bisa mendapatkan biaya kuliah murah namun pembiayaan kebutuhan hidup juga tidak akan terlalu berat.

Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

Beasiswa yang satu ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh ibu Hasri Ainun Habibie, salah satu beasiswa yang memberikan pembiayaan dari semester 1 sampai 8 di seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. bantuan beasiswa ini akan diserahkan kepada masing-masing penerima dan diberikan untuk keperluan yang paling mendesak mulai dari biaya kos, transportasi, buku, makanan bergizi, les tambahan, kursus yang diperlukan, dan lainnya.

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Beasiswa ini ditawarkan oleh yayasan Salemba empat untuk mahasiswa S1 yang telah menjalankan masa perkuliahan selama 1 tahun (minimal berada di semester 2), beasiswa nya sendiri berupa tunjangan biaya hidup sebesar Rp. 600.000 per bulannya untuk 1 tahun (bisa diperpanjang untuk tahun berikutnya).

Mahasiswa yang kuliah S1 Manajemen bisa mengajukan program beasiswa ini, karena selain mendapatkan biaya hidup program beasiswa tersebut juga memberikan berbagai program pembinaan seperti seminar, workshop, tatap muka, leadership program, dan coaching yang sangat bagus untuk mengembangkan diri.

Beasiswa Mizan

Mizan setiap tahunnya rutin memberikan beasiswa untuk membantu perihal pendanaan tugas akhir studi (skripsi, tesis, dan disertasi) untuk mahasiswa semester akhir tentunya, tujuan dari beasiswa ini agar mahasiswa lebih semangat dalam membuat karya dengan kreativitas serta kualitas yang dimilikinya. Syarat untuk mengikuti beasiswa cukup mudah dan simpel, penelitian yang dilakukan tersebut harus bertemakan tentang studi keislaman ditinjau dari berbagai aspek (mulai dari ajaran, teks filsafat, politik, sosial, ekonomi, budaya, teknologi, sejarah, sains, dan lain sebagainya)

Selain nama-nama beasiswa yang telah disebutkan di atas, sebenarnya di Indonesia ini masih ada banyak jenis beasiswa lainnya yang bisa dimanfaatkan baik itu beasiswa swasta maupun beasiswa dari pemerintah. Dengan adanya beasiswa, menemukan tempat kuliah murah bukanlah hal yang sulit lagi.

Namun perlu diingat untuk mendapatkan beasiswa tersebut bukanlah hal yang mudah, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi sebelum dinyatakan layak menerima beasiswa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *